Polisitemia Vera, Gejala dan Cara Mengobatinya

Polisitemia Vera, Apa itu?

polisitemia apa itu?

Polisitemia vera adalah penyakit kelebihan darah yang terjadi pada sumsum tulang.

Hal ini dapat terjadi karena sel sel pada sumsum tulang mengalami mutasi yang mengakibatkan produksi sel darah merah yang berlebihan.

Produksi darah berlebihan kadang tidak hanya terjadi pada sel darah merah, tapi juga pada keping darah (trombosit) dan sel darah putih (leukosit).

Sel darah merah yang bertugas untuk menyuplai oksigen ke bagian sel lain dalam tubuh.

Sel darah putih bertugas untuk menghalau dan mematikan virus virus dan bakteri, sedangkan trombosit terlibat dalam proses pembekuan darah. Semua sel sel ini di produksi di sumsum tulang.

Produksi sel sel darah tentu sangat dibutuhkan dalam tubuh, mengacu pada pentingnya peran peran sel tersebut pada tubuh. Namun, produksi yang berlebihan/tidak normal dapat menyebabkan gangguan yang sangat serius pada tubuh.

Sel sel darah merah yang berlebihan akan menyebabkan darah terlalu kental. Hal ini tentu mengganggu proses distribusi darah ke organ lain.

Begitupun ketika sel darah putih (leukosit) dan keping darah (trombosit) mengalami produksi yang berlebihan. Ketika sel darah putih diproduksi secara berlebih, maka akan rentan terjadi kanibalisme terhadap sel lain atau dalam kejadian ekstrimnya penyakit leukemia.

Dalam beberapa kejadian komplikasi organ dapat terjadi ketika Polisitemia vera tidak ditangani dengan baik.

Polisitemia vera termasuk penyakit langka, yang ditemukan pada sedikit dari keseluruhan populasi manusia di bumi. Polisitemia vera ditemukan lebih banyak pada laki-laki dibanding perempuan.

Semakin tua seseorang juga semakin meningkatkan terkena penyakit ini.

Gejala Polisitemia Vera

indikasi polisitemia
https://hellosehat.com

Seseorang yang menderita polisitemia vera, biasanya tidak mengalami gejala-gejala apapun, bahkan ketika penyakit sudah berusia bertahun-tahun. Penyakit ini bias diketahui melalui pemeriksaan pada dokter.

Namun, gejala/indikasi umum memang seringkali menyertai ketika seseorang menderita polisitemia vera, tapi tidak berarti seseorang mengalami penyakit ini ketika terkena indikasi-indikas tersebut.

Indikasi-indikasi yang biasa menyertai penderita polisitemia vera adalah:

  • Penglihatan yang kabur
  • Kulit menghasilkan keringat yang berlebih
  • Kulit terasa gatal sehabis mandi air hangat
  • Kesulitan bernafas
  • Sakit kepala dan pusing
  • Anemia
  • Kaki bengkak (gejala penyakit gout)

Seseorang yang menderita polisitemia vera biasanya juga merasakan rasa tidak nyaman pada perut kanan. Hal ini dikarenakan pembesaran limpa menyebabkan produksi sel sel yang berlebih.

Sebagian besar orang yang terkena polisitemia vera, limpanya juga akan mengalami pembengkakan.

Ketika mengalami gejala diatas, sebaiknya sefera periksakan diri anda. Hal ini dapat mencegah seseorang terkena komplikasi yang lebih parah lagi, seperti stroke, penyakit hati, atau serangan jantung.

Pengobatan, dan Apa yang Seharusnya Anda lakukan

operasi polisitemia

Sampai saat ini, belum ada obat yang dapat menyebuhkan polisitemia vera. Pengobatan yang dijalani oleh pasien bertujuan untuk mengurangi efek, menurunkan kadar produksi sel darah yang berlebihan, serta menghindari komplikasi.

Namun, penanganan yang benar dapat membuat seorang penderita meningkatkan kualitas hidupnya dan menjadi lebih sehat.

Adapun tindakan medis yang dilakukan oleh dokter adalah:

Mengeluarkan Darah

Proses dari mengeluarkan darah sama dengan prosedur umum yang dilakukan untuk mendonorkan darah. Mengeluarkan darah pada penderita penyakit ini adalah hal umum yang akan dilakukan oleh dokter.

Menurunkan kadar sel darah menggunakan obat

Obat yang biasa digunakan dokter untuk menurunkan kadar sel dalam darah adalah interferon dan hydroxycarbamide. Aspirin dalam dosis rendah biasanya juga digunakan oleh dokter untuk mengatasi proses pembekuan darah yang tidak normal.

 Operasi

Operasi dilakukan untuk mengobati pembesaran limpa yang dipengaruhi.

Hal lain yang bias anda lakukan, ketika proses pengobatan sedang berlangsung adalah:

Menerapkan pola makan sehat, sesuai anjuran dokter.

Berdo’a dan tetap tenang juga sangat penting, mengingat segala sesuatu terjadi karena kehendak yang berkuasa, begitupun penyakit, yang dating atas kuasa dan izinnya.

Oleh karena itu, tetap tenang, tawakal, dan disertai do’a dan usaha maksimal sangat berpengaruh terhadap kesembuhan sesoerang, bukan hanya untuk penderita penyakit ini saja.

Baca juga, artikel tentang Lotus Birth, cara melahirkan yang lagi trend

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Comment