penyakit parkinson

Penyakit Parkinson – Berdasarkan Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

PENYAKIT PARKINSON –  Apakah kalian mengetahui parkinson adalah sebuah kondisi dimana terjadinya penurunan sel-sel saraf pada bagian otak tengah, dimana fungsi dari otak tengah untuk mengatur pergerakan pada tubuh dengan waktu cukup panjang, sehingga akibatnya seseorang tidak dapat untuk melakukan pergerakan tubuh dengan baik.

Tubuh hanya bisa melakukan gerakan seperti gerakan pada jari, tangan, kaki karena ada beberapa sel saraf di dalam otak pada bagian tengah. Bagaimana seandainya apabila sel-sel saraf otak sedang mengalami gangguan, maka bisa disimpulkan bahwa pergerakan tubuh juga akan ikut terganggu, sehingga gerakan tubuh tidak mampu untuk bergerak dengan baik atau normal. Sehingga inilah salah satu penyakit yang menyerak pada pada otak, yaitu penyakit perkinson.

Gejala yang nampak pada penderita parkinson terlihat gemetaran, ketika seseorang melakukan pergerakan tangan tidak setabil dan terlihat gemetaran pada tangannya, namun semacam ini tidak hanya terlihat dengan fisiknya saja, tetapi bisa juga dilihat dari psikologisnya juga bisa terlihat.

Penyakit Parkinson bisa menyerang seseorang pada usia memasuki 50 tahun, akan tapi, hanya ada sekitar 5 persen saja,  orang yang mengalami gejalanya meski usia masih 40 tahun, jadi bisa dikatan bahwa parkinson sering dialami oleh mereka orang-orang tua atau para lansia dimana usia sudah mencapai 50 tahunan keatas.

Menurut survei di seluruh dunia, terdapat 6,3 juta orang yang menderita penyakit parkinson. pada dasarnya penyakit parkinson, bisa dibilang dapat menular tidak melihat macam ras dan budaya. Semua orang bisa terkena penyakit parkinson ini, akan tetap lebih umum, hanya terjadi pada kalangan orang tua saja dan lebih cenderung terjadi kepada laki-laki dibandingkan dengan perempuan.

Penyebab Penyakit Parkinson

parkinson
terapinonfarmalogi.blog

Apa penyebab penyakit parkinson? penyebabnya karena sel-sel saraf neuron di otak secara bertahap memecah atau mati. Penyebab hilangnya neuron sehingga menghasilkan kimia dalam otak ialah dopamin. Ketika pada saat tingkat dopamin menurun, hal itu menyebabkan aktivitas otak juga ikut menurun yang dapat menyebabkan tanda-tanda penyakit parkinson pada seseoarang.

Jadi penyebab parkinson adalah berkurangnya dopamine dalam otak yang menyebabkan aktivitas pada kinerja otak tidak bisa berfungsi dengan normal, namun penyebab mengapa dopamine bisa berkurang berdasarkan survei dari beberapa praktisi kesehatan belum dapat secara tepat untuk memastikannya.

Dopamin dalam bahasa Inggris bisa disebut dengan dopamine, prolactin-inhibiting hormone, prolactin-inhibiting factor, prolactostatin, PIF, PIH semua itu adalah salah satu sel kimia yang berada dalam otak, dengan berbagai jenis vertebrata dan invertebrata, sejenis neurotransmiter (zat yang menyampaikan pesan muncul dari satu syaraf ke syaraf yang lain.

Gejala Penyakit Parkinson

gejala penyakit parkinson
healtyfun.wordpress

Gejala penyakit Parkinson adalah ? anda dapatmengenali terlebih dahulu tanda-tanda pada setiap penderita parkinson, karena setiap penderita memiliki tanda-tanda yang berbeda. Tanda-tanda awal bisa berupa gejala ringan bahkan mungkin bisa tidak diketahui sama sekali.

Gejala parkinson lebih sering diawali pada satu sisi tubuh seseorang dan biasanya akan semakin memburuk pada satu sisi tersebut, secara bertahap setelah gejala mulai berat atau kronis baru akan mempengaruhi kedua sisi tubuh seseorang sehingga mengakibatkan penyakit parkinson.

Tanda dan gejala Parkinson terlihat dari perubahan gerak fisiknya, antara lain seperti :

  • Tremor atau gerakan pada tubuh gemetaran, biasanya gejala ini muncul pada satu bagian tubuh, terutama tangan dan jari. Gemetaran hal ini dapat terjadi pada saat bagian tubuh tersebut diam atau tidak dalam keadaan bergerak. Tremor merupakan salah satu gejala utama penyakit parkinson.
  • Bradikinesia atau melambatnya gerakan. Setelah itu, Parkinson akan membuat gerakan tubuh menjadi lambat, misalnya kesulitan melangkah pendek saat berjalan dan kesulitan untuk bangkit dari tempat duduk, dll.
  • Rigiditas atau gejala yang terdapat pada otot menjadio kaku. Baik itu berupa otot besar dan kecil menjadi kaku, sehingga mengakibatkan tegang pada bagian otot tersebut. Hal ini membuat pergerakan gerak tubuh penderitanya, menjadi sangat terbatas dan juga menyebabkan rasa sakit akibat terjadi kram otot.
  • Terjadinya gangguan keseimbangan. parkinson juga dapat membuat seseorang dalam keadaan kehilangan keseibangan sehingga lebih berisiko mudah jatuh.
  • Kehilangan kemampuan gerak otomatis, semisal seperti kedipan mata dan ayunan tangan ketika berjalan.
  • Perubahan cara bicara, misalnya berbicara menjadi lembut, lebih cepat, tidak jelas, atau merasa ragu sebelum bicara, hal ini biasa terjadi pada gejala parkinson.
  • Terasa sakit saraf, seperti sensasi rasa terbakar, dingin, dan mati rasa.
  • Terjadinya konstipasi atau sering terjadi sembelit.
  • Kesulitan menelan makanan.

Perubahan Fisik Karena Parkinson

Penyebab Penyakit Parkinson
sindoreme-de.org

Selain terlihat dari perubahan fisiknya, parkinson juga menimbulkan gejala dari psikologisnyam, seperti :

  • Depresi atau sering cemas.
  • Gangguan tidur atau insomnia.
  • Demensia atau gangguan ingatan.
  • Perubahan kepribadian seperti mengalami delusi serta halusinasi.
  • Hilangnya indera penciuman.

Itulah beberapa gejala umum yang terjadi pada penyakit parkinson, Setiap orang yang menderita penyakit parkinson akan memiliki perbedaan gejala satu sama lainnya. Sehingga terkadang juga perbedaan gejala parkinson sering terlihat pada penderita lainnya.

Leave a Comment