Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Pinggang Sebelah Kiri

SAKIT PINGGANG SEBELAH KIRI – Sakit pinggang adalah salah satu jenis penyakit yang sering terjadi di masyarakat Indonesia. Pada umumnya, ada 3 jenis sakit pinggang menurut posisi sakitnya. Sakit pinggang sebelah kiri, sakit pinggang di tengah-tengah, dan sakit pinggang sebelah kanan.

Pada umumnya, penyebab sakit pinggang pada lokasi manapun mempunyai penyebab dan cara pengobatan yang hampir sama. Berikut pembahasan lengkap tentang penyebab dan cara mengobati sakit pinggang tersebut.

Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Sakit Pinggang Sebelah Kiri
youtube.com

Sakit pinggang sebelah kiri tidak dapat diprediksi kapan gejalanya datang. Tidak seperti penyakit lain yang akan memberi sinyal pada tubuh seperti menurunnya nafsu makan atau naiknya suhu tubuh ketika akan demam. Sakit pinggang dapat terjadi kapan saja.

Biasanya reaksi sakit pinggang yang tiba-tiba diakibatkan oleh kram otot, keseleo, atau hal lain yang membuat otot bagian pinggang terganggu. Lalu, apakah sebenarnya penyebab sakit pinggang sebelah kiri? Berikut ini daftar penyebab sakitnya.

1. Diskus Menonjol dan Skiatika

Diskus dan Skiatika
agoramedia.com

Diskus atau disc adalah bantalan yang berada di antara susunan tulang belakang manusia. Seiring waktu, diskus tersebut dapat menyusut, menonjol, bahkan pecah. Menonjolnya diskus biasa juga disebut herniated disc, atau HNP (Herniasi Nuclues Pulposus). Ketika gejala ini terjadi, diskus secara terpaksa keluar (menonjol) dari posisi normal.

Hal ini mengakibatkan saraf yang berdekatan tertekan. Sehingga pinggang terutama sebelah kiri terasa sakit karena saraf yang bersifat sensitif. Jika diskus adalah gejalanya, maka efeknya disebut skiatika. Istilah lainnya adalah saraf kejepit, efeknya adalah timbul rasa sakit di bagian pinggul, paha, kaki, dan di bawah pantat.

2. Gangguan Ginjal dan Otot Tegang

Gangguan Ginjal dan Otot Tegang
activeimplants.com

Ginjal adalah organ tubuh yang berada di daerah pinggang. Oleh karena itu, jika terasa sakit pinggang sebelah kiri maka gangguan ginjal dapat menjadi penyebabnya. Ciri sakit pinggang sebelah kiri yang disebabkan gangguan ginjal adalah rasa nyeri di bagian panggul dan antara tulang rusuk paling bawah.

Selain itu, otot tegang juga merupakan salah satu penyebab sakit pinggang. Bahkan otot tegang adalah penyebab utama sakit pinggang. Hal ini disebabkan oleh pergerakan ligamen secara tiba-tiba. Otot dan ligamen pada punggung dapat tertarik. Hal ini menyebabkan rasa sakit, kaku, dan kram pada pinggang.

Sakit pinggang yang disebabkan oleh gangguan ginjal membutuhkan penanganan dokter. Akan tetapi sakit pinggang karena otot tegang hanya memerlukan istirahat saja. Sakit pinggang yang diakibatkan gangguan ginjal juga dikhawatirkan pasien menderita penyakit lain yang lebih parah. Sehingga perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter.

3. Stenosis Spinal

Stenosis Spinal
anatomylibrary99.com

Stenosis spinal adalah kondisi ketika terowongan (kanal) tulang belakang mengecil sehingga mengganggu sumsum tulang belakang. Pada umumnya, gejala ini terjadi pada orang yang sudah lanjut usia. Gejalanya yaitu hilangnya kekuatan, mati rasa, hingga sakit punggung.

Stenosis spinal juga di latar belakangi oleh pembentukan taji tulang pada orang tua. Rasa sakit ini juga dapat terasa pada pinggang sebelah kiri. Harus ada penanganan khusus karena pasien umumnya merupakan orang tua. Cara adalah dengan berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

Cara Mengobati Sakit Pinggang

Cara Mengobati Sakit Pinggang
huffingtonpost.com

Cara mengobati sakit pinggang sebelah kiri dapat disesuaikan dengan gejalanya. Tujuannya agar proses penyembuhan berlangsung maksimal dengan waktu yang relatif singkat. Berikut ini beberapa cara mengobati sakit pinggang.

1. Terapi Fisik

nymag.com

Terapi fisik adalah dengan merubah kebiasaan beraktifitas sehari-hari. Contohnya dengan merubah cara tidur dengan berbaring ke sebelah kanan (posisi pinggang kiri di atas) agar pinggang yang nyeri tidak terbebani.

Selain itu, dapat juga dengan mengurangi porsi kerja yang menggunakan otot. Beristirahat dengan waktu yang cukup juga dapat segera mengurangi rasa sakit pada pinggang. Jika sakit pinggang diakibatkan oleh menonjolnya diskus, gejala nyeri akan sembuh dengan sendirinya.

2. Konsumsi Obat Penghilang Rasa Sakit

healthytimes.co.id

Jika anda tidak ingin hanya menggunakan terapi fisik, silahkan gunakan obat untuk menghilangkan sakit pinggang. Cara ini supaya sakit pinggang dapat segera hilang. Konsumsilah obat penghilang rasa sakit sejenis paracetamol. Jangan lupa untuk menggunakan dosis yang sesuai.

Bagi penderita sakit pinggang sebelah kiri yang di akibatkan oleh stenosis spinal, biasanya ada pengobatan khusus. Biasanya menggunakan jenis obat non-steroid, perelaksasi otot, anti-depresan, suntikan steroid, hingga obat-obat narkotika.

3. Operasi

wikihow.com

Jika rasa sakit pada pinggang terjadi terus menerus, harus dilakukan tindakan medis tahap selanjutnya. Biasanya ini terjadi pada sakit pinggang karena gangguan ginjal dan stenosis spinal yang di derita orangtua. Operasi ini bertujuan mengurangi bahkan menghilangkan tekanan terhadap saraf tulang belakang.

Hasilnya, rasa nyeri pada pinggang dapat hilang. Operasi bedah merupakan solusi akhir jika terapi fisik dan konsumsi obat tidak menghilangkan rasa sakit. Operasi juga dilakukan sesuai dengan pengawasan dan saran dokter. Bukan berarti setiap sakit pinggang dapat dilakukan operasi untuk proses penyembuhan sampai tuntas.

***

Sakit pinggang memang terkadang terlihat penyakit yang sepele. Namun nyatanya, ada jenis sakit pinggang yang membutuhkan prosedur operasi untuk proses penyembuhannya. Segeralah periksa ke dokter jika mengalami gejala sakit pinggang. Serahkan penyakit anda kepada dokter yang memang ahlinya agar rasa sakit dapat segera terobati.

  • Anto Ramana

    Apakah kelamaan duduk bisa menyebabkan sakit ini?
    untuk obat sakit pinggang (sebelah kiri) kalau boleh tahu, apa namanya? apa terjual bebas di apotek?

    terimakasih
    salam kenal