Pengertian, Ciri-ciri, Kekurangan, dan Kelebihan Kepribadian Introvert adalah

INTROVERT ADALAH – Bagi sebagian orang kata, introvert masih cukup asing di telinga mereka. Karena kata introvert adalah istilah serapan dari bahasa inggris dan baru populer beberapa tahun belakangan. Di kesempatan kali ini, kami akan mengupas secara tuntas kepribadian introvert ini.

Secara garis besar kepribadian dibagi menjadi tiga. yaitu introvert, ekstrovert, dan ambivert. Kebalikan dari introvert adalah ekstrovert, sedang seseorang yang mampu menempatkan diri di tengah-tengah kedua tipe kepribadian tersebut disebut ambivert.

Introvert Adalah

sumber: learning-mind.com

Introversion atau Introvert adalah kepribadian seseorang yang lebih cenderung fokus dengan dunia yang ada di dalam pikirannya sendiri. Orang-orang yang memiliki sifat introvert lebih cenderung untuk menutup diri dari kehidupan luar.

Introvert adalah kepribadian seseorang yang lebih banyak berpikir, tetapi lebih sedikit beraktifitas. Orang-orang introvert lebih senang berada di dalam kesunyian atau kondisi yang tenang, dibandingkan di tempat yang terlalu ramai atau banyak orang.

Ciri-ciri Introvert

sumber: tech.co

Orang Introvert memiliki berbagai macam ciri-ciri, di bawah ini akan kami jelaskan berbagai macam ciri-ciri dari orang yang mempunyai kepribadian introvert:

1. Tidak Tertarik Untuk Menjalin Obrolan Kecil

Seorang introvert lebih menyukai percakapan yang berbobot atau penting. Sedangkan untuk obrolan ringan, seorang introvert biasanya mendengarkan saja, dan malas untuk menimpali. Jadi biasanya orang introvert lebih memilih untuk diam.

2. Penuh Pertimbangan dalam Membuat Pesan Teks

Ketika seorang introvert mendapatkan pesan teks dari orang yang dianggap penting dan berarti, maka dia akan menunggu hingga pesannya dibalas. Seorang introvert akan memikirkan terlebih dahulu respon bijaksana seperti apa yang hendak dia tuliskan untuk membalas pesan tersebut.

3. Introvert Tidak Betah Ketika di dalam Keramaian

Keramaian di sini maksudnya adalah ketika bersama banyak teman. Seorang introvert justru ingin segera untuk pulang dan menyendiri. Seorang Introvert justru lebih mampu untuk menikmati kesendiriannya dan menjalani kehidupannya sehari-hari sendirian.

4. Orang Introvert Sangat Jeli dan Mengingat Sekelilingnya

Introvert adalah pribadi yang sangat memperhatikan lingkungannya dan mengingat di setiap detailnya. Tetapi ia jarang mengungkapkannya kepada orang lain, kecuali memang dirasa sangat perlu.

5. Hati Seorang Introvert Hanya Terbuka bagi Orang Tertentu Saja

Seorang introvert akan menceritakan isi hatinya hanya kepada orang tertentu yang dipercayainya saja. Karena seorang introvert sangat memprihatikan privasinya, dan tidak mau ceritanya itumenjadi konsumsi pribadi atau kalangan tertentu saja.

6. Berpikir Sebelum Berbicara

Seorang introvert selalu memikirkan sesuatu sebelum bertindak, termasuk berhati-hati sebelum mengutarakan pendapat kepada orang lain.

7. Introvert Lebih Menikmati Waktunya Sendiri

Ketika orang lain senang nongkrong beramai-ramai bersama temannya, seorang introvert justru lebih nyaman dan tenang dalam kesendiriannya di rumah. Seorang introvert akan menghabiskan waktunya untuk menekuni hobi dan pekerjaan yang ia sukai.

8. Seorang Introvert Tidak Mudah Percaya

Karena seorang introvert lebih nyaman bersama orang-orang tertentu, maka hal ini-pun berpengaruh pada kepercayaannya terhadap orang lain. Seorang introvert tidak mudah terbuka kepada sembarang orang, karena ia menganggap bahwa orang lain belum tentu dapat memegang amanah.

9. Seorang Introvert Terkadang Tampak Galak

Seorang introvert akan benar-benar menjaga privasinya, hanya untuk diri sendiri dan orang kepercayaannya, apabila ada orang yang berusaha mengusik privasi hidupnya. Maka seorang introvert akan merasa sangat terganggu dan marah besar.

10. Lebih Suka Mengekspresikan Diri dengan Menulis

Kelebihan seorang introvert adalah mereka mampu untuk merenung, instrospeksi diri, dan kemudian mengungkapkannya melalui tulisan. Seorang Introvert tak selalu nyaman menggunakan komunikasi verbal untuk mengungkapkan perasaannya.

Dengan kelebihan semacam ini, seorang nitrovert sangat berpotensi menjadi seorang penulis yang kritis, tentang apapun itu. Hal ini membuatnya lebih nyaman, termasuk ketika ia sedang berkomunikasi biasa.

Si Introvert lebih suka untuk berkirim pesan pesan atau email dibandingkan dengan telepon, atau bertatap muka secara langsung.

11. Sering Dianggap Sebagai Orang yang Misterius

Karena sikapnya yang lebih suka diam dan menyendiri, atau hanya berkelompok dengan segelintir orang saja, maka akan banyak orang yang menganggapnya seorang yang misterius dan sulit ditebak.

12. Lebih Menyukai Pekerjaan yang Tenang

Seorang Introvert lebih menyukai pekerjaan yang tenang seperti membaca, memancing, atau duduk di depan komputer.

Kelebihan Introvert

sumber: potentialdoctor.com

1. Seorang Introvert akan Selalu Melakukan Introspeksi Diri

Seorang Introvert seringkali menganalisa situasi, bahkan terhadap sesuatu yang sebenarnya tak perlu dianalisa. Kepribadian selalu mempunyai keinginan untuk menganalisa lebih dalam.

2. Introvert adalah Teman yang Loyal

Sekali seorang introvert percaya kepada seseorang, maka ia akan rela untuk memberikan apa pun kepada orang tersebut. Seorang introvert tidak mudah untuk teralihkan dari orang kepercayaannya.

3. Introvert adalah Pengambil Keputusan yang Baik

Dayaseorang introvert terbilang bagus, sehingga orang introvert biasanya dipercaya untuk menentukan keputusan yang bijak, walaupun memang membutuhkan waktu yang lama untuk mempertimbangkannya.

4. Seorang Introvert adalah Penganalisa Karakter yang Baik

Di balik diamnya seorang introvert, mereka selalu memperhatikan karakter setiap orang melalui sikap dan kebiasaannya. Dengan begitu seorang introvert mampu untuk memprediksi dengan baik seperti apa karakter orang tersebut, dan menentukan bagaimana sifat aslinya.

5. Jarang Bosan

Kelebihan seorang introvert adalah tahan terhadap kesendirian dan kesunyian hal ini berbeda 180 derajat di banding dengan orang yang ekstrovert yang tidak betah berlama-lama di dalam rumah.

6. Introvert adalah Seorang yang Kreatif

Di dalam suatu studi membuktikan bahwa seorang introvert adalah seseorang yang kreatif. Seoranag introvert mampu untuk menyerap banyak informasi dan menggunakannya untuk menciptakan berbagai macam ide-ide yang brilian.

7. Introvert adalah Pendengar yang Baik

Seorang introvert mampu menyediakan waktu bagi orang lain, terutama orang yang hendak menceritakan isi hati mereka. Bahkan sekalipun hal itu dianggap tidak penting, tetap saja introvert tetap berusaha mendengar dan memberikan tanggapan yang positif.

8. Selektif dalam Pergaulan

Seorang introvert akan lebih memilih sendirian atau bersama orang yang benar-benar dipercaya atau dikasihinya. Dengan cara seperti ini, biasanya suasana lebih tenang dan intim, sehingga seorang yang berkepribadian introvert bisa merasa lebih nyaman ketika berhubungan dengan orang lain.

9. Pandai Menyimpan Rahasia

Seorang introvert adalah orang yang paham betul bahwa dengan hal-hal yang dianggap privasi, atau rahasia. Seorang introvert akan senantiasa berusaha untuk menjaga komitmen dan menyimpan rahasia dirinya sendiri maupun orang lain.

Karena kemampuannya ini, maka eorang introvert sangat cocok menjadi seorang psikolog atau spikiater.

10. Lebih Berwibawa

Karena sifatnya yang tidak suka mencampuri urusan orang lain, maka orang introvert akan terjaga keewibawaannya. Ia hanya akan berbicara apabila benar-benar diperlukan, sehingga jarang terjerumus dalam perkataan yang konyol atau sia-sia.

11. Lebih Aman dari Gosip

Si introvert enggan untuk terlalu mencampuri setiap pembicaraan yang menurutnya tidak penting. Introvert merasa enggan untuk mendengarkan seperti menggunjing, atau pembicaraan tidak penting lainnya.

12. Mudah Fokus pada Satu Masalah

Ketika menghadapi masalah, si introvert lebih fokus untuk menghadapinya. Sesuai dengan pengertian introvert, sikapnya yang tenang dan selalu berhati-hati ketika mengambil keputusan, adalah salah satu kelebihan yang dimilikinya.

Kekurangan Introvert

sumber: th.theasianparent.com

Selain mempunayi beberapa kelebihan. Sebagaimana manusia lainnya seorang introvert juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini beberapa kekurang seseorang yang berkepribadian introvert.

1. Kurang Percaya Diri

Seseorang dengan kepribadian introvert biasanya mempunya kepercayaan diri yang kurang ketika berhadapan dengan keramaian. Mereka merasa malu, minder dan tidak bisa berbicara secara lugas di keramaian. Misalnya ketika mereka harus mengisi pidato atau semacamnya. Walau tidak semuanya.

2. Kurang Pandai untuk Berbaur di Tengah Masyarakat

Introvert tidak menyukai suasana ramai, banyak tamu dan berhadapan langsung dengan orang banyak. Mereka adalah pribadi yang cenderung tertutup dan menghindari segala bentuk keramaian yang ada. Tetapi apabila mempunyai kemauan yang kuat. Bukan tidak mungkin mereka akan mampu beradaptasi.

3. Terkadang Membuat Orang Lain Salah Paham

Terkadang tindakan seorang introvert membuat orang lain merasa bahwa hal yang ia lakukan tidak tepat. Padahal seorang introvert tetap memiliki misi yang jelas, hanya saja caranya berbeda, karena jalan pikirannya yang berbeda dengan orang pada umumnya.

4. Teman yang Sedikit

Karena sifat pendiam dan selektfnya ketika bergaul, membuat seorang dengan kepribadian introvert tak mempunyai banyak teman. Baginya, teman sedikit tetapi dapat dipercaya sudah cukup, dibandingkan banyak teman tetapi tidak memiliki arah dan visi yang jelas.

Tetapi jangan salah, ketika seorang introvert sudah mulai nyaman dengan seorang teman baik atrau sahabat, maka dia akan berteman dengan sepenuh hati.

5. Sering dibilang Sombong

Karena pengertian introvert yangsifatnya yang pendiam, maka seorang introvert akan mengundang pertanyaan di benak banyak orang yang belum mengenalnya dengan baik. Hal inilah yang terjakadang disalah tafsirkan bahwasanya si introvert adalah seorang yang sombong.

Padahal pada kenyataannya, seorang introvert bukanlah seorang yang sombong ataupun angkuh, mereka hanya malu dan merasa ragu ketika hendak memulai suatu hal yang baru ditemuinya. Terutama di dalam hal pergaulan dengan orang-orang yang baru dilihatnya.

6. Kurang Pandai untuk Berbicara

Seorang introvert bukanlah si pembicara ulung yang pandai mengutarakan pendapatnya di depan khalayak ramai. Jangan pernah berharap mereka menjadi seorang publik speaking atau bahkan stand-up comedy. Karena tentunya mereka akan berpikir seribu kali untuk melakukannya.

7. Masukannya Terkadang Kurang Diperhatikan

Terkadang si introvert mencoba untuk berkontribusi dalam beberapa forum diskusi. Tetapi karena cara mengutarakan pendapatnya yang kurang lugas, dan terkadang tampak kurang lancar, maka pendapatnya terkadang kurang disambut dengan baik oleh para anggota forum yang ada di dalamnya.

Yang Perlu Dilakukan Ketika Bergaul dengan Orang Introvert

abunidapost.blogspot.com

Seorang introvert memerlukan beberapa perlakuan khusus sehingga interaksi dan pergaulan dengan mererka dapat berjalan dengan baik, dan lebih membuat mereka merasa dihargai. Berikut ini yang perlu anda lakukan ketika hendak bergaul dengan seorang introvert:

  1. Sering-seringlah untuk mengajak mereka berinteraksi, dengan membicarakan topik yang merekasukai.
  2. Memberikan dukungan supaya mereka lebih percaya diri ketika hendak mengutarakan pendapatnya secara verbal.
  3. Memberi keleluasaan, atau menciptakan kenyamanan ketika melakukan sebuah pekerjaan yang sifatnya berkelompok.
  4. Memberi oraang introvert ruang untuk melakukan hal yang ia sukai, seperti memberi ruang untuknya menyendiri.
  5. Memberikan dukungan dan motivasi agar mereka lebih terbuka terhadap hal-hal yang baru.

Nah demikianlah penjelasan mengenai pengertian Introvert. Di mana introvert adalah kepribadian manusia dengan beberapa kelebihan dan kekurangannya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda dalam mengenal macam-macam kepribadian seseorang.

4.76/5 (50)

Please rate this

1 thought on “Pengertian, Ciri-ciri, Kekurangan, dan Kelebihan Kepribadian Introvert adalah

Leave a Comment