Pencemaran Udara | Pengertian, Dampak, Penyebab dan Penanggulangan

PENCEMARAN UDARA – udara merupakan salah satu elemen yang menjadi penunjang dalah kehidupan kita. Bisa dibayangkan bagaimana jadinya makhluk jika tidak ada udara maka tidak akan bisa bernafas sebagai mana mestinya.

Perannya yang penting bagi kehidupan seluruh mahkluk hidup membuat kita selaku manusia memiliki tanggung jawab untuk terus menjaga agar udara yang dihirup tetap sehat dan bersih. Karena jika terjadi pencemaran udara maka kualitas udara semakin buruk.

Banyak sekali dampak yang ditimbulkan dari pencemaran udara ini seperti terganggunya ekosistem hidup. Maka dari itu mulailah kita melakukan penanggulangan pencemaran udara.

Pengertian Pencemaran Udara

pencemaran udara
irfanprasayulannisarica.wordpress.com

Pencemaran udara adalah suatu kondisi dimana substansi fisik, kimia dan biologi yang berada di lapisan udara bumi dalam jumlah yang sangat banyak sehingga bisa sangat membahayakan bagi tubuh manusia.

Bukan hanya itu saja, pencemaran udara juga bisa membahayakan seluruh ekositem yang ada di bumi seprti komponen biotik, kenyamanan tempat tinggal, serta bisa juga merusak keindahan lingkungan.

Pencemaran udara tidak timbul dengan sendirinya, terdapat beberapa macam akibat yang bisa menjadi faktor terjadinya pencemaran udara. Pencemaran udara bisa bersifat alami atau juga bisa disebabkan oleh manusia.

Penyebab Terjadinya Pencemaran Udara

pencemaran udara
bignewsnetwork.com

Menurut ahli Sains, secara natural udara yang berada di atmosfir bumi ini adalah gabungan dari beberapa jenis gas seperti gas nitrogen (78%), CO2 (0,0035%), uap air (0,01%), gas oksigen (21%) dan gas argon sebesar (1%).

Di zaman sekarang kebutuhan kendaraan bermotor sangat penting sekali, maka dari itu setiap tahun volume kendaraan bermotor di kota-kota besar dan pedesaan terus meningkat. Hal ini juga yang menjadi penyebab terjadinya pencemaran udara. Asap dari kendaraan bermotor akan merusak atmosfer yang ada di bumi ini.

Komposisi dari gas-gas diatas tidak sepenuhnya seperti itu, kandungan gas tersebut akan mengalami perubahan yang diakibatkan oleh adanya pencemaran udara. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa menjadi penyebab terjadinya pencemaran udara;

  1. Chloro Fluoro Carbon (CFC) yang diakibatkan dari adanya kebocoran mesin pendingin seperti kulkas, AC ruangan dan AC mobil.
  2. Asap pembakaran dari batu bara yang diakibatkan dari pembangkit listrik dapat mengeluarkan partikel nitrogen oksida (NO2) dan juga oksida sulfur (SO2).
  3. Menyebarnya bahan radioaktif seperti percobaan nuklir dan bom atom akan melepaskan partikel debu radioaktif ke udara.
  4. Asap vulkanik yang diakibatkan dari aktivitas gunung berapi pun bisa melepaskan partikel-partikel dedu ke udara.
    Asap kendaraan bermotor, asap pembakaran hutas dan juga cerobong pabrik akan melepaskan gas CO2 dan juga CO ke udara.

Dampak Pencemaran Udara

pencemaran udara
lingkunganhidup.co

Sudah bisa dipastikan pasti aka nada beberapa dampak buruk yang dikibatkan oleh pencemaran udara ini. Dampat ini sangat memberikan kerugian bagi kemashalahatan makhluk hidup yang tinggal di bumi.

Berikut ini adalah beberapa macam dampak yang bisa terjadi akibat pencemaran udara;

Terjadi Hujan Asam

pencemaran udara
cloudinary.com

Terjadinya hujan asan karena kandungan oksida belerang dan juga oksida nitrogen yang dihasilkan dari pembakaran batu bara. Hal ini terjadi karena hasil pembakarna tadi bereaksi danegan uap air dan membentuk awan asam (asam sulfat nitrat).

Terjangkit Kanker Kulit

pencemaran udara
cloudinary.com

Akan meningkatkan potensi terjadinya kanker kulit, mata dan juga bisa menyebabkan katarak.
Pencemaran udara bisa menjadi pemicu kebocoran lapisan ozon sehingga membuat keseimbangan ekosistem menjadi terganggu akibat dari efek rumah kaca.

Terkena Penyakit ISPA

pencemaran udara
radarjambi.co.id

Bisa menimbulkan keracunan yang diakibatkan oleh pengikatan CO2 yang dihasilkan dari pencemaran udara.
Asap kebakaran hutan yang terus menerus tidak ditanggulangi bisa menjadi penyebab terjadinya penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA).

Pencemaran udara bisa mengakibatkan kualitas udara menjadi sangar buruk, sehingga menjadi penyebab menurunnya kesehatan manusia dan juga makhluk hidup lainnya.

Memicu Pemanasan Global

pencemaran udara
indiacelebrating.com

Memicu terjadinya pemanasan global. Pemanasan global itu terjadi akibat dari jangka panjang polusi udara. Pencemaran udara dalam kategori yang sudah buruk bisa memicunya pemanasan global.

Menganggu Pertumbuhan Tanaman

pencemaran udara
widysaaja.wordpress.com

Mengganggu pertumbuhan tanaman ini diakibatkan oleh pencemaran udara. Polusi udara akan mengganggu tanaman, tanaman akan lebih mudah terkena berbagai macam penyakit jika berada pada lingkungan yang kurang baik seperti adanya bintik hitam, nekrosis dan klorosis.

Menganggu Pemandangan Jarak Pandang

pencemaran udara
riautribune.com

Mengganggu pemandangan jarak pandang. Jika polusi udara semakin buruk maka jarak pandang kendaraan akan semakin berkurang. Hal ini terjadi biasanya dikarenakan oleh asap kebakaran yang berlebihan.

Muncul Penyakit Asma

pencemaran udara
hellosehat.com

Timbulnya penyakit asma. Penyakit asma merupakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan paru-paru. Penyakit asma bisa terjadi salah satunya karena pencemaran udara. Udara kotor yang dihirup dan masuk ke paru-paru jelas sangat buruk efeknya pada tubuh manusia.

Memicu Cepat Naik Darah, Stress dan Emosi

pencemaran udara
tempo.com

Pencemaran udara bisa menyebabkan gangguan kesehatan kulit. Kulit akan tampak lebih kusam dan tingkat elastisitasnya menjadi merosot. Pencemaran udara ini juga bisa membuat kulit tampak lebih keriput sehingga terjadinya penuaan dini.

Pencegahan dan Penganggulangan Pencemaran Udara

pencemaran udara
elshinta.com

Jika dilihat dari dampak yang diakibatkan oleh pencemaran udara,maka kita selaku manusia harus melakukan sebuah tindakan bagaimana caranya agar pencemaran udara tidak terus menyebar.

Harus adanya penanggulangan yang dilakukan untuk mengurangi bencana pencemaran udara, karena jika dibiarkan seperti ini maka lama-kelamaan bukan tidak mungkin bahwa dampak yang lebih buruk akan terjadi.

Pencegahan ini bertujuan untuk mempertahankan kelangsungan hidup umat manusia dibumi, berikut ini beberapa contoh tindakan yang bisa dilakukan untuk menegah pencemaran udara.

  1. Tidak melakukan percobaan nuklir secara massif dari berbagai negara demi mengurangnya pencemaran radioaktif.
    Masyarakat agar dihimbau lebih menjaga lingkungan alam terlebih lagi dilarang untuk membakar hutan saat melaksanakan land clearing lahan pertanian
  2. Melakukan pengawasan dan penjagaan yang lebih ketat terhadap wilayah hutan yang sangat rawan terkena kebakaran hutan.
  3. Terus mengembangkan dan memanfaatkan energi alternatif yang ada serta energi yang ramah lingkungan seperti energi surya, biogas dan panas bumi.
  4. Mulai mengurangi penggunaan minyak bumi serta bahan bakar yang mengandung fosil pada isdustri berskala kecil maupun besar. Hal ini dilakukan untuk mengurangi limbah yang ada agar tidak tercampur dengan udara ketika terlepas ke atmosfer.
  5. Membuat jalur hijau dengan berupa menanam pohon di kota-kota yang kekurangan ruang terbuka hijua agar CO2 sebagai salah satu bahan pencemaran udara dapat diserap oleh proses fotosintesis dan dau oksigen.