Penyakit Herpes atau Penyakit Kulit yang Bisa Menyerang Manusia

PENYAKIT HERPES – Sudah pernah mendengar tentang penyakit herpes? Penyakit ini bisa dikategorikan sebagai penyakit yang serius. Jika Anda belum tahu informasi tentang penyakit herpes, mari cari tau di sehatafiat. Di sini akan menjelaskan seputar penyakit ini. Dari pengertian, penyebab, ciri-ciri, sampai obat penyakit herpes.

Mencari informasi seputar penyakit herpes tentu sangat penting, dengan mencari tahu, maka kita akan bisa mengenali lebih jauh penyakit ini. Karena penyakit ini tegolong penyakit yang jarang. Jadi masyarakat pada umumnya belum tahu tentang penyakit ini.

Jika kita tahu lebih jauh tentang penyakit ini, pasti ini akan bermanfaat. Salah satunya bermanfaat untuk diri sendiri, karena kita bisa tahu cara untuk mencegah penyakit ini. Dan banyak manfaat lainnya yang akan Anda dapatkan. Maka dari itu baca semua informasi tentang penyakit herpes yang ada di sini. Selamat membaca.

Pengertian Penyakit Herpes

penyakit herpes

Penyakit herpes adalah penyakit pada kulit manusia yang disebabkan oleh virus herpes. Dalam dunia kedokteran virus herpes biasa disebut dengan Human Herves Virus (HHV). Virus ini mempunyai 8 jenis atau tipe yang masing-masing menyerang pada anggota tubuh yang berbeda-beda.

Sesuai dengan jumlah jenisnya, penyakit herpes ada 8 jenis yang bisa menyerang manusia. Di sini akan menjelaskan inti dari ke-8 virus herpes tersebut, karena jika dijelaskan secara detail membutuhkan waktu yang cukup lama.

1. Human Herpes Virus 1 (Herpes pada Bibir Mulut/Labialis)

Penyakit herpes yang menyerang daerah mulut disebabkan oleh HHV1 atau Human Herpes Virus 1. Virus ini bisa disebut juga dengan Virus Herpes Simplex 1 1 atau yang disingkat dengan HSV1. Penyakit jenis ini bisa menyerang dengan cara menular, seperti melalui peralatan makanan, handuk, dan pisau cukur atau gunting.

Virus jenis ini selain menyerang daerah mulut, bisa juga menyebabkan herpes genital/kelamin yang menular dengan cara kontak oral genital yaitu melakukan seks oral. Virus ini bisa juga menular dengan kontak kulit melalui luka yang terjadi pada kulit.

2. Human Herpes Virus 2 (Herpes Kulit Kelamin/Genital)

Virus herpes simpleks 2 (HSV2) adalah sebutan dari Human Herpes Virus jenis atau tipe 2 (HHV2). Merupakan virus penyebab terjadinya penyakit herpes pada bagian genital yang merupakan jenis penyakit infeksi menular seksual.

Virus ini tidak bisa bertahan lama jika dalam keadaan diluar tubuh manusia. Oleh karena itu virus ini akan menular melalui hubungan seksual. Namun, bisa juga menular melalui kontak kulit.

3. Human Herpes Virus 3 (Herpes Zoster dan Cacar Air)

Virus Varicella Zoster adalah sebutan untuk virus jenis ini (HHV3). Salah satu virus penyebab penyakit kulit berupa cacar yang sering kita temui. Penyakit lain yang disebabkan oleh virus ini adalah Herpes Zoster (Dompo).

4. Human Herves Virus 4 (Kissing Disease)

Nama lain dari virus jenis ini adalah Epstein Barr, yaitu virus yang menyebabkan infeksi mononucleosis atau Kissing Disease. Jenis virus ini menular melalui air liur, jadi virus ini akan menular ketika berciuman.

Bisa juga tertular melalui batuk dan bersin saat didekat orang yang terkena virus ini. Selain itu bisa juga melewati peralatan makanan dari orang yang terkena virus jenis ini.

5. Human Herves Virus 5 (Mononucleosis)

Human Herves Virus 5 yang disingkat dengan HHV5 merupakan penyebab monokleosis. Virus jenis ini biasa disebut dengan CMV yang merupakan singkatan dari Cytomegalovirus. CMV aman jika menyerang pada orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Namun, jika menyerang orang yang memiliki sitem kekebalan tubuh lemah akan memperburuk keadaan. Seperti orang yang terkena HIV/AIDS, karena infeksi CMV merupakan komplikasi AIDS yang paling sulit.

Gejala yang ditimbulkan bisa seperti diare, kebutaan, infeksi usus dan lambung, bahkan bisa menyebabkan kematian. CMV bisa menular melalui hubungan badan, transfusi darah, menyusui, dan transplantasi organ.

6. Human Herves Virus 6 (Roseola)

HHV6 adalah singkatan dari Human Herves Virus 6, virus yang bisa menyebabkan sakit yang berhubungan dengan demam, seperti ruam kulit pada anak kecil. Jika anak kecil atau bayi terinfeksi virus ini bisa menimbulkan kasus kejang demam.

7. Human Herves Virus 7 

Menurut hasil pengamatan dunia kesehatan, virus ini berkaitan erat dengan Human Herves Virus jenis 6 (HHV6). Jenis virus ini juga berperan pada roseola seperti HHV6. Akan tetapi belum jelas efek klinis lain yang ditimbulkan.

8. Human Herves Virus 8 (Kaposi’s Sarcoma pada HIV/AIDS)

Terakhir virus jenis ini ditemukan memiliki peran pada tumor Sarkosa Kaposi (KS). Kebanyakan tumor jenis ini ditemukan pada penderita penyakit AIDS. Selain itu HHV8 juga bisa menimbulkan kanker lainnya. Seperti kanker kelenjar getah bening yang masih berhubungan dengan AIDS.

Semua jenis virus tersebut perlu kita ketahui agar kita tahu bahwa penyakit herpes ini banyak jenisnya. Jenis penyakit herpes yang sangat lazim atau umum adalah herpes simpleks dengan herpes zozter.

Ciri-ciri Penyakit Herpes

gejala penyakit herpes

Penyakit herpes merupakan penyakit yang dapat menyerang pada kulit biasanya muncul seperti gelembung bercak-bercak berisi air. Adapun beberapa ciri-ciri penyakit herpes yang sering terjadi adalah:

  • Gelembung pada Kulit
  • Sakit Kepala
  • Suhu Badan Tinggi
  • Kulit Terbakar
  • Badan Menggigil
  • Gatal-gatal
  • Nyeri

Gejala dan Penyebab Penyakit Herpes

penyebab penyakit herpes

Beberapa gejala dan penyebab penyakit herpes yang perlu diketahui. Untuk lebih mengenalnya berikut gejala dan penyebab penyakit herpes:

  • Kontak Langsung dengan Penderita Penyakit Herpes
  • Hubungan Badan
  • Udara Kotor
  • Luka pada Kulit
  • Gatal
  • Sakit ketika Buang Air Kecil
  • Cepat Lelah
  • Flu Batuk
  • Gelembung di Kulit

Cara Mencegah Penyakit Herpes

mencegah penyakit herpes

Penyakit herpes memang salah satu penyakit yang mengakibatkan gatal pada bagian yang terkena, namun kalian juga harus memperhatikan, bahwa penyakit herpes akan mudah menyebar ketika bagian yang terkena herpes terkena kuku atau tangan. Maka dari itu perlu diwaspadai serta kita harus bisa menahan gatal tersebut. jika digaruk herpes bisa menyebar dan menular.

1. Jangan Menggaruk pada Bagian Penyakit Herpes Menggunakan Handuk

Nah sama halnya kita menggaruk menggunakan tangan, sama-sama bisa menular meskipun sebenarnya digosok menggunakan handuk sangat efektif, tetapi ditakutnya jika menggaruknya menggunakan handuk. Serta handuk tersebut kita gunakan lagi untuk mengeringkan anggota badan yang lain dapat menular.

2. Menjaga Pola Makan Untuk Mencegah Penyakit Herpes

Dalam mengkonsumsi makanan, tentu kita dianjarkan untuk memilih makan-makanan yang higienis untuk dimakan. Karena pola makan yang kurang sehat dapat mengakibatkan mudah terkena penyakit herpes, sehingga atur pola makan, serta makanlah secara teratur.

3. Menjaga Pola Istirahat Secara Teratur dan Cukup

Istirahat yang kurang tidak baik untuk kesehatan tubuh, Nah dijam-jam yang mungkin anda harus bisa mengatur waktu anda untuk memulai istirahat dengan cukup, karena salah satu dampak kita kurang tidur. Kemungkinan besar kita bisa terkena virus yang tidak diinginkan, maka dari itu anda harus senantiasa untuk menjaga dan mengatur jam istirahat anda.

4. Mencegah Penyakit Herpes Menggunakan Daun Sirih

Sirih Merah telah terbukti mempunyai kandungan antioksida serta bisa sebagai antibiotik yang alami digunakan, untuk mengatasi herpes, anda bisa menambahkan juga dengan daun manila atau sering juga disebut dengan daun ketepeng.

Obat Penyakit Herpes

obat peantyakit herpes

1. Menggunakan Kulit Manggis

Obat herpes alami yang bisa digunakan salah satunya adalah menggunakan daun sirsak, karena sudah banyak dan terbukti dapat menyembuhakan penderita herpes. Kita bisa mengunakan obat herpes alami ini dengan cara merebusnya sampai matang, tetapi pastikan daun sirsak yang hendak anda gunakan sudah dibersihkan terlebih dahulu.

Selanjutnya anda bisa menyaringnya dan meminum air ramuan dari sirsak tersebut secara teratur dan rutin, supaya penyakit herpes yang anda alami dapat sembuh secara cepat. Pada intinya penyakit ini dapat berbahaya jika anda tidak menangani secara langsung dengan tindakan penanganan yang tepat.

2. Menggunakan Madu Asli

Salah satu obat herpes adalah madu, dengan kita menggunakan madu asli kita dapat mencoba untuk mengobati herpes yang sedang kita alami tersebut. Serta cara penggunaan madu sebagai obat herpes sangatlah mudah digunakan, cukup kita memoleskan madu yang pada bagian yang terkena penyakit herpes.

Cara ini tentu sangatlah mudah bukan untuk digunakan dan diterapkan pada penderita penyakit ini, maka dari itu kita bisa mencobanya dengan menggunakan madu. Supaya penyakit herpes tersebut dapat segera sembuh, sehingga herpes tersebut tidak menular.

3. Dengan Menggunakan Teh Hitam

Kita bisa menggunakan teh hijau untuk mengobati penyakit herpes yang sedang kita alami, cara mengkonsumsinya cukup dengan teh hitam yang sudah jadi dan kita tuangkan dengan menggunakan air panas, kamu bisa mendapatkan teh hitam di apotek terdekat. disekitar rumah anda

Oh iya, jangan lupa ketika anda mencelupkan teh hitam kedalam air untuk mencelupnya teh tersebut selama 30 menit supaya dapat tercampur dengan air. Anda bisa mengkonsumsinya secara teratus setiap hari, supaya penyakit herpes yang sedang kamu alami biar cepat sembuh.

4. Daun Dewa

Daun dewa tak hanya bisa dijadikan sebagai minuman untuk kesehatan. Akan tetapi daun dewa merupakan salah satu daun yang bisa mengobati luka kulit penyakit Herpes, cara penggunaannya anda bisa merebusnya terlebih dahulu, baru anda mengkonsumsinya secara rutin.

5. Daun Mint

Pada daun mint miliki aroma wangi yang bisa menghalau bau, layaknya bau badan, bau mulut dan bau ketiak. Daun ini termasuk bisa mengobati penyakit Herpes, untuk cara penggunaannuya anda bisa terlebih dahulu menumbu daun ini hingga serasa halus oleskan serta balut terhadap kulit yang mengalami penyakit Herpes pada bagian sekitar.

6. Waru Landak

Waru Landak merupakan salah satu jenis tumbuhan jarang bahkan sulit ditemukan, akan tetapi, waru landak ini merupakan salah satu obat alami yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit ini. Caranya cukup mudah anda tinggla haluskan waru landak yang sudah anda siapkan kemudian ditumbuk sampai halus. Setelah itu oleskan pada bagia anggota terkena penyakit ini, dimana anggota selanjutnya sebelumnya udah terbalut kain kassa atau kain lainnya. Sehingga hasilnya bakal lebih maksimal. Lakukan ini secara rutin.

Demikianlah pembahasan mengenai Penyakit herpes, semoga anda bisa mencegah dan mengatasi penyakit herpes menggunakan obat-obatan medis atau obat tradisional yang ada, karena hal seperti ini merupakan sarana penyembuh penyakit herpes anda, semoga artikel ini dapat membantu dan menambah pengetahuan anda.

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment