perkembangan bayi 3 bulan, 4 bulan, 5 bulan

Proses Perkembangan Bayi 3 Bulan, 4 Bulan, 5 Bulan [LENGKAP]

PERKEMBANGAN BAYI – Adalah masa-masa yang sangat penting dalam tumbuh perkembangannya, dimana sang bayi ini akan mulai mengetahui mengenal, atau menjelajahi pada lingkungan sekitarnya.

Dimana perkembangan sang bayi ini akan menjumpai pertumbuhan dan perkembangan yang sangat cepat sekali.

Sebelumnya dimulai penjelasannya, saya ada pertanyaan nih buat kalian, diantara kalian apakah sudah ada yang mengetahui tentang perkembangan bayi 3 bulan, 4 bulan, 5 bulan dan seterusnya?

SPONSORED: Cara Memperbanyak Produksi ASI

Jika diantara kalian belum ada yang mengetahui, maka sangat cocok sekali nih artikel tentang penjelasan perkembangan bayi ini di buat, maka dari itu pada kesempatan kali ini sehat afiat akan membahas tentang perkembangan bayi, yang mana pembahasan ini sangat penting sekali bagi semua manusia.

Langsung saja kita mulai kepada inti pembahasan yang akan di uraikan pada tulisan dibawah ini.

Tahap Perkembangan Bayi

perkembangan bayi 3 bulan, 4 bulan, 5bulan
gupak.com

Sebagai orangtua, tentunya kalian akan sering menanyakan tentang perkembangan bayi kalian selanjutnya akan bagaimana dan apakah perkembangan pada bayi itu akan sesuai dengan target yang telah ditargetkan.

Tapi, kalian tak perlu terlalu khawatir akan perkembangan pada bayi kalian, mengapa? Karena pada setiap bayi ini tidak semuanya sama dalam proses perkembangan atau pertumbuhannya.

Ada sang bayi yang telah bisa mengucapkan kata-kata pertamanya itu ketika sang bayi menginjak 8 bulan, ada juga yang baru bisa memulai berbicara ketika usia sang bayi itu sudah menginjak 1 tahun bahkan lebih dari usia 1 tahun.

Maka dari itu perkembangan sang bayi ini memiliki variasi-variasi perkembangan yang berbeda-beda.

Perkembangan Bayi 3 Bulan

perkembangan bayi 3 bulan, 4 bulan, 5 bulan
bimbi1404.wordpress.com

Bayi di umur atau usia 3 bulan sudah bisa mulai aktif dan mulai belajar tentang banyak hal yang ada pada sekitarnya, contoh kecil misalkan seperti belajar mengenali wajah ayah dan bundanya, dan contoh-contoh lain sebagainya.

Perkembangan sang bayi di usia 3 bulan ini sangat cepat sekali dan si bayi ini sudah dapat menelaah benda-benda yang ada pada sekitarnya dan mulai memegang benda-benda tersebut.

Ketika pada perkembangan bayi 3 bulan, sang bayi ini telah menyadari akan gerakan-gerakannya dan gerak reflek dari sang bayi sendiri.

Ketika pada perkembangan 3 bulan, sang bayi ini sudah dapat menggerakan salah satu anggota tubuhnya seperti menggerakan kedua tangannya untuk meraba-raba dan memegang benda-benda yang ada di sekitar si bayi tersebut, dan perkembangan pada jarinya juga sangat cepat sekali.

Di usia yang ke 3 bulan, sang bayi ini sudah dapat melambaikan tangan, dan menggerakan kaki meskipun gerakan-gerakan dan lambayan tangan tersebut tidak ter-arah.

Di usia 3 bulan, sang bayi pun akan lebih menyadari akan keadaan di sekitarnya, dan sang bayi ini sudah mempunyai jadwal tidur yang teratur, makan dan bermain, sehingga ada kemungkinan bagi orang tua dapat beristirahat lebih lama lagi.

Bayi yang berusia 3 bulan sudah memiliki tubuh yang lumayan cukup kuat untuk menahan dada, kepala, dan tangannya ketika sedang di tengkurepkan di atas kasur.

Ketika seusia 3 bulan, sang bayi sudah mulai bisa menjulurkan kedua kakinya dan kedua kakinya tersebut sudah mulai bisa menendang-nendang.

Ketika bayi sudah masuk perkembangan yang ke 3 bulan, maka sang bayi tersebut memerlukan yang namanya pengawasan lebih ketat lagi, karena pada usia 3 bulan itu sang bayi sudah mulai memasuki fase-fase oral, yang mana fase-fase oral ini memasukan benda-benda yang telah dipegangnya kedalam mulutnya.

Sangat berbahaya bukan? Maka dari itu kita sebagai orang tua harus lebih teliti lagi dalam merawat dan mengawasi bayi.

Perkembangan Bayi 4 Bulan

perkembangan bayi 3 bulan, 4 bulan, 5 bulan
solusisehatku.com

Ketika sang bayi sudah memasuki usia 4 bulan, bayi ini sudah dapat tengkurep dan berguling-guling, berpegang tangan, sehingga sang bayi ini bisa memperkuat lagi otot-otot pada lengannya.

Jika si bayi dibaringkan diatas pertunya, maka dia akan mengankat kepada dan bahunya dengan menggunakan kedua tangannya untuk menyangga dan menahan.

Perkembangan bayi 4 bulan ini akan semakin cepat lagi, dalam usia 4 bulan ini sang bayi sudah dapat memutar-mutar badannya dan berguling-guling semau dia.

Kita sebagai orang tua harus bisa memberinya rangsangan supaya sang bayi ini akan terus bergerak dengan mengeksplorasikan gerakan-gerakannya dengan memberikannya mainan-mainan yang menurutnya sangat menarik.

Setelah memberikan mainan kepada sang bayi, maka cobalah untuk menggerak-gerakan mainan tersebut supaya bergerak dan menghasilkan sebuah bunyi, dari situ maka sang bayi ini akan bergerak menuju arah mainan tersebut dan sang bayi ini akan berusaha untuk menggapainya.

Di usia bayi yang 4 bulan ini sudah mulai melatih gerak-gerak pada anggota tubuhnya seperti tangan dan kaki.

Perkembangan bayi di usia 4 bulan ini dapat lihat dari kegemaran sang bayi dalam memegang benda-benda tersebut meskipun terkadang benda tersebut suka terlepas dari genggaman sang bayi karena tang sang bayi yang masih mungil ini belum cukup kuat untuk memegang benda dengan erat.

Ketika sang bayi sudah memasuki usia ke 4 bulan, keadaan perut sang bayi itu sudah mulai normalm don seluruh organ-organ didalamnya pun bisa bekerja dengan normal.

Pertumbuhan dalam tubuh bayi ini sudah berjalan dengan sempurna, sehingga sang ibu sudah mulai bisa memberi jadwal makan kepada sang bayi, di usia 4 bulan ini sang ibu bisa memberi asi dan makan kepada sang bayi ini sebanyak empat atau lima kali dalam sehari.

Perkembangan Bayi 5 Bulan

perkembangan bayi 3 bulan, 4 bulan, 5 bulan
solusisehatku.com

Pada umumnya ketika bayi sudah berusia 5 bulan, maka sang bayi ini dapat melakukan aktivitas-aktivitas lain, yang tadinya hanya bisa tengkurap di kasur saja, namun akan nampak berbeda ketika sang bayi sudah masuk ke usia 5 bulan, ketika usia 5 bulan sang bayi ini akan mencoba untuk duduk.

Di usia 5 bulan ini, sang bayi akan memiliki kemampuan-kemampuan lebih daripada kemampuan pada biasanya, berikut ini kemampuan-kemampuan yang di miliki sang bayi ketika berusia 5 bulan.

1. Kemampuan Berbicara

Di usia bulan ini, sang bayi bisa memperhatikan orang tuanya ketika sedang orang tuanya berbicara, ocehan-ocehan dari si bayi tersebut akan lebih sering dan lebih beragam dari biasanya, di usia 5 bulan ini pada umumnya sudah bisa mengatakan beberapa kata, misalkan seperti “bu”,”Pa”,”hm” dan lain sebagainya.

Setiap bayi memang berbeda-beda, di usia 5 bulan ini ada yang bisa mengucapkan sepatah kata ada yang belum bisa mengucapkan sepatah kata tersebut, tapi kebanyakan dari bayi-bayi biasanya ketika si bayi sudah memasuki usia 5 bulan, maka si bayi tersebut bisa mengucapkan beberapa patah kata dan menggabungkan satu patah kata dengan sepatah kata-kata lainnya.

Walaupun kata-kata yang diucapkan oleh sang bayi ini belum dituju kepada orang tuanya, tetapi kalian sebagai orang tuanya jangan sampai khawatir, karena satu bulan atau dua bulan lagi bayi kalian itu akan memanggil kalian dengan panggilan yang kerap kalian sebut-sebut.

2. Kemampuan Sosial

Seorang bayi yang sudah memasuki usia 5 bulan, maka dia akan menyadari apabila kalian sebagai orangtuanya sedang memanggil-manggil namanya atau sedang membicarakan dirinya. Sang bayi akan melirik atau menoleh kearah kalian.

Selain dari itu, biasanya si bayi tersebut sudah bisa lebih berhubungan dengan lingkungan sekitarnya, dibawah ini akan ada contoh tentang interaksi dan perbuatan sang bayi:

  • Sang bayi sudah bisa mengangkat kedua tangannya yang melambangkan bahwa sang bayi ini minta di gendong atau di peluk.
  • Selain dari menganis, tertawa, dan tersenyum, bayi yang berusia 5 bulan ini sudah bisa menirukan suara-suara dengan berbagai nada yang berbeda, dan nada tersebut sesuai dengan respon terhadap kondisi hatinya, misalkan seperti rasa senang atau gembira, kecewa, puas, atau sedih.
  • Si bayi sudah bisa memberikan ciuman atau pelukan kepada seseorang yang sering bermain dengan dia atau orang yang sudah ia kenal.
  • Si bayi juga akan tertawa apabila dia melihat expresi-expresi yang lucu dan membuat dia ketawa.
  • Usia bayi yang 5 bulan ini sudah bisa mengenal dengan orang-orang terdekat-nya, bisa jadi sang bayi ini bisa menangis apabila dia berada diantara orang-orang yang tak ia kenal sama sekali.
  • Di usia 5 bulan ini sang bayi sangat senang sekali apabila dia diajak bercanda, bermain, bicara dan lain sebagainya.

Walaupun demikian, bukan berarti kalian sebagai orang tuanya tak bisa membawa sang bayi ketempat yang ramai dan penuh orang-orang baru, tetapi si dede bayi ini memerlukan kesabaran untuk belajar tentang mengenali lingkungan sekitarnya dan mengenali orang-orang yang baru.

Demikianlah ulasan tentang perkembangan bayi lengkap dengan penjelasannya, yang mana pembahasan tentang perkembangan bayi ini sangat penting sekali, mudah-mudahan setelah kalian membaca isi artikel ini bisa menambah manfaat ketika kalian sedang mengurus atau merawat perkembangan sang bayi.

Apabila ada kesalahan-kesalahan kata dalam pembahasan-nya, saya pribadi mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Leave a Comment