Radang Tenggorokan Pada Anak, Gejala dan Cara Mengobatinya

Radang tenggorokan pada anak terjadi ketika kondisi tubuh anak-anak yang rentan penyakit dikarenakan imun/kekebalan tubuh yang menurun.

Hal ini juga berkaitan dengan perubahan iklim atau saat musim pancaroba datang.

Sebenarnya adalah hal yang umum, ketika terjadi gangguan saat pergantian musim, semisal radang tenggorokan pada anak.

Namun hal tersebut tentu tidak membuat kita meremehkan penyakit-penyakit yang meskipun sudah umum dan biasa datang ketika musimnya (musim pancaroba) tapi tetap harus dilakukan tindakan medis dan perawatan sesuai kondisi.

Radang tenggorokan pada anak dapat terjadi ketika virus/bakteri menginfeksi dan terjadi peradangan di sekitar area rongga tenggorokan. Menurut penelitian 80% penyebab radang tenggorokan pada anak diakibatkan oleh virus.

Gejala yang lebih parah dapat terjadi ketika radang tenggorokan pada anak disebabkan oleh bakteri dibanding dengan radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus.

Biasanya tanda dan gejala dapat dilihat 4 hari setelah penderita terkena/terinfeksi bakteri dan virus.

Gejala Radang Tenggorokan Pada Anak

radang tenggorokan pada anak tanda

1. Sakit Saat Menelan

Radang tenggorokan dapat menyebabkan si kecil sakit ketika menelan makanan, meskipun itu termasuk makanan yang lembut seperti bubur.

Hal ini dapat terjadi lantaran tenggorokan mengalami luka akibat peradangan dan infeksi oleh bakteri ataupun virus.

2. Pembengkakan Pada Tonsil

Pembengkakan pada tonsil mungkin sulit dikenali oleh orang awam. Hal itu bisa terjadi lantaran perbedaan yang tidak terlalu signifikan pada tonsil normal dan terkena infeksi.

Berbeda halnya dengan dokter yang sudah terbiasa menangani hal semacam ini. Oleh karena itu, segera periksakan si kecil ketika terjadi hal hal yang tidak biasa pada tenggorokannya.

3. Pangkal Tenggorokan Memerah

Pangkal tenggorokan bisa memerah lantaran terjadi infeksi di sekitar daerah tersebut. Ketika penderita membuka mulutnya, maka akan nampak tenggorokannya memerah di bagian pangkal.

Ketika peradangan di pangkal tenggorokan disebabkan bakteri, maka seringnya muncul bercak bercak berwarna putih.

4. Demam

Demam seringkali muncul menyertai penderita, terutama anak kecil ketika terserang radang tenggorokan.

Ketika demam dengan suhu tinggi biasanya radang tenggorokan disebabkan oleh bakteri, sementara ketika demam bersuhu rendah disebabkan oleh virus.

5. Bengkak Pada Kelenjar Getah Bening

Salah satu tanda seseorang terkena radang tenggorokan adalah membengkaknya kelenjar getah bening karena infeksi dibagian atas pangkal leher.

Dan bakteri yang menginfeksi radang tenggorokan kadang dapat menyebabkan efek efek lain yang sangat mengganggu seperti sakit perut, mual, muntah, demam, hingga timbulnya bercak merah pada kulit akibat infeksi bakteri yang menyebar ke kulit tersebut.

Mengobati Radang Tenggorokan pada Anak dengan Cara Alami

radang tenggorokan pada anak obat herbal

 

Berobat dengan cara yang tepat tentu akan sangat mempengaruhi tingkat kesuksesan kesembuhan radang tenggorokan pada anak.

Pemilihan obat dengan menggunakan bahan bahan herbal dan alami, yang dihasilkan oleh alam langsung tentu lebih baik daripada harus memakai obat berbahan kimia.

Alam menghasilkan sumber daya yang berlimpah untuk diolah menjadi obat mujarab bagi manusia. Hal ini tentu lebih baik ketika diawasi dokter dalam proses penyembuhannya.

Biasanya, penyakit yang menyerang radang tenggorokan pada anak menyebabkan tenggorokan anak sakit, sehingga susah untuk makan.

Tentu peran orang tua dalam hal ini sangat berpengaruh untuk bisa merawat dan menobati anak dengan telaten.

1. Berkumur Air Garam

Berkumur dengan ari garam dapat membantu membunuh kuman dan mengurangi rasa nyeri dibagian pangkal tenggorokan. Selain itu, cara ini juga efektif untuk mengurangi pembesaran amandel akibat infeksi.

2. Madu

Sudah menjadi rahasia umum bahwa madu memiliki sejuta manfaat. Pun itulah yang disabdakan nabi Muhammad dahulu. Menurut penelitian penelitian di jaman modern madu mempunyai manfaat yaitu sebagai antivirus, dan anti bakteri.

Manfaat lain meminum madu ketika radang tenggorokan adalah melegakan tenggorokan anak sehingga anak lebih nyaman dan mengurangi rasa sakit pada tenggorokannya.

3. Lemon atau Jeruk Nipis

Lemon dan jeruk nipis dapat menyembuhkan radang tenggorokan. Vitamin C dan antioksidan yang terkandung pada lemon dapat membantu melawan infeksi dan membunuh kuman.

Itulah beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang radang tenggorokan, mulai dari penyebabnya sampai cara mengobatinya dengan bahan alami disekitar kita. Mudah bukan?

Mau baca artikel bermanfaat lain? silahkan baca Peritonitis Bisa Menyerang Anak?

 

 

 

 

 

 

  • aldo

    Wah boleh juga tuh, kebetulan saya suka dengan cara pengobatan tradisional