Obat Rhinos Beserta Penjelasan Dan Fungsinya

OBAT RHINOS – Pernahkah anda mendengar obat rhinos? Nah, untuk anda yang belum mengetahui tentang obat rhinos, anda bisa baca di sini yang akan membahas tentang semua yang berkaitan dengan obat rhinos. Untuk mengetahui dasarnya terlebih dahulu, obat rhinos merupakan obat yang berbentuk kapsul berfungsi untuk mengatasi penyakit flue, semisal hidung tersumbat, bersin-bersin, rinorea, serta gatal-gatal pada hidung.

Penyakit-penyakit di atas semisal hidung tersumbat, gatal-gatal pada hidung dan sebagainya, itu terjadi disebabkan meningkatnya kadar histamin. Penyembuhan penyakit tersebut dapat dilakukan meminum obat rhinos. karena obat tersebut terdiri dari 2 jenis zat aktif yaitu loratadin dan pseudoefedrin.

Zat aktif loratadin merupakan obat yang termasuk pada golongan antihistamin, oleh sebab itu loratadin mampu meringankan penyakit dan menurunkan histamin yang sedang meningkat dan dengan obat tersebut, efek histamin akan lebih mengurang.

Adapun zat aktif pseudoefedrin, merupakan obat yang tergolong pada golongan dekongestan atau bisa disebut dengan pelega hidung yang tersumbat. Yaitu cara kerjanya dengan menyusutkan pembuluh darah yang berada di sekitar rongga hidung. Sehingga zat aktif tersebut mampu melegakan dan menormalkan kembali hidung yang tersumbat dikarenakan terjadi reaksi alergi ataupun peradangan.

Cara Pemakaian dan Penyimpanan Obat Rhinos

Obat Rhinos SR
lh3.googleusercontent.com

Dalam pemakaian obat yang satu ini, tidak boleh asal memakai ataupun mengkonsumsi obat ini sebelum mendapat rekomendasi dari dokter. Kalaupun hal itu sudah direkomendasikan oleh dokter untuk mengkonsumsinya, maka gunakan sebagaimana yang dokter anjurkan pada pemakaiannya.

Adapun cara penyimpanan obat ini, sebaiknya taruh di tempat yang sejuk, seperti lemari es tapi tidak dibekukan, laci ataupun sebagainya. Hindarkan dari jangkauan anak-anak agar tidak dimakan. Karena obat rhinos mempunyai dosis yang tinggi, tidak kuat bagi anak-anak oleh sebab itu tidak diperbolehkan untuk  diminum oleh anak-anak. Karena untuk anak yang terkena penyakit yang sama, terdapat sendiri obat yang khusus yaitu obat rhinos neo.

Dan jika tanggal kadaluwarsanya sudah habis, maka jangan pakai lagi obat tersebut. Untuk orang yang menderita penyakit hipersensitif atau alergi, maka tidak boleh untuk minum obat ini.

Dosis Pada Obat Rhinos

Obat Rhinos SR
s3.bukalapak.com

Dalam pemakaian obat yang satu ini, harus kita ketahui dosisnya terlebih dahulu. Jika dokter menyuruh begini dan begitu, maka lakukanlah. Adapun dosis pada aturan obat ini adalah ;

Untuk orang dewasa : Pemakaian 1 kapsul pada setiap 12 jam sekali (jadi sehari 2 kali).

Adapun untuk anak–anak yang di atas 12 tahun : Pemakaiannya sama, yaitu 1 kapsul untuk 12 jam (2 kali sehari).

Untuk anak yang di bawah 12 tahun terdapat sendiri obat penyembuhnya, yaitu dengan dosis yang lebih rendah yaitu obat rhinos neo.

Efek Samping Pada Obat Rhinos

Obat Rhinos SR
dedaunan.com

Obat yang tersedia dan dikonsumsi oleh manusia pasti memiliki efek samping. Namun, sebagian besar efek samping yang terdapat pada obat termasuk dalam kategori yang ringan, dan tidak semua orang yang mengalami efek samping dari obat. Tapi, jika anda mengalami masalah kesehatan yang menghambat atau mengganggu setelah menggunakan obat ini, secepatnya beri tahu ke dokter anda.

Adapun efek samping yang mungkin dapat terjadi akibat Rhinos SR (Loratadin) antara lain adalah:

  • Dapat menghambat saluran pencernaan.
  • Terjadi anoreksi, mual-mual dan muntah.
  • Perut terasa sakit.
  • Kardiovaskular: Palpitasi, takikardia, ekstrasistoles

Interaksi Pada Obat Rhinos

Obat Rhinos SR
nurannisaa7.files.wordpress.com

Dalam penggunaan obat ini, yaitu setelah anda mendapat rekomendasi dari dokter untuk mengkonsumsi obat ini, setidaknya anda sudah memberitahukan semua penyakit yang anda miliki. Agar, di saat dokter memberikan obat ini tidak salah. Karena, obat ini dapat berinteraksi dengan beberapa penyakit dan gangguan kesehatan.

Adapun orang yang menderita penyakit-penyakit yang terdapat di bawah ini, sebaiknya tidak mengkonsumsi obat rhinos, berikut penyakit-penyakitnya ;

  • Bagi orang yang menderita penyakit kardiovaskular semisal : hipertensi berat, insufisiensi, dan aritimia.
  • Orang yang hipersensitivitas terhadap pseudoephedrine dan juga loratadine.
  • Orang yang dalam kondisi glukomanya dengan sudut sempit, retensi urin, hipertensi berat, hipertiroidisme, ataupun orang yang menderita penyakit arteri koroner berat.
  • Kegagalan pernafasan.

Dan juga bagi orang yang terkategorikan di bawah ini sebaiknya menghindari pemakaian obat rhinos ini, yaitu :

  • Untuk seorang ibu hamil.
  • Ibu menyusui.
  • Pasien yang sudah berumur lebih dari 60 tahun.
  • Orang yang menderita gangguan hati serta ginjal.
  • Anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun.

Obat rhinos ini juga tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat yang lain, misalkan ;

  • Mecamilamin.
  • Veratum alkkolid.
  • Metildopa
  • Antasida,

Dan masih banyak lagi yang lain, hal tersebut dilarang karena semua itu bisa mengubah cara kerja obat rhinos, bahkan dapat memunculkan terjadinya efek samping. Yaitu sebagaimana yang diterangkan di atas.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai obat rhinos beserta pengertian, fungsi dan efek sampingnya. Dengan ulasan tersebut kurang lebih dapat menggambarkan dan memahamkan apa itu obat rhinos dan bagaimana cara bekerja obat tersebut.

Sampai di sini, sekiranya cukup sekian dan semoga bisa menambah ilmu wawasan kita tentang obat rhinos, serta bermanfaat bagi kita di saat kita membutuhkannya.