Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri, Gejala dan Cara Mengatasinya

SAKIT KEPALA SEBELAH KIRI – Jika Anda sedang mengalami sakit pada bagian kepala sebelah kiri, mungkin Anda bingung apakah penyakit ini bisa sembuh sendiri hanya dengan istirahat atau apakah perlu perhatian dan pengobatan yang serius? Nama lain dari gangguan kesehatan ini adalah migrain. Penyakit ini sudah sangat umum di masyarakat dan tak sedikit yang memiliki pengalaman terserang migrain secara tiba-tiba. Apakah Anda juga mengalaminya?

Karena sering muncul tiba-tiba, sulit untuk bisa mengantisipasi serangan migrain ini sehingga rasa nyeri yang amat sangat di kepala dapat benar-benar menyiksa. Kondisi yang ditimbulkan tentu saja bisa mengurangi produktivitas harian Anda. Olehnya itu informasi tentang gangguan kesehatan ini perlu Anda ketahui.

Jangan Salah Minum Obat Sakit Kepala!

Jangan Salah Minum Obat
adrafinil.com

Jangan sampai Anda salah dalam memilih obat untuk mengatasi sakit kepala sebelah kiri. Kebanyakan orang membeli obat yang dijual di warung atau apotek, tentunya tersebut merupakan obat untuk sakit kepala biasa. Padahal obat untuk sakit kepala sebelah kiri jenisnya berbeda, jika hanya mengonsumsi obat sakit kepala biasa tidak akan sembuh.

Kebanyakan orang juga bahkan membiarkan gangguan kesehatan tanpa mengobatinya, hal tersebut disebabkan karena sebagian orang masih memiliki anggapan yang remeh terhadap sakit migrain. Penyakit kepala sebelah kiri (migrain) termasuk salah satu penyakit yang terjadi secara berulang-ulang, rasa yang menyiksa karena berdenyut-denyut biasanya akan muncul lagi begitu sakit kepala sebelah kiri kambuh.

Perbedaan Sakit Kepala Sebelah Kiri dengan Sakit Kepala Biasa

Perbedaan Sakit Kepala Sebelah Kiri dengan Sakit Kepala Biasa
kevinmd.com

Sakit kepala sebelah kiri ini tentu saja berbeda dengan sakit kepala biasa. Lalu, apa sebenarnya yang membedakan antara kedua jenis sakit kepala tersebut? Bukannya sama-sama sakit pada daerah kepala? Jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan. Pada sakit kepala yang biasa, cukup dengan istirahat beberapa menit saat saja, sakit kepala tersebut biasanya sudah bisa hilang dengan sendirinya.

Namun jangan terlalu berharap hal yang sama bisa terjadi pada sakit kepala sebelah kiri. Selain perlu istirahat dalam waktu yang cukup lama, dibutuhkan juga pemberian obat yang tepat. Tetapi bagaimanapun juga akan lebih baik kalau Anda dapat mencari tahu lebih dalam informasi mengenai apa sajakah penyebab sakit kepala sebelah kiri ini, dengan begitu Anda akan bisa menghindarinya.

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri
livestrong.com

Dari Makanan dan Minuman

Untuk Anda adalah orang yang suka jajan sembarangan yang belum pasti kebersihan dan kesehatannya, sebaiknya mulai sekarang Anda menghilangkan kebiasaan tersebut kalau ingin bebas dari sakit kepala sebelah kiri. Banyak jenis dari makanan dan minuman tersebut yaitu cokelat, keju matang (emmentaler, cheddar, dan stilton), makanan dengan pengasaman, makanan asinan, makanan hasil fermentasi, selai kacang dan kacang-kacangan, minuman dengan kandungan kafein yang berlebihan, dan minuman yang mengandung alkohol.

Semua makanan dan minuman tersebut di atas adalah makanan yang bisa memicu terjadinya sakit kepala sebelah kiri. Apalagi makanan dan minuman tersebut ada beberapa yang bisa membuat ketagihan, misalnya cokelat dan minuman kopi. Jika Anda ingin ingin terbebas dari gangguan sakit kepala sebelah kiri, mulailah untuk berupaya lepas dari ketagihan makanan dan minuman tersebut.

Karena Menstruasi

siklus bulanan menstruasi pada wanita juga termasuk ke dalam faktor yang bisa menyebabkan sakit kepala sebelah kiri. Karena  siklus menstruasi adalah hal alami pada tubuh, sehingga faktor yang satu ini tak bisa dihindari. Jika Anda merasakan sakit kepala sebelah kiri pada saat dalam masa menstruasi, maka hal tersebut bukanlah hal yang perlu Anda khawatirkan, karena ini adalah suatu kondisi yang biasa dan normal.

Sakit kepala sebelah kiri bisa saja terjadi pada waktu pra-menstruasi maupun saat mengalami menstruasi. Penyebab utama hal tersebut dapat terjadi adalah karena kadar estrogen yang mengalami penurunan sewaktu mengalami menstruasi.

Karena Tumor Otak

Tumor otak termasuk penyakit berbahaya yang bisa mengancam nyawa Anda. Sakit kepala sebelah kiri yang dialami karena serangan penyakit tumor otak. Seperti yang diketahui bahwa struktur tengkorak kepala itu padat, ruang untuk perkembangan sempit, apabila tumor membesar maka area sempit tersebut akan dipaksa terisi, dan hal inilah yang menyebabkan terjadinya sakit kepala sebelah kiri karena tekanan tersebut.

Dan karena alasan inilah, sakit kepala sebelah tidak boleh dipandang remeh. Anda sebaiknya memeriksakan diri untuk berjaga-jaga jika terserang tumor otak yang mematikan. Semakin awal tumor otak didiagnosa, maka harapan untuk bisa pulih semakin besar juga.

Karena Stroke

Sakit kepala sebelah kiri juga bisa diakibatkan oleh stroke. Jika seseorang menderita stroke, maka aliran darah ke area otak juga akan tertutup oleh gumpalan darah. Hal inilah yang mengakibatkan sakit kepala sebelah kiri muncul, dimana otak akan mengalami kekurangan oksigen dan nutrisi.

Selain sakit kepala, tanda-tanda lainnya yang dialami tubuh yaitu, mulai dari kehilangan koordinasi tubuh,mati rasa, tubuh lemah, dan menjadi sulit berbicara. Semua itu adalah tanda dari penyakit stroke yang menyerang.

Penyebab Lain Sakit Kepala Sebelah Kiri

Selain karena penyebab-penyebab di atas, masih ada penyebab yang lain sehingga sakit kepala sebelah kiri dapat terjadi. Di antaranya adalah sinusitis. Karena gejalanya yang sama, penyakit sinusitis malah sering didiagnosa sebagai penyakit migrain. Penyakit sinusitis bisa terjadi ketika lapisan sinus di bagian kepala itu terkena infeksi, menderita peradangan atau alergi.

Penyebab yang lain lagi adalah karena tegang. Tegang ini bisa saja dikibatkan oleh karena berbagai faktor yang lainnya, seperti kurang tidur, telat makan, stress, ketegangan otot, beserta postur tubuh kurang ideal, terutama bagi mereka yang bekerja terlalu lama.

Untuk menyembuhkan sakit kepala sebelah kiri, Anda perlu mengetahui faktor penyebabnya. Setelah itu, Anda bisa mengatasi faktor penyebab tersebut, misalnya kalau karena migrain, maka Anda bisa mengonsumsi obat khusus yang diresepkan oleh dokter atau juga bisa dengan mengguakan herbal yang cocok mengatsi migrain.

Gejala Sakit Kepala Sebelah Kiri

Gejala Sakit Kepala Sebelah Kiri
channel4.com

Bahaya yang bisa ditimbulkan jika sering mengalami sakit kepala sebelah kiri terbilang cukup serius, karena penyakit ini juga dapat menjadi tanda bahwa bagian tubuh lain yang sedang mengalami gangguan. Kebanyakan orang yang telah lama menderita migrain tidak menyadari bahwa gejalanya akan terus semakin memburuk. Bahkan, sakit kepala sebelah dengan pola yang sudah berbeda bisa jadi merupakan sebuah pertanda serius bahwa tubuh mengalami masalah dan perlu segera ditangani.

Berikut ini adalah beberapa gejala dari sakit kepala sebelah kiri yang harus Anda waspadai sedari dini.

  1. Jika tiba-tiba merasa sakit kepala dan rasa sakitnya sangat parah.
    Biasanya digambarkan dengan sambaran petir yang akan menyengat seisi kepala dan Anda merasakan ini merupakan sakit kepala yang paling parah.
  2. Sakit kepala sebelah yang disertai dengan demam atau pun sakit.
    Bagian tubuh seperti leher terasa kaku dan terjadi ruam pada beberapa area kulit. Selain itu penderita juga akan mengalami kebingungan, penglihatan kabur dan mati rasa pada bagian tubuh tertentu atau bahkan kesulitan untuk berbicara.
  3. Sakit kepala sebelah yang terjadi secara berulang-ulang bahkan juga disertai kejang-kejang.
    Jika sering sakit kepala sebelah seperti ini sangat berbahaya karena dapat mengancam nyawa.
  4. Sakit kepala sebelah yang dialami setelah Anda mengalami sakit bagian tenggorokan atau penyakit lain yang berhubungan  dengan saluran pernapasan.  Saat musim dingin, kadangkala sakit flu menyerang dan migrain juga lebih sering kambuh. Ketika sakit tenggorokan sudah hilang, namun leher terasa kaku dan terjadi demam disertai sakit kepala sebelah inilah yang berbahaya.
  5. Sakit kepala sebelah yang terjadi setelah Anda mengalami cedera pada bagian kepala. Apalagi jika sakit kepala semakin parah dan sering.
  6. Nyeri sakit kepala yang terjadi setiap hari dan selalu membutuhkan obat.

Cara Meredakan Sakit Kepala Sebelah Kiri

Cara Meredakan Sakit Kepala Sebelah Kiri
entrepreneur.com

Ada beberapa kiat yang dapat dilakukan untuk meredakan sakit kepala sebelah yaitu:

  • Kompres kepala anda dengan menggunakan air dingin atau air es. Hal ini berguna untuk menyempitkan pembuluh darah.
  • Istirahatlah. Penderita sakit kepala sebelah sangat peka terhadap cahaya. Untuk itu, istirahatlah di ruangan yang gelap dan jauh dari keramaian. Usahakan untuk tidur.
  • Coba untuk menghangatkan bagian leher dan memijatnya. Dengan perlakuan seperti ini, tulang leher Anda bisa istirahat, karena jika leher mengalami kelelahan maka bisa menjadi penyebab timbulnya migrain.
  • Minumlah obat pereda migrain dengan resep dokter

Pencegahan Migrain (Sakit Kepala Sebelah Kiri)

Pencegahan Migrain (Sakit Kepala Sebelah Kiri)
yourdost.com

Ada beberapa cara yang dapat diterapkan untuk menghindari sakit kepala sebelah kiri, yaitu :

  1. Hindari stress yang berlebihan
  2. Jangan terlalu lama berdiri atau duduk
  3. Hindari faktor-faktor penyebab migrain, baik dari makanan maupun lingkungan sekitar
  4. Mengatur waktu tidur.
  5. Mengonsumsi suplemen tambahan untuk menambah nafsu makan.

Demikianlah ulasan ringkas mengenai sakit kepala sebelah kiri. Bagi Anda yang mengalami migrain disarankan untuk menjaga kesehatan dan memperbaiki pola hidup agar migrain tidak sering kambuh. Nikmati hidup ini, jangan terlalu stres dengan rutinitas dan pekerjaan. Salam sehat afiat!