Obat Sakit Mata yang Aman Untuk Anak

Obat Sakit Mata Untuk Anak – Kondisi mata anak kamu merah? Hal ini tentu mengejutkan namun jangan asal pilih obat mata ya. Pengobatan marah merah pada anak harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Mata merah atau bahasa ilmiahnya konjungivitis adalah peradangan pada lapisan transparan yang melindungai bagian putih pada mata. Peradangan ini membuat pembuluh darah menjadi terlihat, hal inilah yang memperlihatkan kondisi mata merah tersebut.

Kemungkinan terjadinya mata merah yaitu virus dan bakteri. Sakit mata yang diakibatkan keduanya mudah sekali menular. Selain itu, mata merah pada anak juga dapat disebabkan oleh alergi, seperti debuh, serbuk sari, bulu hewan, dan lainnya.

Cara Mengatasi dengan Tepat

obat sakit mata untuk anak
babycenter.com

Mata merah juga disebabkan oleh virus, pada umumnya akan sembuh tanpa perlu pengobatan. Selain itu, mata merah akibat terjadinya infeksi bakteri dapat dikenali dari keluarnya cairan kuning dari mata, sehingga membuat kelopak mata menjadi rapat ataupun bengkak.

Untuk masalah sepertri ini, dokter akan memberikan antibiotik berupa obat tetes mata ataupun salep. Demikian juga jika mata merah yang terjadi tergolong sangat parah atau lebih dari dua minggu bahkan lebih.

Ada dua jenis antibiotik untuk obat sakit mata untuk anak yang pada umunya diresepkan oleh dokter yaitu chloramphenicol dan asam fusidat (fusidic acid).

Chlomphenicol ini biasanya diberikan berupa obat tetes mata, atau bisa juga dalam bentuk salep. Jika chloramphenicol tidak cocok, maka dokter akan memberikan obat asam fusidat. Hal ini terutama ditujukan pada anak-anak, karena obat ini pemberiannya tidak terlalu sering. Begituu juga untuk kalangan lansia dan ibu hamil.

Chloramphenicol dan asam fusidat juga memiliki efek samping, yaitu berupa penyengat atau rasa perih ringan pada mata selama beberapa saat. Hal yang perlu kamu tahu bahwa kedua jenis obat sakit mata ini tergolong antibiotik dan harus diperoleh melalui resep dokter, termasuk juga cara pemakaian dan dosis yang dianjurkan.

Disisi lain, keluhan untuk mata yang sakit karena alergi, harus diketahui terlebih dahulu asal muasalnya agar dapat dilakukan langkah pengobatan. Jika sudah tahu maka jauhkan anak dari faktor pemicu tersebut. Jika anak merasa tidak nyaman dengan mata merah akibat alergi tersebut, maka segera periksakan ke dokter dan minta obat tetes mata untuk mengobati rasa sakit tersebut. Jika ada reaksi alergi lain, segera tanyakan. Kemungkinan dokter akan memberikan obat antihistamin atau obat alergi tambahan lainnya.

Tips Memberi Obat Sakit Mata Untuk Anak

obat sakit mata untuk anak
murrietacreekoptometry.com

Kadang ada hal-hal yang tidak menyenangkan saat memberika obat tetes mata pada anak. Di bawah ini cara sederhana yang dapat kamu lakukan untuk menggunakan obat sakit mata kepada anak:

Salep, Kemungkinan akan lebih mudah diberikan. Untuk memberikannya, kamu dapat menarik ke bawah kelopak mata anak, kemudian oleskan salep di bagian tersebut. Saat mata anak bekedip salep akan masuk ke dalam mata.

Tetes mata, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah meminta anak untuk berbaring atau mendonggakkan kepalanya ke atas. Minta anak untuk menutup matanya lalu teteskan ke sudut mata bagian dalam. Saat mata berkedip, obat yang telah diteteslan akan masuk ke dalam mata.

Hal yang paling penting adalah jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah memberikan obat sakit mata pada anak. Satu hal lagi, gunakan obat sakit mata golongan antibiotik hingga habis, guna mencegah terjadinya infeksi berulang.

Jika mata anak masih merah dan terlihat sangat parah berkepanjangan, segera konsultasikan dengan dokter agar dilakukannya pengobatan yang tepat.