Cara Ampuh Mengatasi Punggung Sakit dengan Mudah

Punggung sakit adalah nyeri atau kaku di sepanjang tulang belakang dari dasar leher hingga ke tulang ekor punggung yang sering dirasakan oleh penderitanya.

Penyebab faktor punggung sakit diakibatkan oleh postur tubuh yang tidak ideal saat membungkuk, berdiri, dan duduk. Selain itu juga bisa disebabkan oleh efek mengangkat benda yang terlalu berat dengan posisi yang salah.

Umumnya kondisi ini bukan hal yang serius dan bisa disembuhkan dengan mengonsumsi obat pereda rasa sakit dan melakukan banyak gerakan aktif.

Punggung sakit ketika bekerja
health.detik.com

Namun kondisi ini juga bisa sangat menggangu karena dapat menyiksa dan menimbulkan sakit yang tak tertahankan sehingga menghambat kegiatan sehari-hari.

Kasus Punggung Sakit di Indonesia

Penyakit ini merupakan kondisi yang sangat umum terjadi khususnya untuk golongan lanjut usia karena efek dari penuaan. Menurut data Community Oriented Program for Control of Rheumatic Disease (COPORD) adalah wanita 13.6 % dan laki-laki 18,2%.

Ditemukan punggung sakit dari berbagai gejala berdasarkan kunjungan pasien ke beberapa rumah sakit di Indonesia berkisar antara 3-17 %. Sedangkan sakit akibat kerja dari data National Safety Council menunjukkan total 1.700.000, kira-kira 22% menderita punggung sakit.

Mengenali Punggung Sakit

Umumnya yang sering terjadi yaitu sakit punggung di bagian bawah. Kasus punggung sakit bagian bawah menurut sebuah penelitian bahwa banyak terjadi pada wanita dan mereka yang berumur 40-80 tahun. Namun punggung sakit juga dapat dirasakan pada sepanjang tulang belakang dari leher hingga panggul.

mengenali punggung sakit
hellosehat.com

Ada beberapa jenis punggung sakit berdasarkan penyebab dan lokasi nyerinya diantaranya:

  • Frozen shoulder adalah munculnya sakit pada leher, kaku pada leher dan terbatasanya gerakan pada gerakan sendi bahu.
  • ┬áSkiatika adalah gangguan salah satu saraf pada tulang belakang.
  • Whiplash adalah cedera leher yang terjadi karena secara tiba-tiba kepala bergerang dari belakang langsung kedepan.
  • Ankylosing spondylitis adalah suatu bentuk peradangan kronis pada tulang belakang atau lebih tepatnya di area pertemuan antara pelvis dan tulang belakang.
  • Slipped disc adalah piringan sendi posisi di dalam tulang mengalami pergeseran yang terjadi akibat setelah trauma pada piringan sendi yang merosot dan pecah.
  • Arthritis adalah peradangan di kedua atau salah satu sendi , di kedua atau salah satu lutut, di kedua atau salah satu pergelangan tangan dan di bagian punggung.

Mengatasi Punggung Sakit

Ada berbagai cara mengatasi yang mudah untuk dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri dan nyeri tidak berkepanjangan diantaranya:

Melakukan Banyak Gerakan

Meringankan punggung sakit dengan melakukan istirahat sebelumnya merupakan cara yang paling tepat. Namun sekarang di percaya bahwa tubuh yang tidak melakukan banyak gerakan dalam waktu yang lama justru berdampak buruk bagi punggung. Solusi yang tepat adalah melakukan olahraga secara rutin.

Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri

Anda bisa mengonsomsi obat-obatan pereda nyeri seperti paracetamol dan ibuprofen ketika nyeri anda tidak tertahankan dan makin terasa nyeri.

Mengurangi Stres dan Berpikir Positif

Mengurangi ketegangan otot dengan cara relaksasi bisa membantu mengurangi rasa nyeri yang diderita. Selalu berpikir positif bagi penderita terbukti lebih cepat sembuh dibandingkan dari yang selalu cemas akan penyakitnya yang tak kunjung sembuh.

Melakukan Terapi

Meredakan nyeri bisa dilakukan dengan cara mengompres punggung yang nyeri bisa membantu mengurangi nyeri. Terapi ini bisa dilakukan dirumah dengan manual atau jika anda ingin melakukan terapi di klinik atau rumah sakit seperti fisioterapi itu malah lebih bagus.

Terapi akupuntur dilakukan untuk punggung sakit yang sudah kronis. Jika cara diatas masih belum berhasil disarankan untuk melakukan operasi tulang belakang. Namum operasi tulang belakang ini jarang ditemukan.