penyebab gusi bengkak

Penyebab Gusi Bengkak dan Berdarah Pada Anak

PENYEBAB GUSI BENGKAK – Tanda-tanda umum yang terdapat pada penderita penyakit gusi adalah,  gusi yang berwarna merah bengkak, iritasi, dan berdarah ketika anda menggosok gigi.

Gusi berubah dari warna merah muda menjadi teriritasi, merah dan bengkak karena meningkatnya jumlah plak yang ada pada gigi pertanda bahwa adanya respon peradangan tubuh. Gusi yang meradang akan mudah berdarah saat anda menggosok gigi atau flossing.

Faktor Penyebab Gusi Bengkak

penyebab gusi bengkak
mencegahpenyakit.com

Penyebab yang paling umum dari gangguan gusi adalah, rutinitas perawatan pada mulut yang tidak konsisten. Cara menggosok gigi yang tidak benar juga bisa memperburuk kesehatan mulut.

Tidak teratur atau salah dalam menggosok gigi membuat makanan dan bakteri membekas di sela-sela gusi dan gigi yang kemudian menciptakan rumah bagi bakteri untuk berkembang biak dan menjadi plak gigi.

Apabila tidak di bersihkan secara teratur dan baik maka penumpukan plak akan semakin bertambah di sepanjang gusi dan bisa mengeras menjadi tartar yang hanya bisa dibersihkan dengan menggunakan peralatan medis.

Penting untuk anda ketahui bahwa terdapat jeda waktu saat gusi mulai berdarah dan meradang. Anda masih bisa mengobati infeksi bakteri yang sedang dalam masa pertumbuhan cukup dengan meningkatkan kesehatan mulut.

Gingvitas

Gingivitis atau radang gusi merupakan penyebab paling sering terjadinya gusi bengkak. Gingivitis merupakan penyakit gusi yang menyebabkan gusi menjadi iritasi dan kemudian bengkak.

Kehamilan

Gusi bengkak juga bisa terjadi selama kehamilan. Hormon tubuh selama kehamilan dapat meningkatkan aliran darah di gusi. Peningkatan aliran darah tersebut dapat menyebabkan gusi menjadi lebih mudah teriritasi yang kemudian menjadikan gusi bengkak.

Perubahan hormon tersebut juga bisa menghambat kemampuan tubuh untuk melawan bakteri yang terdapat pada gusi.

Malnutrisi

Penyebab gusi bengkak selanjutnya yaitu kurangnya vitamin, terutama vitamin C dan B. Vitamin C berperan sangat penting dalam proses pemeliharaan dan perbaikan gusi dan gigi. Apabila kadar dalam vitamin C turun terlalu rendah, anda dapat mengembangkan penyakit scurvy. Nah penyakit tersebut dapat menyebabkan penyakit gusi dan anemia.

Pemakaian Gigi Palsu

Menggunakan gigi palsu yang tidak pas itu dapat menyebabkan gusi membengkak, karena ukuran gigi palsu yang tidak sesuai dengan aslinya akan mengakibatkan gesekan-gesekan pada gusi saat anda makan ataupun saat berbicara.

Gusi yang Sensitif

Gusi yang sensitif ini bisa disebabkan oleh penggunaan obat kumur seperti, pasta gigi ataupun obat-obatan lainnya yang dikonsumsi sehingga menjadikan gusi anda bengkak. Untuk hal ini hendaknya anda lebih hati-hati demi kenyamanan sendiri.

Kurang Gizi

Kurang gizi akan menyebabkan gusi membengkak, karena daya tahan tubuh bisa menurun jika kurang makan atau kurang gizi.

Adanya Plak

Cara mengatasi plak ini dengan cara menggosok gigi secara rutin dan baik. Plak ini sangat susah dibersihkan karena mempunyai tekstur yang sangat keras layaknya batu.

Gusi yang membengkak akan menyebabkan bagian gusi menonjol dan terasa perih. Ada banyak sekali efek negatif yang ditimbulkan dari pembengkakan gusi ini di antaranya, sulit untuk berbicara, makan, sakit, dan lain sebagainya.

Ciri-ciri Gusi Bengkak

penyebab gusi bengkak
dhoran.com
  • Mudahterserang flu.
  • Bau mulut menyengat.
  • Sakit pada daerah rahang
  • Produksi air liur berkurang.
  • Bawah telinga terasa nyeri.
  • Rongga mulut terasa kering.
  • Mundah terjadi pendarahan dan luka.
  • Tubuh terasa lemas dan sering haus.
  • Salah satu pipi mengalami pembesaran.
  • Akar gigi menurun sehingga mudah goyah.
  • Warna gusi lebih merah dari pada sebelumnya.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak

penyebab gusi bengkak
mencegahpenyakit.com

Gusi yang membengkak memang terasa tidak nyaman sekali, karena akan timbul rasa sakit dan berujung pada pendarahan. Penyakit gusi yang tidak terlalu parah biasanya bisa sembuh dengan sendirinya tanpa harus melalui proses pengobatan khusus.

Akan tetapi jika tidak tahan dengan rasa sakitnya, anda bisa mencoba beberapa pola di bawah ini.

  • Menyikat gigi flossing secara lembut, sehingga tidak terjadi iritasi pada gusi.
  • Berkumur dengan larutan air asin, hal itu bertujuan untuk membersihkan gusi, gigi, beserta rongga mulut dari bakteri.
  • Minum banyak air guna membantu menyram mulut dari bakter. Air juga akan membantu merangsag produksi liur yang berfungsi membunuh bakteri penyebab gusi membengkak.
  • Menempatkan kompres hangat di wajah atau pada pipi yang bengkak agar rasa sakit berkurang.
  • Jauhi rokok, alkohol, dan sejenisnya. Kesehatan gusi dan gigi akan terjaga dengan baik jika anda tidak merokok dan tidak mengkonsumsi minuman ber-alkohol, dengan menghindari hal tersebut makan gusi bengkak akan cepat teratasi.
  • Hindari makanan manis karena, makanan yang manis dapat meningkatkan rasa sakit pada gusi. Hindarilah makanan manis sebelum gusi bengkak membaik dan hindarilah makanan yang terlalu manis.
  • Makanlah banyak sayur dan buah, tidak harus dengan penanganan yang khusus karena cara mengatasi gusi bengkak bisa dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur, makan buah dan sayur akan memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh sehingga daya tahan tubuh meningkat dan mempercepat proses penyembuhannya.
  • Membersihkan gigi dengan baik, bersihkan gigi secara teratur agar karang gigi atau plak yang menumpuk pada gigi rontok. Tidak hanya gosok gigi tetapi juga menggunakan benang gigi.

Leave a Comment