Obat Batuk Kering Alami Paling Ampuh

OBAT BATUK KERING ALAMI – Batuk kering adalah batuk yang tidak disertai dengan adanya lendir dan dahak. Pada umumnya seorang penderita batuk kering ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: Radang tenggorokan, iritan, udara kering, alergi, penyakit asam lambung/GERD, dll.

Kalau Anda salah satu penderita, janganlah cemas karena pada dasarnya batuk kering dapat berhenti atau hilang dengan sendirinya dalam waktu 3 minggu dan ketika melalui proses 3 minggu biasanya penderita akan sangat terganggu aktivitasnya. Untuk mengatasi simak berikut ini.

Jenis-jenis Batuk Kering

obat batuk kering alami
Sumber: Lupus.autoimuncare.com

Secara pengetahuan batuk kering ini terbagi menjadi 3 jenis antara lain:

1. Batuk Kering Biasa

Batuk ini paling sering disebabkan oleh infeksi virus dari hidung dan tenggorokan. Efek yang ditimbulkan Anda akan mengalami batuk secara terus-menerus disertai adanya perasaan yang mengganjal di tenggorokan. Batuk model seperti ini biasanya akan sembuh dalam kurun waktu 1 – 2 minggu.

2. Batuk Croup atau Menggonggong

Batuk yang suaranya cukup serem karena suaranya sampai mirip gonggongan. batuk ini terutama terlihat pada penyakit laringitis (Pembengkakan atau infeksi pada pita suara). Ketika seorang penderita sedang batuk maka terdapat rasa kesulitan bernapas dan sakit pada tenggorokan.

3. Batuk Rejan

Batuk ini sering disebut juga dengan batuk 100 hari atau pertusis, yang disebabkan oleh bakteri. Saat ini sangat jarang orang yang terkena batuk ini karena adanya program imunisasi (DPT) yang dijalankan oleh pemerintah Indonesia.

Kondisi ini biasanya hanya nampak terlihat pada anak-anak. Batuk ini merupakan batuk yang di mana penderita mengalamai batuk secara terus menerus dan setelah itu ada suara teiakan karakterisitk dan suara keras tarikan napas.

Komplikasi

obat batuk kering alami
Sumber: Aryanto.id

Apabila terindikasi batuk kering, akan tetapi tidak ditangani maka akan menimbulkan banyak masalah baru. Oleh karena itu sangat penting menjaga dan mengawasi tubuh ini.

Seorang penderita dapat menumbuhkan komplikasi karena kondisi yang mendasari seperti ketidakmampuan untuk bernapas, pingsan, bahkan terjadi kematian.

Ditimbulkan komplikasi lain yang berbentuk fisik dari batuk itu sendiri. Terkadang batuk datang dengan parah sehingga menyebabkan penderita muntah-muntah, patah tulang rusuk, nyeri otot belakang, dan inkontinensia urine atau feses (Kencing tetapi tidak sadar).

Obat Batuk Kering Tradisional

obat batuk kering alami
Sumber: Ramuanmujarabjawa.blogspot.com

Perlu diketahui bahwa ketika Anda sedang sakit sebenarnya tidak perlu mengeluarkan banyak uang, karena sesungguhnya alam yang kita pijaki ini telah menyediakan obat-obatan alami dengan biaya yang tidak seberapa atau bahkan bisa jadi gratis.

Obat-obatan alami ini relatif aman bagi kesehatan karena tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Berikut ini adalah beberapa obat tradisional yang bisa Anda gunakan untuk mengobati batuk kering.

Obat Batuk Kering Kunyit

Kunyit ini biasa digunakan sebagai pelengkap sajian makanan tertentu. Ternyata selain itu kunyit juga mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan, salah satunya untuk obat batuk kering. Kandungan antibiotik alami yang terkandung di dalam kunyit ini sangat efektif untuk menyembuhkan batuk.

Bagi Anda yang ingin mencoba, caranya sangat mudah. Berikut cara untuk meramu:

  • Siapkan kunyit (seperlunya saja).
  • Kupas dan bersihkan.
  • Lalu parut dan peras.
  • Ambil air perasan dan campurkan dengan segelas air panas.
  • Tambahkan madu secukupnya.
  • Lakukan proses ini dan minum secara teratur.

Obat Batuk Kering Jahe Merah

Sejak dulu kala jahe merah merupakan tanaman herbal yang sudah di percaya dan terbukti dan baik untuk mengobati berbagai macam penyakit, salah satunya sebagai obat batuk kering yang akan kami jelaskan berikut ini.

Jahe mempunyai aroma wangi khas dan rasanya yang agak pedas-pedas seger (semriwing) mampu melegakan pernapasan. Jahe merah memiliki khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh guna melawan penyakit penyebab batuk.

Bagi Anda yang ingin membuat ramuan atau ingin mencobanya bisa melakukan cara-cara mudah berikut ini:

  • Siapkan 2 ruas jahe merah.
  • Cuci sampai bersih.
  • Lalu pukul jahe hingga keluar aroma khasnya.
  • Rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih.
  • Angkat panci, saring rebusan air, dan tuang ke dalam gelas.
  • Campurkan dengan sedikit madu atau gula dan minumlah dalam kondisi ketika masih hangat.

Obat Batuk Kering Bawang Merah/Putih

Anda dapat menggunakan bawang merah atau putih mentah yang telah ditambahkan minyak zaitun dan madu murni guna mengatasi batuk kering. Cara ini mampu untuk mengatasi batuk kering yang mengganggu Anda.

Obat Batuk Kering Susu dan Madu Murni

Yang satu ini adalah obat batuk kering yang cocok untuk anak-anak. Susu hangat dan madu murni akan membantu anak dalam meredakan batuk kering dan mengatasi dada sakit yang diakibatkan oleh terlalu seringnya batuk yang diderita.

Jangan cemas Anda bisa membuatkan susu hangat untuk diminumkan pada malam hari sebelum tidur, untuk menambah khasiat bisa tambahkan madu murni sebagai analgesik.

Obat Batuk Kering Jeruk Lemon

Jeruk lemon bisa menjadi opsi bagi Anda yang enggan mengonsumsi ramuan seperti kunyit, jahe atau sejenisnya yang rasanya relatif tidak enak bahkan pahit. Anda dapat membuat sirup obat batuk alami dari jeruk lemon, caranya sangat mudah dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.

Mudah sekali, Anda hanya perlu mencampurkan 2 sendok makan air perasan jeruk lemon dan 1 sendok makan madu murni. Terakhir minumlah setiap hari agar hasil bisa terbukti.

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment