pengertian neurodex

Neurodex beserta pengertian, komposisi, cara pemakaian dan efek samping

NEURODEX – Selamat datang, berjumpa lagi bersama sehatafiat. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang obat yang mengandung banyak sekali vitamin B yaitu Neurodex.

Mungkin beberapa dari kita masih awam tentang Neurodex, karena memang jenis obat ini yang baru-baru ini masih jarang terkenal dibandingkan dengan jenis obat satu jenis lainnya. Sebagai sedikit informasi saja, Neurodex bisa digunakan untuk kalangan siapa pun terutama untuk ibu hamil yang ingin menambah kebutuhan vitaminnya demi perkembangan janinnya.

Baiklah berikut ini adalah informasi tentang Neurodex.

Pengertian Neurodex

pengertian neurodex
tokopedia.com

Neurodex merupakan jenis merek suplemen vitamin B kompleks yang terdiri atas vitamin B1, B6, dan B12. Nama lain dari vitamin B kompleks adalah vitamin Neurotropik yang berguna untuk nutrisi sel saraf. Misalnya saja melindungi dan menjaga fungsi saraf tetap normal. Oleh karenanya pada umumnya banyak orang menggunakan obat ini untuk mengatasi beberapa gangguan seperti kesemutan, kebas, gangguan saraf tepi karena kekurangan vitamin B.

Selain obat Neurodex ada merek lain yang termasuk dari vitamin B kompleks seperti Neurobion, Neurosanbe, dan lain-lain yang mudah anda dapatkan di apotek.

Komposisi Neurodex

bahan dan komposisi neurodex
getyourbrainworking.com

Neurodex yang merupakan salah satu dari vitamin B kompleks berbentuk dalam suplemen. Suplemen obat ini tersedia dalam bentuk tablet salut selaput dengan komposisi diantaranya:

  1. Vitamin B1 mononitrate 100 mg
  2. Vitamin B6 HCl 200 mg
  3. Vitamin B12 200 mcg neurodex.

Berikut penjelasan dari masing-masing komposisi vitaminnya:

Vitamin B1 atau tiamin merupakan vitamin B yang mempunyai tugas utama sebagai koenzim pada proses dekarboksilasi asam alfa – keto serta berperan di dalam proses metabolisme karbohidrat.

Biasanya vitamin B1 dapat ditemukan di gandum, jamur, biji bunga matahari, kentang, jeruk, dan juga ati. Vitamin B6 atau pyridoxine adalah vitamin B yang berperan penting dalam proses metabolisme protein sehat dan juga asam empedu. Merupakan vitamin yang sebagiannya berada pada senyawa daging daging – kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan pisang.

Vitamin B12 atau Cobalamin merupakan vitamin B yang berperan dengan tugas penting yaitu sebagai agen sintesis asam nukleat yang mempengaruhi pertumbuhan sel pemeliharaan gabungan jaringan saraf. Vitamin ini dapat ditemukan di sereal dan produk kedelai lainnya.

Karena kerjanya vitamin B yang menyeluruh dan kompleks, manfaatnya akan sangat terasa sekali seperti membantuk proses pembuatan sel darah merah, penyedia nutrisi bagi sel saraf, dan membantu produksi neuro transmiter, suatu zat yang berfungsi sebagai perantara antar sel-sel saraf

Kegunaan Neurodex

kegunaan neurodex
teenlife.com

Ketika dilihat dari komposisinya yang ada di dalamnya, maka ada beberapa kegunaan obat tersebut untuk kesehatan yaitu:

  1. Mengatasi rasa kesemutan di bagian anggota tubuh khususnya anggota gerak karena kesemutan adalah efek dari adanya gangguan di sistem saraf tepi
  2. Mengatasi rasa pegal-pegal di otot
  3. Mengatasi penyakit beri, beri, sariawan, infeksi mata, penurunan kesadaran dan gangguan saraf otak. Penyakit tersebut timbul karena tubuh kekurangan vitamin B
  4. Mengatasi gangguan pada tubuh seperti wajah pucat, lemas, pusing karena Neurodex sendiri adalah penyuplai darah dan vitamin B bagi seseorang yang kekurangan darah atau anemia

Kontraindikasi

neurodex
pixabay.com

Sayangnya, walaupun Neurodex adalah sumber vitamin B yang melimpah, akan tetapi tidak sembarang orang boleh mengkomsumsinya apabila tanpa resep dokter.

Beberapa orang yang tidak boleh mengkomsumsinya diantaranya adalah seseorang yang mempunyai riwayat hipersensitif atau alergi untuk mengkomsumsi vitamin B1, vitamin B6, atau vitamin B12 atau B kompleks dan komposisi lain dari obat.

Selain itu seseorang yang memiliki gangguan pembekuan darah dilarang untuk meminum obat ini.

Cara Pemakaian dan Dosis Neurodex

cara pemakaian neurodex
jabarprov.go.id

Meskipun obat ini peredarannya bebas dan mudah didapatkan di apotek terdekat, tanpa harus adanya resep dari dokter, akan tetapi pemakaiannya harus tetap sesuai dengan aturan yang tertera dalam kemasannya tersebut. Pada umumnya dosis yang disarankan adalah satu tablet perhari atau bisa sesuai dengan resep dan petunjuk dokter.

Baik kondisi tubuh sedang sehat ataupun sakit, Neurodex tetap bisa dimakan sesuai dengan kebutuhan baik untuk tujuan penyembuhan atau untuk menjaga kondisi tetap fit. Selain itu tidak ada ketentuan apakah harus diminum sebelum makan atau sesudah makan, kedua-duanya boleh.

Efek Samping Neurodex

efek samping neurodex
bukalapak.com

Terlepas dari manfaatnya yang sangat luar biasa dari Neuredox dan kemampuannya yang bisa mengatasi beberapa gangguan di tubuh, nyatanya Neuredox sama seperti obat lainnya yang memiliki efek samping.

Sebenarnya kalau dikomsumsi secara normal, tidak begitu ada efek samping yang terasa, mungkin hanya karena penggunaannya saja yang berlebihan. Adapun beberapa efek samping dari Neurodex yang ditemukan di beberapa kasus diantaranya ialah:

  1. Vitamin BI bisa menyebabkan bentol merah-merah di kulit akhirnya timbul rasa gatal-gatal di kulit,
  2. Pada beberapa kasus bisa menimbulkan ruam di kulit
  3. Apabila pemakaian berlebihan bisa menyebabkan sesak sehingga sulit jika mau bernapas
  4. Membuat tubuh sering buang air kencing, dan warna pada air kencing berubah menjadi oranye
  5. Penglihatan menjadi buram atau kabur.

Demikianlah informasi tentang obat Neuredox beserta pengertian, komposisi, kontraindikasi, cara pemakaian dan efek samping yang ditimbulkannya. Semoga informasinya bermanfaat, terima kasih

Leave a Comment