Penyebab BAB Berdarah dan Cara Mengobatinya

PENYEBAB BAB BERDARAH – Apa yang menyebabkan BAB bisa berdarah? Apakah faktor yang mempengaruhi berdarahnya BAB? Bisakah kita mengobatinya dengan cara yang alami tanpa memerlukan konsultasi dokter? Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan secara rinci apa yang menyebabkan munculnya penyakit BAB berdarah.

Keluarnya darah ketika BAB merupakan suatu hal yang terdengar mengerikan bukan? banyak orang yang beranggapan penyebab BAB berdarah dikarenakan seseorang mengidap penyakit dalam atau sebagainya, apakah hal tersebut benar? Berikut ini akan saya berikan penyebab-penyebab BAB berdarah serta cara pengobatannya.

1. Wasir atau Ambeien

Penyebab BAB Berdarah dan Cara Mengobatinya
https://i.ytimg.com

Wasir sering ditandai dengan terjadinya pendarahan ketika melakukan buang air besar,  wasir terjadi karena pelebaran atau pembesaran pembuluh darah vena yang terletak di sisi bagian anus, sehingga ketika prosses BAB berlangsung menyebabkan terjadinya iritasi serta menimbulkan pendarahan yang ikut keluar bersama BAB.

Para penderita penyakit wasir di anjurkan memakan buah-buahan seperti pepaya agar mempermudah proses buang air besarnya, atau jika terlaru parah bisa minum obat dan minta saran dari dokter.

A. Gejala Wasir

Tanda-tanda seseorang terkena wasir bisa dilihat dari gejala-gejala berikut:

  • Ketika selesai BAB muncul rasa gatal dan pedih di bagian anus.
  • Ketika BAB feses sangat sulit dikeluarkan dan ketika keluar terdapat darah yang ikut menempel pada feses.
  • Terdapat luka pada dinding anus serta terjadi peradangan di bagian luar anus.
  • Terjadi pembemkakan pada anus dan ketika di sentuh terasa sangat sakit.
  • Muncul benjolan yang terasa sangant mengganjal yang menyebabkan rasa sakit ketika melakukan duduk atau jongkok.

B. Komplikasi Wasir

Terjadinya pendarahan ketika BAB disebabkan karena terjadi gesekan wasir di anus yang kendur, Anus tidak memiliki otot yang cukup kuat untuk melakukan pengejangan, akhirnya terjadilah pendarahan, terjadinya pendarahan yang bersamaan dengan keluarnya feses daari anus dapat mengakibatkan beberapa komplikasi yang cukup serius, diantaranya sebagai berikut.

Anemia

Jika pendarahan terlalu sering terjadi ketika melakukan BAB, kemungkinan besar akan memicu munculnya penyakit anemia, hal tersebut karena terjadinya pendarahan yang berlebihan bisa menyebabkan tubuh kekurangan sel darah merah sehingga menyebabkan terjadinya anemia yang ditandai dengan rasa lemas dan lesu.

Stangulasi Hemeroid

hal ini terjadi ketika sel darah merah yang menuju ke anus mengalami penyumbatan atau bisa dibilang berhenti secara mendadak, ini dikarenakan karena terjadinya penyumbatan, setelah terjadi penyumbatan tersebut berikutnya akan terasa sakit yang luar biasa dan dapat menyebabkan kematian mendadak.

Kanker Kolorektal

Terjadinya pendarahan ketika melakukan buang air besar bisa saja disebabkan karena adanya kanker kolekteral dan kanker kolektrum, hal ini merupakan komplikasi wasir paling serius, jika sudah terjadi segeralah berobat ke rumah sakit untuk menangani.

2. Fissura Ani

Penyebab BAB Berdarah dan Cara Mengobatinya
https://upload.wikimedia.org

Penyebab terjadinya robekan dan sayatan pada sisi anus disebabkan karena Fissura ani, sehingga ketika feses keluar dari anus darah segar akan ikut keluar karena terjadinya luka dan sayatan pada sisi anus yang disebabkan oleh Fissura Ani.

3. Peradangan di Tukak Lambung

Penyebab BAB Berdarah dan Cara Mengobatinya
http://2.bp.blogspot.com

 

Penyebab terjadinya iritasi dan peradangan pada permukaan lambung dikarenakan adanya infeksi virus dan bakteri sehingga menyebabkan terjadinya wasir, penyakit ini akan semakin parah jika memakan obat anti infalasi, contohnya seperti aspirin dan ibuprofen yang menyababkan terjadinya pendarahan.

Meskipun tidak dalam mengejan ketika BAB darah segar akan tetap mengalir, hal ini dikarenakan terjadinya peradangan pada tukak lambung, tukak lambung akan semakin besar ketika terkontaminasi dengan zat-zat kimia yang terdapat di dalaam obat anti inflamasi, semakin besar maka darah yang mengalir akan semakin banyak, oleh karena itu jagalah selalu kesehatan tubuh anda bagi yang belum mengidap penyakit ini.

4. Terjadi Kolitis

Penyebab BAB Berdarah dan Cara Mengobatinya
https://1.bp.blogspot.com

Kolitis atau bisa disebut peradangan berat yang terjadi pada usus besar, peradangan ini dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan yang menyebabkan pembuluh darah menjadi sangat sensitif untuk pecah, sehingga menyebabkaan keluarnya darah dari anus.

5. Divertikular

Penyebab BAB Berdarah dan Cara Mengobatinya
http://3.bp.blogspot.com

Divertikuler merupakan kantung kecil yang berfungsiuntuk membangun dan menyusun pertahanan pertahanan pada dinding usus besar, jika dinding usus terluka kemungkinan besar divertikuler sudah rusak sehingga tidak mampu mempertahankan pembangunan dinding usus besar akibatnya terjadilah pendarahan.

Cara Mengobati BAB Berdarah Secara Alami

Penyebab BAB Berdarah dan Cara Mengobatinya
http://revolutionhealthaz.com

Cegahlah terjadinya BAB berdarah dengan mengatur pola makan dan sebagainya, jika sudah terjadi akan menjadi masalah berat bahkan bisa menyebabkan terjadinya kematian, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya pendarahan ketika melakukan buang air besar.

Mengkonsumsi Pisang Batu dan Daun Jambu Biji

Selain di gunakan sebagai obat untuk menghilangkan rasa sakit perut daun jambu biji juga bisa dikonsumsi untuk menghilangkan wasir, namun agar hasilnya lebih lengkap perlu ditambah dengan pisang batu, berikut cara membuatnya:

  • Ambil satu buah pisang batu bersamaan dengan kulitnya.
  • Sediakan beberapa daun jambu biji muda.
  • Hancurkan dan haluskan pisang beserta kulitnya begitu juga dengan jambu biji, keduanya di satukan dan gunakan blender untuk menghaluskannya.
  • Setelah halus secara merata gunakan sapu tangan bersih untuk memeras air sarinya.
  • Setelah selesai di peras dan terkumpul anda bisa meminumnya sehari atau dua kali supaya pendarahan ketika BAB tidak terjadi lagi.

Daun Kangkung

Cara Pembuatan obatnya sebagai berikut:

  • Sediakan daun kangkung beberapa lembar atau sesuai kebutuhan.
  • Bersihkan atau cuci dengan air bersih lalu masukkan ke blender agar halus.
  • Setelah halus aduklah beberapa saat supaya tercampur dengan merata.
  • Setelah itu anda bisa meminumnya secara teratur sekali sehari, minumlah hingga pendarahan hilang.
  • Kandungan yang terdapat pada daun kangkung dapat menghentikan serta memperbaiki dinding anus yang rusak.

Pisang Ambon

Pisang sangat banyak manfaatnya salah satunya adalah pisang ambon yang mampu mengobati wasir, cara ini sangat ampuh dan sudah banyak orang yang mencobanya, ditambah pisang ambon ini mampu menghilangkan rasa susah buang air besar, akan lebih baik lagi jika pisang ambon di barengi dengan susu saat mengkonsumsinya.

Berikut cara membuat obat wasir dari pisang ambon:

  • Sediakan satu pisang ambon yang sudah matang dengan kulit yang sudah di kupas.
  • Setelah itu hancurkan hingga halus.
  • lalu campurkan dengan air susu sapi murni, yaitu air susu tanpa gula dan bahan pengawet lainnya.
  • Setelah selesai di haluskan dan dicampurkan dengan susu murni, masukkan campuran tersebut ke dalam blender untuk lebih meresap campurannya.
  • Setelah di blender anda bisa meminumnya tiap hari sekali, lakukan hingga tidak lagi terjadi pendarahan ketika BAB.