Efek Samping Obat Nonflamin Beserta Manfaat dan Dosis Pemakaian

NONFLAMIN – Obat nonflamin termasuk jenis obat anti radang dan analgetik. Dikarenakan memiliki kandungan bahan Tinoridini HCI (2-Amini-3 – ethoxycarbonyl-6=benzyl-4,5,6,7- tetrahydrotheino (2,3-c)- pyridini hydrochloridum).

Obat yang diproduksi oleh PT. Takeda Pharmaceutical  ini tergolong obat non steroid anti inflamasi (NSAID) berkat kandungan Tinoridini di dalamnya. Zat tersebut akan memicu keluarnya enzim hidrolisis yang berguna untuk menstabilkan keadaan biomembran pada organel sel lisosom.

Manfaat  Obat Nonflamin

nonflamin
tokopedia.com

Obat nonflamin bisa digunakan untuk menghilangkan bermacam-macam rasa nyeri akibat peradangan. Adapun rasa nyeri yang bisa dihilangkan dengan nonflamin adalah sebagai berikut.

  1. Mengurangi peradangan sehabis menjalani operasi ringan maupun besar.
  2. Berguna sebagai anti peradangan dan analgetik seperti pada tanda awal peradangan yang muncul akibat melakukan proses pembedahan.
  3. Meminimalkan infeksi peradangan pada saluran pernapasan bagian atas yaitu faringitis, laringitis, tonsilitis, otitis, dan epididimitis.
  4. Meminimalkan peradangan yang disebabkan oleh pencabutan gigi.
  5. Meminimalkan bahkan mampu meredakan rasa nyeri pada otot dan persendian.
  6. Nyeri rematik yang sudah cukup kronis seperti artritis dan uretritis.
  7. Mengurangi nyeri akibat sakit punggung.
  8. Nyeri gigi karena ada pembengkakan pada gusi, gigi berlubang, atau pun nyeri akibat proses pencabutan gigi.

Kontradiksi Obat Nonflamin

nonflamin
abcnews.go.com

Sebelum meminum obat ini ada baiknya pahami terlebih dahulu kondisi kesehatan tubuh Anda. Karena bisa jadi dapat obat nonflamin tidak akan bekerja secara efektif atau bahkan bisa berbahaya bagi tubuh Anda. Terdapat beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi obat ini.

  1. Bagi orang yang mempunyai alergi terhadap obat yang di dalamnya terkandung zat tinoridini. Contohnya adalah obat ibuprofen, aspirin, asam mefenamat, cataflam, dan sebagainya.
  2. Bagi orang yang memiliki riwayat gangguan fungsi hati, gagal ginjal, darah tinggi, dan orang lanjut usia yang berumur sekitar 75 tahun.
  3. Bagi orang yang sebelumnya telah melakukan operasi, baik itu operasi ringan maupun operasi berat. Contohnya pernah melakukan operasi jantung, dan lain-lain.
  4. Obat ini juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi  oleh orang pasien yang mengalami penyakit jantung, sariawan, dan lain-lain
  5. Obat ini juga tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui.

Dosis Obat Nonflamin

dosis nonflamin
harianpost.co.id

Aturan pakai atau dosis Obat Nonflamin, setiap kapsulnya komposisi nya terdiri dari zat tinoridini HCI 55,8 mg atau sama dengan ukuran basanya sebesar 50,0 mg. Sehingga aturan pemberian dosis bagi orang dewasa umumnya adalah 3 x 1 atau 3 x 2 tablet.

Sementara untuk pasien yang terkena infeksi disarankan agar dikonsumsi bersamaan dengan obat kemoterapi. Disarankan obat ini di minum setelah makan untuk menghindari iritasi pada lambung. Obat ini sebaiknya juga tidak diminum dalam jangka waktu lebih dari 7 hari. Apabila ingin menggunakannya untuk jangka panjang ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

Efek Samping Obat Nonflamin

nonflamin
kangocid.blogspot.co.id

Setiap obat tentunya mempunyai efek sampingnya masing-masing, demikian juga obat nonflmain ini. obat ini apabila dikonsumsi dalam jangka waktu pendek terutama bagi anak muda biasanya tidak memunculkan efek yang mengganggu atau berbahaya bagi kesehatan.

Sedangkan untuk penggunaan waktu yang panjang terutama digunakan oleh para lansia akan menyebabkan efek yang cukup serius, hal itu bisa dilihat dari efek samping yang muncul. Berikut efek samping yang mungkin ditimbulkan  oleh obat nonflamin.

  1. Mengalami gangguan pencernaan, misalnya diare.
  2. Nafsu makan berkurang
  3. Membuat ngantuk, sehingga dianjurkan untuk mengonsumsi obat ini ketika tidak dalam keadaan mengemudikan kendaraan.
  4. Mengalami pendarahan pada saluran pencernaan.
  5. Mengalami pusing, mual-mual, dan konstipasi.
  6. Bibir menjadi kering dan pecah-pecah.
  7. Detak jantung meningkat atau berdebar-debar.
  8. Mengalami alergi kulit, sehingga timbul bintik dan ruam merah pada kulit. Jika gejala-gejala tersebut muncul maka sebaiknya segera menghentikan pemakaian obat nonflamin.
  9. Obat ini beresiko menyebabkan kemandulan baik pada pria atau pun wanita, tetapi hal ini hanya bersifat sementara, hal tersebut bisa  muncul jika menggunakannya dalam jangka waktu panjang.
  10. Obat ini bisa menyebabkan agranulositosis, thrombopenia, leukopenia, penyakit-penyakit ini sangat jarang sekali ditemukan, tetapi bila mendapati pasien yang terkena salah satu penyakit tersebut secara terus menerus. Apalagi ketika sedang menggunakan obat ini, maka sebaiknya harus meningkatkan kewaspadaan dengan memperhatikan efek yang ditimbulkan. Dikarenakan khawatir bisa  berakibat fatal.
  11. Terakhir bagi pasien yang mengalami hipertensi/darah tinggi maupun kurang darah, akan lebih memperparah kondisi hipertensi Anda. Sehingga sebaiknya agak dihindari terhadap pemakaian obat ini.

Harga Obat Nonflamin

Harga nonflamin
flickr.com

Obat nonflamin tersedia dalam bentuk kapsul yang setiap setrip terdiri dari 10 kapsul. Obat ini bisa dikatakan harganya sangat terjangkau. Obat nonflamin dapat dibeli dengan harga 53.000 rupiah per setrip. Obat ini juga dapat di beli secara langsung tanpa harus mencantumkan resep dari dokter.

Obat ini dapat dengan mudah kita dapatkan di apotek-apotek terdekat di seluruh Indonesia. Bahkan obat nonflamin juga dapat dibeli di toko-toko obat bahkan warung-warung dekat rumah biasanya juga sudah menyediakannya.