Penyebab Sariawan Di Lidah Beserta 7 Cara Mengobatinya

SARIAWAN DI LIDAH – Sariawan dapat muncul di mana saja dalam rongga mulut, tetapi akan sangat menyakitkan ketika muncul sariawan di lidah. Bagaimana tidak, lidah memiliki banyak sekali fungsi, misalnya untuk berbicara dan mengolah makanan di mulut. Saat ini terjadi, pastinya diiringi dengan rasa sakit.

Yang perlu diingat adalah besarnya sariawan di lidah tidak menentukan bahwa itu yang lebih sakit daripada yang berukuran lebih kecil. Berikut penyebab dan cara mengobati sariawan di lidah:

4 Penyebab Sariawan di Lidah

Sariawan Di Lidah
thesun.co.uk

1. Sariawan Biasa (Stomatitis Aphthous)

Sariawan terlihat putih atau kuning biasanya berkembang dari bercak merah. Penyakit pada lidah ini memiliki berbagai ukuran dan biasanya bentuknya tidak teratur.

Berakhirnya siklus menstruasi, stres atau kekurangan zat besi, trauma atau luka pada lidah, perubahan hormonal, dan asam folat dalam makanan dapat memicu munculnya sariawan. Penyakit ini tidak berbahaya, meskipun menimbulkan ketidaknyamanan.

2. Kebersihan Mulut yang Buruk

Sariawan di lidah dapat terjadi karena perawatan mulut yang buruk. Perlukaan pada lidah, seperti tegigit, jika tidak ditangani dengan baik ditambah kurangnya kebersihan mulut akan berubah menjadi sariawan dengan lepuhan infeksi.

Hal ini terjadi karena setiap luka akan menjadi pintu masuk yang mudah bagi bakteri untuk berkembang biak. Sementara itu, kebersihan mulut yang buruk akan memungkinkan bakteri untuk tumbuh lebih cepat. Karena, sisa-sisa makanan di rongga mulut adalah asal mulanya bakteri (sela gigi, gusi).

3. Infeksi

Infeksi biasanya berupa luka atau ulkus yang bisa muncul di bagian mana saja pada rongga mulut termasuk terlihat seperti sariawan di lidah. Kondisi ini disebut dengan Gingivostomatitis, yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, infeksi virus herpes simpleks, oral thrush (jamur), atau lichen planus oral.

Jika penyebabnya adalah infeksi virus, walaupun tidak selalu biasanya sariawan langsung banyak bisa bergerombol ataupun berpencar, sedangkan jika penyebabnya bakteri umumnya hanya satu atau beberapa dan sering menimbulkan pembengkakan dan bernanah.

Sariawan di lidah yang disebabkan oleh infeksi juga dapat menyebabkan badan meriang, ketika infeksi mulai menyebar, kelenjar getah bening dapat membesar dan/atau mengalami demam.

4. Kanker Lidah (Mulut)

Jika sariawan di lidah sudah terlihat parah, tidak juga sembuh setelah beberapa hari atau bahkan menjadi lebih buruk. Bisa jadi ada masalah yang lebih serius yang menyebabkannya.

Sariawan yang tumbuh sangat cepat, tak kunjung sembuh, mudah berdarah, atau timbul massa berbonjol-bonjol, mungkin merupakan tanda-tanda kanker mulut, kondisi seperti ini harus segera dievaluasi oleh dokter.

Cara Alami Mengobati Sariawan di Lidah

Sariawan Di Lidah
pixabay.com

Selain obat kimia, sebenarnya ada banyak bahan-bahan alami yang sudah tersedia di alam untuk mengibati sariawan. Berikut contohnya:

1. Susu

Susu merupakan minuman untuk menambah kesehatan tubuh dan merupakan obat yang berguna untuk membantu dalam mengatai luka dan rasasakit akibat yang ditimbulkan dari sariawan. Minuman ini bisa membantu proses penyembuhan sariawan tersebut.

Caranya rendam bola kapas di dalam satu sendok susu, lalu oleskan pada luka sariawan di lidah Anda dan biarkanlah selama beberapa menit dalam waktu yang lama. Setelah selesai mengoleskan bersihkan daerah yang sudah diolesi dengan handuk bersih untuk menghilangkan sisa susu tersebut.

2. Campuran Minyak Kelapa dan Madu

Minyak kelapa mengandung antibakteri. Mencampurkan kedua bahan tersebut efektif untuk mengatasi sariawan Anda dengan cara mengoleskannya pada luka sariawan.

3. Kunyah Daun Jambu Biji

Kunyahlah daun jambu biji yang telah dicuci agar sariawan Anda mereda. Daun jambu biji dikenal dapat membantu meredakan dan mengatasi iritasi termasuk sariawan.

4. Manfaatkan Kunyit

Sudah dari zaman dulu kunyit termasuk salah satu rempah asal Indonesia yang berkhasiat untuk meyembuhkan berbagai penyakit. Buatlah pasta dari kunyit dan oleskanlah pada luka sariawan Anda.

5. Bawang Putih

Bawang putih berkhasiat meredakan luka dalam waktu cepat, oleh sebab itu cara ini dapat juga diaplikasikan untuk obat sariawan Anda.

6. Mengkonsumsi Buah

Salah satu penyebab dari sariawan karena kekurangan vitamin C. Vitamin C alami dapat diperoleh dari konsumsi buah – buahan misalnya mangga, jeruk, jambu biji. Oleh sebab itu asupan dan kebutuhan vitamin C harus selalu tercukupi untuk tubuh Anda.

7. Minum Air Kelapa

Air kelapa muda baik untuk kesehatan tubuh karena dapat menetralisir zat tidak baik atau zat beracun pada tubuh. Manfaat lain dari air kelapa dapat mengatasi dehidrasi tubuh, seperti yang kita ketahui bahwa sariawan dapat timbul karena dehidrasi atau kekurangan cairan.

Perawatan di Rumah

Sariawan Di Lidah
dentistry.co.uk

Ada beberapa perawatan yang bisa Anda lakukan sendiri untuk mengurangi rasa sakit akibat sariawan di lidah, contohnya:

1. Pilih makanan yang tidak perlu banyak dikunyah. Misalnya, makanan lembut, agar-agar dan es krim.

2. Batasi asupan gula dan produk yang mengandung ragi. Seperti roti, bir, serta wine yang dapat mendorong perkembangan jamur.

3. Menyikat gigi dua kali sehari. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan mulut. Sering-seringlah mengganti sikat gigi saat terkena infeksi jamur. Hindari penggunaan sikat gigi bersama dengan orang lain, meskipun kerabat atau pasangan sendiri.

Sebagian besar sariawan di lidah sebenarnya akan sembuh dengan sendirinya. Jika sariawan tidak kunjung sembuh (kronis) juga, Anda bisa ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Dalam kasus seperti ini mungkin saja penyebab yang mendasarinya memerlukan perawatan medis lebih lanjut.

Itulah informasi seputar penyebab sariawan di lidah beserta perawatan dan cara mengobatinya secara alami. Rajin-rajinlah dalam merawat kesehatan mulut, karena jika sudah terkena sariawan akan susah untuk makan. Apalagi jika yang diderita adalah sariawan di lidah.