pohon bidara sidr

Pohon Bidara yang Dianjurkan Untuk Pengobatan

Pohon bidara di Indonesia mungkin sudah jarang ditemukan. Sehingga keberadaannya pun banyak orang yang tidak mengetahuinya atau susah untuk mencari pohon bidara.

Daunnya berwarna hijau dan di bagian batang ada durinya sedangkan buah yang dihasilkan pohon bidara kira-kira berukuran seperti bola pingpong.

Namun ada kekurangan dari buah bidara ini yaitu dari rasanya tidak enak untuk di makan, karena faktor inilah banyak orang yang tidak tertarik untuk menanam di halaman rumahnya.

Pohon bidara bisa tumbuh setinggi sekitar 15 meter dan termasuk golongan tumbuhan perdu.

Percabangan pohonnya menyebar ke segala arah, daun-daun yang berwarna hijau dengan penumpu di bagian daun yang tumbuh diantara duri-duri yang memanjang dan menjuntai.

Menurut cerita dari masyarakat bahwa daun-daun muda bidara bisa dimakan untuk sayuran.

Masyarakat meyakini daun bidara berfungsi sebagai pembersih karena daun bidara bisa mengeluarkan busa seperti sabun jika kita meremas-remasnya.

Manfaat Daun Bidara yang Digunakan Untuk Pengobatan

pohon bidara daunnya yang bermanfaat
masfikr.com

Dalam bahasa arab bidara artinya sidr, pada beberapa surah dalam al-quran termasuk salah satu pohon yang sering di sebut. Sangat dianjurkan dalam beberapa prosesi ibadah untuk digunakan. Nah inilah manfaat daun bidara diantaranya:

  • Digunakan untuk mengobati penyakit akibat bakteri ataupun virus seperti pilek, influenza, flu babi ,flu burung dan bahkan hiv/aids karena daun bidara mengandung senyawa antibacterial.
  • Digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh kita dari berbagai macam penyakit karena daun bidara mengandung senyawa antioksidan.
  • Digunakan untuk mengobati penyakit lambung antara lain tukak lambung, maag bahkan kanker lambung.
  • Digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit kardiovaskuler yang sangat berbahaya.
  • Digunakan untuk mengobati penyakit diabetes mellitus diabetes gestasional karena daun bidara mengandung gilkemik yang sangat rendah.
  • Digunakan untuk mengobati masalah mulut seperti sariawan bibir pecah pecah dan gusi berdarah.
  • Digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit pertumbuhan jaringan abnormal seperti kanker, tumor dan kista.
  • Digunakan untuk mengobati luka baik luka baru ataupun sudah lama karena daun bidara mengandung antiseptic.
  • Digunakan untuk memperbaiki sel-sel organ yang mengalami kerusakan sehingga organ tersebut dapat bekerja secara maksimal.
  • Digunakan untuk mengatasi masalah kewanitaan seperti keputihan, haid tidak normal daun yang di gunakan daun bidara yang masih muda.
  • Digunakan untuk menguatkan dan merawat kesehatan tulang dan gigi karena daun bidara mengandung mineral kalsium yang sangat tinggi.
  • Digunakan untuk mengobati demam panas ataupun dingin baik digunakan untuk dewasa atau anak-anak.
  • Digunakan untuk mengatasi peradangan pada area kulit atau organ dalam tubuh.
  • Digunakan untuk mengatasi bisul dan ambeien pada dubur.
  • Digunakan untuk mengatasi ejakulasi dan lemah syahwat.

Dalam lingkungan baik kering ataupun basah pohon bidara termasuk golongan tumbuhan yang mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Jika pohon bidara ditanam dalam lingkungan yang panas, kaya matahari dan cukup kering kualitasnya malah paling baik.

Namun sebaliknya untuk menumbuhkan, ranting daun dan bunga harus memenuhi sarana yang memadai untuk mempertahankan kelembaban tanah selama mematangkan buah pada musim hujan.

pohon bidara buahnya pahit
pandanlor-kecklirong.kebumenkab.go.id

Pada wilayah dengan curah hujan 300-500 mm per tahun pohon bidara bisa berkembang luas.

Biasanya bibit-bibit bidara yang unggul yaitu berupa okulasi dengan batang bawah yang berasal dari bidara atau orang biasa menyebutnya bidara berduri.

Karena lingkungan di Indonesia memang sudah bisa beradaptasi. Sehingga dapat tahan terhadap serangan hama yang berasal dalam tanah dan akar pun menjadi kuat dan kokoh.

Walaupun pada dasarnya tanaman ini tidak terlalu banyak diserang hama, yang perlu diwaspadai hanya lalat buah karena membuat bagian dalam buah yang sudah matang bisa membusuk.

Sangat sederhana untuk cara mengatasinya, yaitu kebersihan lingkungan kebun dijaga, pasang eugenol untuk menangkap lalat buah atau yang paling mudah untuk dilakukan yaitu bakal buah dibungkus.

1 thought on “Pohon Bidara yang Dianjurkan Untuk Pengobatan

  1. Sepertinya saya belum pernah melihat pohon bidara ya, hanya sering mendengar dari kecil. Ternyata banyak sekali manfaatnya.

Leave a Comment