obat Spasminal

Pengertian Spasminal: Efek Samping, Dosis dan Harga di Apotik

PENGERTIAN SPASMINAL – Adalah obat yang memiliki kandungan Ekstrak belladonna, Methampyrone, Papaverine HCL. Spasminal berfungsi mengatasi gangguan spastik (kejang) saluran pencernaan, kelamin dan saluran kemih,  dismenore, saluran empedu.

Dalam kandungan Methampyrone ia berfungsi menghilangkan nyeri, sedang dalam kandungan Ekstrak Belladona dan Papaverin berfungsi sebagai spasmolitik untuk merelaksasikan otot polos, untuk mengobati rasa sakit dalam keadaan kolik anda biasanya akan diresepkan dokter terlebih dahulu.

Kolik adalah istilah rasa sakit kontraksi dalam (mengencengnya) organ pencernaan dan saluran kemih. Rasa sakitnya akan terasa khas seperti bergelombang.

Penggunanaan Spasminal dilakukan dengan cara oral (ditelan), maupun dihancurkan lalu di aduk dalam air juga bisa, yang dengan cepat segera diserap baik saluran pencernaan dengan waktu berkisar 1 sampai 4 jam.

Obat Spasminal

Pengertian Spasminal
KalbeMed.com

Obat Spasminal terdiri dari kombinasi tiga komponen aktif yang sudah di ekstrak obat Metampiron, Papaverin dan obat-obatan Belladonna. Metampiron bekerja sebagai analgesik berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit.

Sementara papaverine dan ekstrak belladonna berfungsi sebagai obat spasmolitik yang seketika itu langsung melemaskan otot polos. Setelah digunakan secara oral (pencernaan), obat ini akan diserap dari saluran pencernaan dengan paruh mulai dari 1 jam untuk 4 jam.

Indikasi Spaminal

Pengertian Spasminal
http://hariansehat.com

Spasminal juga bisa disebut obat analgetik dan spasmolitik yang terbukti sudah sangat baik dalam banyak pengobatan serangan kolik, perut kolik, kolik ureter dan dapat digunakan dalam keadaan sakit yang ditimbulkan selama menstruasi.

Andomen kolik, istilah umumnya adalah kram perut, hal ini disebabkan oleh berbagai penyakit seperti obstruksi usus atau penyumbatan, usus buntu, radang pankreas, kracunan makanan dan lain-lain.

Ureter Kolik, kejadian ini paling sering disebabkan oleh batu ginjal, sakit yang terletak di perut bagian bawah dan sakit di bagian paha atas yang terkadang rasanya bisa muncul sampai pangkal paha.

Kontraindikasi Medis

Pengertian Spasminal
perbidkes.com

Spasminal tidak dianjurkan dalam beberapa keadaan yaitu:

  • Pasien dengan hipersensitif yang mengandung kolik atau alergi obat termasuk alergi obat-obatan Spasminal Metampiron, Belladonna ekstrak atau reaksi Papaverin obat.
  • Pasein pemilik gangguan fungsi hati.
  • Pasien kolik yang berada dalam keadaan hamil dan menyusui.
  • Pasien yang memiliki tekanan darah rendah atau tekanan sistolik di bawah 100 mmHg.

Dosis Spasminal

Pengertian Spasminal yang sering diperdagangkan dan tersedia di apotek adalah yang berbentuk tablet komposisi obat Spasminal terdiri dari Metampiron 500 mg, Papaverin HCl 25 mg dan 10 mg Belladonna ekstrak untuk masing-masing tablet.

Sebagai dosis obat yang dianjurkan pada pasien dewasa cukup pemakaian satu tablet pada saat serangan kolik, yang lalu diikuti satu tablet lain setiap 6 sampai 8 jam kemudian. Obat ini tidak boleh berhenti sebelum gejala kolik teratasi.

Sebaiknya Anda meminta mengikuti petunjuk dokter tentang dosis dan penggunaan. Seperti efek samping dan pemakaian tepat obat Spasminal.

Efek Samping Spasminal

pengertian spasminal
cdn.motherhood.com

Efek samping Spasminal yang telah terjadi yaitu:

  • Reaksi hipersensitivitas atau reaksi alergi terhadap urtikaria, gatal dan kemerahan, bengkak, atau sesak napas.
  • Obat ini jua bisa menyebabkan gangguan pada komponen darah.
  • Gangguan pada saluran pencernaan dan gangguan motilitas usus, karena obat meminimalkan gerakan usus.
  • Jarang, tapi tetap ada laporan obat ini bisa menyebabkan reaksi alergi pada sel-sel hati sindrom neuropati dalam penggunaan jangka panjang.

Keamanan Informasi

pengertian spasminal
EccyRahma.blogsphot.com

Penggunaan obat dalam dosis besar harus digunakan secara hati-hati karena dapat menimbulkan pengalaman overdosis penglihatan kabur dan tubuh yang melemah.

Overdosis dapat diatasi dengan konsumsi susu, konsumsi arang aktif, pengosongan lambung dan dialisis.

Penggunaan harus digunakan dengan hati-hati pada pasien dengan gangguan darah, dan disfungsi ginjal, fungsi hati untuk melakukan pemeriksaan rutin darah dan fungsi hati dan fungsi ginjal.

Ada juga peringatan dalam memperhatikan pemakaianya yaitu:

  • Gunakan obat dengan hati-hati dengarkan saran cermat dan tepat dari dokter pada wanita hamil, ibu menyusui dan anak.
  • Obat ini tidak boleh digunakan untuk mengobati nyeri otot, nyeri artritis, nyeri punggung, nyeri punggung, bahu dan sindrom lengan.
  • Obat ini baiknya dalam pengawasan resep dokter.
  • Obat Spasminal tidak dapat digunakan untuk pengobatan jangka panjang. hentikan pengobatan jika muncul efek samping yang berlebih.

Untuk pengertian Spasminal dalam kemanjuran obat ini tidak ada jaminan berhasil.

Harga Obat Spasminal dalam Kemasan

pengertian spasminal
id.TUBGIT.com

Spasminal dikemas dalam kotak dan berisi 10 strip dari 10 butir tablet. Setiap tabletnya terdapat metampiron sebesar, 10 mg ekstrak beladona dan 25 hidoklorida papaverin.

Anda bisa membelinya dengan harga yang terjangkau, sekitar Rp. 650 saja perbutir atau Rp. 7.000, Harga per box yang berisi 10 butir, dan untuk box yang isinya sampai 100 butir harganya sekitar Rp. 65.000. Harga dapat berbeda tergantung tempat/lokasi.

Demikian info tentang pengertian Spasminal, meski obat ini dijual atau ditawarkan secara bebas di apotek di berbagai macam tempat, namun yang harus kita utamakan adalah saat menggunaan obat Spasminal tersebut, apakah sudah sesuai anjuran dan apakah tidak melebihi dosis lebih, supaya terhindar dari efek samping.

Leave a Comment