obat wasir sekaligus cara mengatasi

Obat Wasir dan Cara Ampuh yang Bisa Anda Lakukan

OBAT WASIR – Ada banyak orang yang terkena penyakit wasir (hemoroid). Dan sebagian besar bingung bagaimana cara mengatasi wasir. Baik, langsung saja kita mulai pembahasan. Silahkan gunakan menu di bawah ini untuk menelusuri penjelasan secara lengkap.

1. Pengertian

Yang dimaksud dengan wasir adalah pembengkakan yang terjadi di pembuluh darah yang berada di sekitar bokong, baik di dalam rektum atau di dalam anus. Kebanyakan wasir atau hemoroid adalah penyakit yang tidak membahayakan, dan seringkali tidak memberi keluhan terhadap penderita.

Adapun gejala-gejala umum yang sering muncul adalah sebagai berikut:

  • Pendarahan setelah buang air besar. Warna darah berwarna merah terang.
  • Benjolan tergantung di luar anus. Benjolan ini biasanya harus didorong kembali ke dalam setelah buang air besar.
  • Mengalami gatal-gatal di sekitar anus.

Jika pembengkakan pembuluh darah terjadi di dalam anus, dalam ilmu medis disebut dengan hemoroid internal. Sedangkan hemoroid eksternal adalah kebalikannya, yaitu pembengkakan yang terjadi di luar (di dekat lubang anus). Penderita bisa mengalami salah satu saja, atau sekaligus mengalami keduanya secara bersamaan.

Wasir atau hemoroid adalah penyakit yang umum terjadi, termasuk pada orang yang sudah menerapkan pola hidup sehat. Ini adalah penyakit yang disebabkan mulai menurunnya kemampuan tubuh dalam menjaga kesehatan (imun).

Rasa gatal-gatal, tidak nyaman dan pendarahan yang diakibatkan wasir ini biasanya dirasakan oleh kebanyakan manusia ketika memasuki usia 50 tahun.

Penderita Wasir atau Hemoroid di Indonesia

World Health Organization atau WHO pada tahun 2008 mengeluarkan release yang menyatakan bahwa di seluruh dunia jumlah penderita wasir atau hemoroid mencapai angka 230 juta orang. Sedangkan data untuk penderita wasir di Indonesia pada tahun 2008 berdasarkan Depkes adalah 5,7 persen dari total penduduk Indonesia atau sekitar 10 juta orang.

Berkonsultasi Kepada Dokter

Gejala yang timbul akibat wasir umumnya bisa hilang dan sembuh sendiri. Anda juga bisa membeli obat-obat umum yang dijual di apotik untuk mempercepat penyembuhan, tanpa harus resep khusus dari dokter. Tapi, mendatangi dokter adalah pilihan terbaik jika gejala yang muncul tak kunjung menghilang dalam waktu yang lama atau justru semakin memburuk.

Cara yang umum dilakukan oleh seorang dokter saat melakukan diagnosis penderita wasir adalah dengan melihat (mempertanyakan) riwayat kesehatan seoseorang, sekaligus melakukan check atau pemeriksaan secara fisik.

Pemeriksaan secara fisik ini maksudnya dengan membuka pakaian bagian bawah dan melihat dubur Anda. Sebagian orang malu atau sungkan periksa wasir karena diharuskannya cek fisik. Padahal Anda tidak perlu merasa sungkan karena itu sudah menjadi tugas seorang dokter, dan secara umum mereka sudah terbiasa dengan hal ini (cek fisik/dubur) karena wasir adalah salah satu penyakit yang sudah sangat umum terjadi di seluruh dunia.

Penyebab Kemunculan Wasir (Hemoroid)

Sudah banyak ahli di bidang kedokteran yang meneliti, sampai hari ini belum jelas penyebab pasti dari penyakit wasir. Seringkali penyakit ini disebut sebagai dampak dari tekanan darah yang ada di dalam pembuluh darah di sekitar dubur.

Banyak dokter yang menyimpulkan bahwa wasir terjadi disebabkan terlalu lama mengejan saat buang air besar. Hal ini akan semakin mudah timbul (terjadi) jika Anda kekurangan asupan nutrisi untuk tubuh.

Hal-hal yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena wasir atau hemoroid:

  • Faktor usia. Seseorang yang lebih dari 45 tahun lebih mudah dan rentan terkena penyakit ini.
  • Mempunyai berat badan yang berlebih atau obesitas.
  • Faktor keturunan keluarga. Memiliki riwayat orangtua atau mbah yang terkena wasir.
  • Ketika seorang ibu sedang mengandung (hamil).

Perubahan Gaya Hidup Untuk Mencegah Dan Mengobati Wasir

Tanpa penanganan khusus, umumnya gejala wasir bisa hilang dengan sendirinya. Seperti misal wasir yang muncul di masa/fase kehamilan akan hilang sendiri setelah Anda melalui proses persalinan (bayi sudah lahiran).

Tapi, mengubah kebiasaan, gaya hidup, dan pola makan adalah sangat disarankan jika Anda ingin mengurasi dan menyebuhkan nyeri di sekitar pembuluh darah dubur. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Perbanyak minum air putih. Minimal 2 liter setiap hari.
  • Kurangi konsumsi minuman mengandung kafein, seperti kopi misalnya.
  • Berhenti dari konsumsi minuman keras.
  • Menambah asupan makanan berserat seperti buah, sayuran, beras merah, cokelat, biji-bijian, dan kacang-kacangan.
  • Jangan sering (terbiasa) menahan/menunda buang air besar. Karena otot akan tegang dan tinja jadi mengeras, sehingga saat keluar menyebabkan anus bekerja secara ekstra. Ini yang menjadi faktor tersesar penyebab wasir.
  • Berolahraga secara teratur: Bisa mencegah terjadinya konstipasi, menurunkan tekanan darah dan membantu menurunkan berat badan.
  • Berusaha untuk diet. supaya berat badan menjadi ideal (tidak terlalu gemuk).
  • Menghindari obat-obatan yang menyebabkan konstipasi seperti obat pereda rasa sakit yang mengandung kodein.

Manfaat dari gaya hidup di atas selain untuk mengobati dan mepercepat pemulihan penyakit wasir juga bisa untuk mengurasi risiko wasir kambuh lagi.

***

Ada beberapa obat yang memang dikhususkan serta diresepkan oleh dokter. Biasanya obat-obat yang diresepkan khusus ini juga mempunyai efek menghilangkan rasa nyeri saat buang air, serta memperlancar proses buang air besar.

Untuk mengatasi hemoroid yang lebih parah, bisa digunakan beberapa pilihan jenis pengobatan. Salah satunya adalah dengan pengikatan wasir. Ini adalah proses tanpa operasi. Tali yang elastis diikatkan pada bagian bawah hemoroid secara kuat. Ini bertujuan untuk memotong aliran darah. Hemoroid akan terjatuh sekitar satu minggu. Operasi dengan pembiusan umum kadang dilakukan. Operasi hemoroid ini untuk mengangkat atau menyusutkan hemoroid yang besar atau jenis eksternal.

2. Penyebab

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sebab munculnya penyakit wasir ini masih belum jelas (belum diketahui secra pasti). Tapi dari kebanyakan kasus yang ditangani oleh medis, wasir ini terjadi sebab tekanan darah yang terjadi di sekitar dubur. Tekanan inilah yang menyebabkan pembuluh darah pada bagian bokong membengkak atau mengalami peradangan.

Di bawah ini adalah beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko Anda terkena wasir atau hemoroid.

  • Penyakit konstipasi yang berkelanjutan karena kekurangan serat dalam makanan.
  • Obesitas atau kelebihan berat badan.
  • Diare yang berkepanjangan.
  • Riwayat kesehatan keluarga, menjadikan Anda lebih berisiko menderita wasir atau hemoroid.
  • Batuk parah (keras yang terus menerus) serta muntah-muntah yang berkelanjutan.
  • Sering mengangkat beban berat tapi tidak diimbangi dengan asupan nutrisi yang baik. Ketika orang mengangkat beban, maka tubuh bagian akan mengejan.
  • Ibu hamil normalnya memang mengalami hal ini (wasir). Karena hamil adalah kondisi di mana pembuluh darah mengalami konsentrasi yang lebih dari biasanya di sekitar panggul. Pembuluh darah akan membesar dan hemoroid (benjolan wasir) akan muncul. Hemoroid biasanya akan hilang setelah Anda melahirkan.
  • Berusia lebih dari 45 tahun. Saat usia makin bertambah, jaringan penopang tubuh makin lemah. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko Anda terkena hemoroid.

3. Gejala

Secara umum, wasir atau hemoroid mengakibatkan gejala-gejala yang ringan, tidak terlalu mengganggu aktifitas, dan tidak berdampak pada kondisi kesehatan tubuh yang lain. Gejala yang timbul juga bisa hilang dengan sendiri dalam waktu yang relatif cepat.

Banyak orang malah tidak sadar kalau sedang menderita wasir karena tidak merasakan gejala sama sekali. Nah, gejala yang biasanya dirasakan adalah seperti berikut:

  • Terjadi pendarahan ringan saat atau selesai buang air besar. Darah yang keluar berwarna merah terang.
  • Munculnya benjolan yang menggantung di luar anus. Jika ini muncul, tidak ada masalah kalau Anda mendorongnya lagi ke dalam.
  • Merasakan gatal di daerah sekitar dubur.
  • Selesai buang air besar, keluar lendir dari lubang anus.
  • Yang sudah menyakitkan yaitu muncul pembengkanan, menjadi lebih merah, dan muncul sakit yang cenderung perih di sekitar dubur.

Selama aliran darah tidak terhambat, wasir tidak menimbulkan rasa sakit. Tapi kalau sudah sanga parah (sakit yang sangat perih) segera datang dan konsultasi pada dokter. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan pendarahan pada rektum dengan melihat langsung luka di bagian dubur.  Tujuan dari dilakukannya pemeriksaan fisik supaya dokter bisa tahu apakah luka sudah sangat serius serta tindakan apa yang harus diambil.

4. Diagnosis

Diagnosis hemoroid atau wasir bisa dengan mudah dilakukan oleh seorang dokter. Caranya cukup dengan melihat (memeriksa) bagian belakang (baca: dubur) dari tubuh penderita dan memastikan di bagian mana terjadi pembengkakan pembuluh darah. Selain itu juga dengan diagnosis standar yaitu mempertanyakan riwayat kesehatan keluarga, riwayat alergi, serta riwayat penyakit diri yang pernah diderita.

Kalau ditemukan adanya wasir, seorang dokter biasanya akan melanjutkan dengan pemeriksaan lokasi (di mana letaknya), ukuran (seberapa besar diameter atau benjolannya), juga memberikan rekomendasi (usulan) pengobatan yang harus dilakukan berdasarkan tingkat pembengkakak wasir si penderita.

Seorang dokter juga bisa menilai gejala yang sudah terjadi, sehingga kelihatan ada atau tidaknya masalah yang lebih serius di kemudian hari. Ini penting karena berkaitan dengan tindakan yang harus dilakukan.

Karena banyak juga orang yang merasakan gatal dan rasa tidak nyaman di bagian dubur, dan mereka mengira sedang mengalami wasir, tapi setelah didiagnosis oleh dokter ternyata bukan.

Dan kalau Anda merasa risih untuk menemui dokter dikarenakan Anda malu saat dilakukan pemeriksaan fisik (dokter akan melihat dubur Anda), sebaiknya segera buang rasa malu karena kesehatan fisik adalah nomor satu. Jangan salah kira, dokter itu sudah terbiasa dengan kondisi-kondisi semacam ini. Ini adalah tugas mereka.

Ceritakan saja semuanya pada dokter, keluhan apa saja yang Anda rasakan. Misal saja Anda mengalami perubahan berat badan (semakin naik atau sebaliknya), pola atau waktu buang air besar Anda berubah, atau bisa juga warna kotoran (feses/tinja) berubah menjadi lebih gelap dan lengket, dan sebagainya.

Pemeriksaan Colok Dubur atau Digital Rectal Examination

Pemeriksaan fisik ini dilakukan dengan 2 langkah. Yaitu pertama dengan melihat menggunakan mata telanjang untuk memastikan secara langsung tingkat keparahan pembengkakan. Kedua (tapi ini opsional) dokter akan memeriksa dengan cara memasukkan jari telunjuknya ke dalam lubang dubur.

Memasukkan jari ke dalam dubur ini disebut sebagai digital rectal examination atau DRE. Jangan membayangkan yang aneh-aneh. Sudah menjadi standar prosedur bahwa untuk melakukan ini, seorang dokter terlebih dahulu menutup tangannya dengan sarung tangan serta memberikan pelumas, sehingga ketika pemeriksaan sedang berlangsung Anda merasa tidak sakit (seharusnya memang tidak menyakitkan). Tapi sewajarnya manusia, Anda akan merasa tidak nyaman.

Colok dubur ini dilakukan untuk mengetahui kondisi organ lain di dalam panggul atau usus bagian bawah. Dan biasanya hal ini dilakukan dengan memakan waktu kurang lebih 5 menit.

Prosedur Pemeriksaan Proktoskopi

Selain pemeriksaan dengan cara colok dubur yang memasukkan jari dokter ke dalam dubur, ada juga pemeriksaan lanjutan memakai alat kedokteran modern bernama proktoskop.

Proktoskop adalah teropong besi atau kadang juga plastik khusus dengan bentuk pipa kecil yang diujungnya terdapat lampu serta kamera.

Proktoskop digunakan untuk memeriksa rektum. Apa itu rektum? Itu adalah saluran berotot (struktur tubuh) yang memiliki panjang berkisar 20 cm yang menghubungkan usus besar dengan anus. Tempat di mana kotoran, isi perut, serta gas ditampung dan disalurkan untuk keluar melalui dubur.

Alat ini akan memudahkan kinerja dokter. Semua saluran akan terlihat secara menyeluruh. Terkadang, dokter akan mengambil sample jaringan yang terdapat di dalam rektum untuk diteliti lebih lanjut di ruang laboratorium. Proses pengambilan jaringan ini biasa disebut dengan biopsi.

Klasifikasi Hemoroid

Setelah pemeriksaan colok dubur atau proktoskopi, dokter bisa mengetahui jenis hemoroid yang diderita. Dua jenis utama dari hemoroid adalah hemoroid internal dan hemoroid eksternal.

Hemoroid internal biasanya adalah pembengkakan kecil pada pembuluh darah yang ada di dinding anus. Tapi bisa juga pembuluh yang besar, hingga menonjol keluar dari anus. Jika sampai keluar dari anus dan ditekan otot anus, kondisi ini bisa sangat menyakitkan. Terlebih lagi, jika aliran darah menuju hemoroid dihentikan.

Hemoroid eksternal adalah hemoroid yang muncul di dekat lubang anus. Hemoroid ini bisa sangat gatal dan menggumpal di bawah kulit. Ini menimbulkan benjolan yang keras dan menyakitkan.

Dokter akan sangat terbantu jika mengetahui ukuran dan jenis hemoroid yang Anda punya. Dengan itu dokter bisa menentukan pengobatan hemoroid yang terbaik. Hemoroid bisa digolongkan lebih jauh lagi tergantung kepada ukuran dan tingkat keparahannya:

  • Tingkat satu: pembengkakan kecil yang muncul di dalam dinding anus dan tidak terlihat di luar anus.
  • Tingkat kedua: pembengkakan lebih besar yang keluar dari anus saat Anda buang air besar dan masuk kembali dengan sendiri saat sudah selesai buang air.
  • Tingkat ketiga: satu atau lebih benjolan kecil yang menggantung dari anus dan bisa didorong untuk masuk kembali.
  • Tingkat keempat: benjolan besar yang menggantung dari anus dan tidak bisa didorong kembali.

5. Cara Mengatasi

Jika Anda positif terkena penyakit wasir, berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi dan mengobati penyakit wasir. Secara umum, cara mengatasi wasir dibagi menjadi 2.

Secara Tradisional

Ada banyak sekali ramuan tradisional yang bisa Anda gunakan untuk menuntaskan derita wasir yang Anda alami.

Secara Medis Modern

Jika usaha-usaha tradisional belum membuahkan hasil, sangat disarankan untuk datang ke dokter atau tenaga medis terdekat yang ada di bidang ini.

6. Cara Mencegah

Banyak orang yang gusar saat mendapati dirinya terkena wasir. Pepatah mengatakan mencegah lebih baik daripada mengobati. Caranya pun cukup sederhana, yaitu dengan menjaga dan berupaya agar feses atau tinja tetap lunak (tidak keras) supaya bisa keluar dengan lancar.

Berikut ini saran-saran yang umum diberikan oleh dokter dan ahli kesehatan untuk mencegah terjadinya wasir atau supaya penyakit wasir yang sudah pernah Anda derita tidak kambuh lagi:

  • Makan makanan yang kaya akan serat. Lebih banyak makan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Dengan mengonsumsi jenis makanan ini akan melembutkan tinja dan meningkatkan jumlah yang dikeluarkan. Tambahkan serat perlahan-lahan untuk menghindari masalah dengan gas.
  • Minum banyak cairan. Minumlah enam hingga delapan gelas air dan juga minuman lain (non-alkohol) tiap hari. Ini juga untuk pertahankan tinja tetap lunak.
  • Pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen penambah serat. Banyak orang masih kekurangan asupan serat dari yang dianjurkan dalam makanannya. Beberapa produk suplemen penambah serat bisa menjaga tinja tetap lunak, tapi pastikan untuk minum delapan gelas sehari jika mengonsumsi suplemen ini. Jika tidak, suplemen bisa mengakibatkan konstipasi atau justru memperburuknya.
  • Jangan mengejan berlebihan. Mengejan dan menahan napas saat mencoba mengeluarkan kotoran menciptakan tekanan lebih besar pada pembuluh darah di rektum bawah.
  • Segera buang kotoran jika sudah merasa ingin. Jika Anda menunggu untuk membuang kotoran hingga keinginan itu menghilang, tinja bisa menjadi kering dan sulit untuk dikeluarkan.
  • Berolahraga. Jika terlalu banyak berdiri atau duduk, usahakan tetap aktif untuk membantu mencegah konstipasi dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah. Berolahraga juga membantu turunkan kelebihan berat badan atau obesitas. Obesitas ini yang berkontribusi memunculkan hemoroid.
  • Hindari duduk terlalu lama. Duduk terlalu lama, terutama di toilet, bisa meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di anus.
  • Hindari mengangkat benda berat. Jika memang harus, selalu buang napas saat mengangkat benda. Jangan menahan napas saat mengangkat.
  • Jika Anda hamil, tidur dengan posisi miring akan menurunkan tekanan pada pembuluh darah di panggul. Ini bisa membantu mencegah hemoroid membesar.

7. Obat-obatan yang Relevan

Sehat Afiat akan menampilkan beberapa obat yang biasa digunakan oleh penderita wasir dan terbukti ampuh untuk mengobatinya.

Leave a Comment