Sakit Gigi, Penyebab dan Cara Mengatasinya yang Ampuh

SAKIT GIGI – Sakit gigi yakni rasa nyeri pada bagian gigi. Sakit gigi disebabkan karena beberapa masalah pada rahang dan gigi, seperti gigivitis, karies gigi, atau penyakit radang lainnya.

Sakit gigi ternyata juga salah satu penyebab dari penyakit jantung seperti anginan. Sakit gigi pada penderita juga dapat mengakibatkan penyakit stroke dan jantung. Beberapa rasa sakit yang dialami oleh penderita seperti kepada pusing dan tidak nyenyak saat tidur.

Rasa sakit yang dirasakan oleh penderita banyak dirasakan dibagian rahang atau gigi terutama pada bagian kondisi gigi yang berlubang.

Dalam banyak kasus, penyakit ini disebabkan oleh masalah gigi, seperti gigi retak, rongga gigi, suatu akar gigi terekspos, atau penyakit gusi.

Gangguan dari (Temporo-mandibula) sendi radang terkadang juga bisa disebut sebagai sakit gigi.

Sakit gigi memiliki tingkat tingkat keparahan, mulai dari ringan, kronis, tajam, dan menyiksa. Rasa sakit pada sakit gigi akan terasa lebih parah apabila penderitanya mengunyah makanan atau makan makanan yang dingin dan panas.

Pemeriksaan gigi dengan sinar X-ray bisa membantu Anda menemukan apakah sakit gigi yang dialami berasal dari rahang atau gigi, sehingga penyebabnya bisa kita ketahui.

Terkadang sakit gigi yang dialami oleh penderitanya tidak disebabkan dari masalah radang atau gigi.

Beberapa kasus ditemukan bahwa sakit gigi bisa terjadi karena gejala penyakit jantung (seperti angina atau serangan jantung), sinus (udara bagian-bagian dari tulang pipi), dan telinga (seperti eksternal infeksi telinga atau bagian dalam).

Pada beberapa kasus yang dialami oleh pasien, sakit rahang atau sakit gigi terjadi karena gejala dari masalah hati mereka.

Infeksi sinus dan telinga juga dapat mengakibatkan rasa sakit di sekitar rahang dan gigi. Oleh karena itu, evaluasi oleh dokter gigi dan dokter spesialis penyakit dalam sangat penting sekali supaya tidak terjadi salah diagnosis.

Aspek-aspek yang Mempengaruhi Kesehatan Gigi

lingkungan kumuh jakarta
aktual.com

Dari definisi sehat menurut undang-undang pokok kesehatan maupun dari WHO dapat kita ketahui bahwa arti sehat itu merupakan hasil dari 3 kondisi yaitu, fisik, mental dan sosial yang saling berinteraksi (berhubungan) satu sama lain.

Kesehatan gigi merupakan salah satu aspek dari kesehatan secara keseluruhan, dengan demikian, status kesehatan gigi juga merupakan hasil dari interaksi antara kondisi fisik, mental dan sosial.

Berdasarkan bahwa status kesehatan gigi adalah interealis dari 3 kondisi di atas, maka dalam menganalisis faktor yang mempengaruhi kualitas kesehatan gigi seorang tidak terlepas dari ke-3 aspek di bawah ini , yaitu :

A. Aspek Fisik

Aspek fisik merupakan aspek yang mempengaruhi kualitas kesehatan gigi dan mulut yang disebabkan oleh keadaan yang terdapat di dalam mulutnya sendiri.

Misalnya karena pemberian gizi yang salah pada saat kehamilan menyebabkan struktur gigi rentan terhadap karies.

Contoh lain yaitu keadaan gigi yang berjejal, keadaan ini mengakibatkan mudahnya penumpukan plak dan sisa-sia makanan sehingga mempermudah timbulnya karies maupun radang gusi.

B. Aspek Mental

Aspek mental dapat mempengaruhi kualitas kesehatan gigi dan mulut karena sikap kepercayaan dan keyakinan seseorang akan mempengaruhi tingkah laku orang tersebut.

Miasalnya, apabila seseorang percaya bahwa penyakit gigi dan mulut disebabkan oleh pengaruh guna-guna, tentunya untuk mengobati penyakit orang tersebut tidak akan pergi ke dokter gigi, melainkan akan pergi ke Dukun.

Dengan demikian, penyakit akan bertambah parah.

C. Aspek Sosial

Aspek sosial yang mempengaruhi kualitas kesehatan gigi dan mulut biasanya disebabkan oleh nilai budaya yang berkembang di daerahnya.

Selain  itu, dapat pula disebabkan oleh pengaruh sosial ekonomi yang kurang, keadaan ini pun akan mempengruhi tingkah laku orang tersebut.

Untuk memperbaiki kesehatan mulut dan gigi harus dilakukan pemeliharaan secara menyeluruh yang mencakup aspek mental, fisik dan sosial, yaitu dengan upaya promotif, kuaratif, preventif, dan rehabilitatif.

Penyebab Sakit Gigi

sakit gigi yang sakit
rasa sakit yang diderita | factorlier.blogspot.com

Penyebab sakit gigi umumnya terjadi karena abses gigi, iritasi akar gigi, termporoman dibuka bersama (TMJ) gangguan, rongga gigi, penyakit gusi, sindrom gigi retak, erosi gigi dan implikasi.

Penyebab utama dari sakit gigi adalah adanya jasad renik yang tumbuh di bagian gigi yang berlubang atau retak. Jasad renik tersebut bisa tumbuh karena adanya sisa makanan yang menempel dan membusuk di bagian gigi yang rentan.

Oleh karena itu, sakit yang terasa pada gigi terkadang bisa hilang dengan berkumur dengan air hangat atau obat kumur anti septik.

Obat Sakit Gigi Tradisional

Minyak Zaitun
khasiat obat alami untuk menyembuhkan baerbagai penyakit | youtube.com

Seperti penjelasn sebelumnya, masalah utama yang dihadapi oleh penderita sakit gigi adalah karena adanya jasad renik.

Oleh sebab itu, untuk mengatasinya selain harus ke dokter untuk perbaikan gigi yang retak atau berlubang, beberapa tanaman alami ini bisa membantu meringankan rasa rakit pada gigi. Berikut jenis-jenisnya :

Obat sakit gigi alami dari Cabai Jawa

Cara membuat ramuan obat untuk sakit gigi adalah sebagai berikut.

  • Buah cabai jawa dikeringkan dan dijadikan bubuk.
  • Sumbatlah bubuk cabai jawa tadi ke gigi yang berlubang atau sakit, maka rasa sakit pada gigi akan berkurang.

Obat sakit gigi alami dari daun sirih

Daun sirih merupakan tanaman merambat. Sirih dapat tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 2.000 meter dpl.

Namun, pertumbuhannya akan lebih baik di daerah dengan ketinggian 300-1.000 meter dpt.

Tanaman ini merambat di pohon lain dengan ketinggian rambatan bisa mencapai 15 meter. Batangnya berwarna hijau keabu-abuan, beruas, berbentuk bulat, dan berkayu lunak.

Daun sirih sering digunakan untuk menjadi obat. Daun sirih mengandung senyawa kavikol, karvakol, sineol, metil kavikol, eugenol, dan kavibetol.

Selain itu, daun sirih juga mengandung tanin, gula dan amilum. Daun ini mempunyai aroma dan rasa yang khas, pedas, sedap, tajam, dan merangsang.

Masyarakat sering menggunakannya untuk tanaman obat yang salah satunya untuk menyembuhkan sakit gigi.

Cara menggunakannya daun sirih direbus dalam air panas, kemudian hasil rebusannya tersebut digunakan untuk berkumur, maka rasa sakit gigi akan berkurang.

Cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan menumbuk 1 lembar daun sirih sampai lembut, kemudian hasil tumbukan tersebut ditempelkan pada bagian gigi yang sakit.

Obat sakit gigi alami dari tempurung (batok  jawa)

Bahan baku yang digunakan adalah tempurung kelapa yang sudah bersih dari dagingnya. Tempurung dibakar hingga keluar minyaknya.

Ambilah minyak tersebut dengan kapas kemudian tempelkan kapas tersebut pada gigi yang sedang berlubang.

Cara ini akan efektif membantu mengurangi rasa sakit gigi yang diderita. Jika ada kesempatan, segera periksakan ke dokter atau puskesmas terdekat untuk diberi penanganan yang lebih baik.

Obat sakit gigi alami dari rimpang kunyit

Bahan : 1 potong rimpang kunyit sebesar lubang gigi;

Cara menggunakan : kunyit dikupas bersih dan diberi minyak kayu putih, kemudian dimasukkan ke dalam lubang gigi tersebut.

Obat sakit gigi berlubang alami dari minyak biji jarak

Gigi berlubang mudah dimasuki bakteri dan menyebabkan sakit gigi yang berkebanjangan.

Minyak biji jarak yang diteteskan pada bagian gigi yang sakit dapat mengobati sakit gigi karena mengandung antimikroba yang mampu membasmi bakteri Ecsheraccia Coli, Streptococcus, dan Staphylococcus. 

Zat anti mikroba dalam getah jarah juga dapat mengeringkan luka dengan cepat.

Obat sakit gigi alami dari belimbing wuluh dan garam

Mengunyah buah belimbing wuluh dengan sedikit garam dapat mengurangi sakit gigi dan pembengkakan gusi karena masalah gigi.

Obat sakit gigi alami dari kapur barus

Kapur Barus dengan nama ilmiah Dryobalanopis aromatica ternya juga bisa digunakan sebagai obat sakit gigi.

Biasanya kapur barus di daerah-daerah sering juga disebut kayu kapur, kamper, atau hayu hapur.

Tanaman ini merupakan pohon besar yang tumbuh di hutan-hutan pada ketinggian 400 m dpl. Kaur barus terletak pada bagian dalam kulit kayu yang baunya seperti lada.

Bayian yang digunakan sebagai obat yaitu bagian kayu, buah, dan biji. Tanaman ini mengandung zat kimia Minyak atsiri, harsa, dan damar.

Selain bermanfaat untuk obat sakit gigi, tanaman ini juga berkasiat sebagai pereda nyeri (analgesik), afrodisiak, tonikum, dan obat sakit mata.

Bijinya digunakan sebagai obat sakit perut. Buahnya digunakan sebagai pemasak. Balsem dari kapur barus berkhasiat mengobati rematik dan perangsang kulit.

 Doa Sakit Gigi

sholat di atas bukit
memohon keembuhan dari Allah dengan selalu mengingatnya | dawn.com

Sebagai umat muslim, do’a merupakan kekuatan utama yang dimiliki oleh umat muslim. Oleh karena itu, kita tidak boleh lupa kepada Allah SWT ketika sakit.

Kita harus berfikir positif, karena sakit yang diberikan kepada kita merupakan ujian dan sarana penggugur dosa-dosa kita yang sudah menggumpal.

Kita harus menyakini, bahwa sakit gigi datang atas izin dari Allah SWT. Oleh sebab itu, memiliki gigi yang sehat merupakan nikmat Allah yang diberikan kepada kita dan patut kita syukuri.

Jika ada bagian tertentu dari tubuh kita yang merasakan sakit, seperti sakit pada dada (paru-paru, jantung), perut (lambung/maag), kepala (migrain atau sakit kepala) maupun sakit gigi. Rasaulullah mengajarkan untuk membaca doa berikut :

ضَعْ يَدَكَ عَلَى الَّذِى تَأَلَّمَ مِنْ جَسَدِكَ وَقُلْ بِاسْمِ اللَّهِ. ثَلاَثًا. وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِاللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

“Letakkan tanganmu pada tempat yang sakit dan bacalah Bismillah tiga kali, lalu bacalah “A’uudzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru” (Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan)” (HR. Muslim)

Dikutip dari Syarah Hisnul Muslim disebutkan sebab turunnya hadits ini. Suatu hari ada seorang sahabat bernama Utsman bin Al Ash r.a. yang bertanya kepada Rasulullah tentang bagian anggota tubuhnya yang terkena sakit.

Lalu Rasulullah SAW mengajarkan doa dan tata cara sebagai berikut :

  1. Letakka tangan pada tempat yang sakit.
  2. Bacalah bismilah 3x
  3. Bacalah doa ini 7x

    أَعُوذُ بِاللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

    Artinya: Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan

Jika kita yakin betul akan apa yang diajarkan Raslulullah, maka atas izin Allah kita akan diberikan kesembuhan oleh Allah.

Demikianlah pembahasan mengenai sebab-sebab sakit gigi, dan beberapa obat alternatif yang bisa Anda gunakan. Semoga bermanfaat dan membantu Anda mendapatkan kesembuhan.

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment