obat scabimite

Kegunaan Scabimite beserta Efek Sampingnya

SCABIMITE – Pernah mendengar istilah scabies? Ya scabies ini adalah sejenis penyakit kulit, biasanya disertai dengan rasa yang gatal. Scabies dikenal juga dengan istilah kudis atau gudik.

Nah salah satu obat yang bisa digunakan untuk penyembuhan penyakit ini adalah scabimite. Simak yuk penjelasan tentang obat yang satu ini!

Pengertian Scabimite

obat Scabimite
tokopedia.com

Scabimite adalah obat sejenis antiparasit spektrum luas yang bekerja terhadap tungau, kutu rambut, kutu badan dan jenis antrhopoda lainnya.

Cara kerja obat ini ialah dengan cara menggagu dan merusak polarisasi dinding sel syaraf parasit melalui ikatan natrium. Inilah yang berguna untuk memperlmbat repolarisasi dinding sel dan akhrinya terjadi paralise parasit.

Dalam Scabimite terkandung zat permethrin. Permethrin adalah obat atau bahan kimia yang biasanya digunakan sebagai insektisida, acaricide serta obat nyamuk. Permethrin merupakan obat yang menjadi yang menjadi rujukan utama sebagai anti scabies jika dipakai dalam bentuk krim.

Cara kerja obat ini adalah dengan mematikan atau membuat kelumpuhan pada parasit (hama), dengan cara menghambat masuknya ion natrium lewat saluran membran sel saraf yang menyebabkan terjadinya penundaan repolarisasi.

Permethrin yang berbentuk krim 5% atau lotion 1% merupakan obat yang dipakai untuk pengobatan penyakit scabies yang pemakainnya secara topikal (obat luar). Scabies adalah sejenis penyakit kulit disertai rasa gatal yang disebabkan oleh tungau/kutu kecil yang disebut dengan istilah Sarcoptes scabiei.

Tungau/kutu ini jika sudah menyerang kulit di tubuh dapat menyebabkan rasa gatal di daerah-daerah yang terkena terlebih lagi di malam hari.

Penyakit ini termasuk penyakit yang menular, cara penularannya dapat melalui kontak fisik ataupun tinggal bersama orang-orang yang terkena penyakit scabies ini. Di Indonesia sendiri penyakit scabies ini dikenal juga dengan penyakit kudis atau gudik.

Indikasi

kegunaan obat Scabimite
icon-icons.com

Scabimite digunakan untuk terapi investasi Sarcoptea Scabiei atau pengobatan scabies (kudis).

Kontraindikasi

larangan Scabimite
goodtoknowl.co.uk

Obat Scabimite ini tidak boleh diberikan kepada orang yang memiliki riwayat hipersensitif terhadap permethrin, pyrethroid atau pyrethrin.

Cara Pemakaian Scabimite

cara mengobati scabies
res.cloudinary.com

Obat krim ini digunakan untuk satu kali pemakaian. Cara penggunaannya ialah dengan mengoleskan Scabimite krim merata ke seluruh daerah-daerah permukaan kulit mulai dari kepala hingga ke jari-jari kaki, serta daerah-daerah yang rawan terhadap penyakit ini seperti di daerah belakang telinga, lipatan yang ada di pantat, serta di sela-sela jari.

Lama pemakaian obat scabimite ini ialah selama 8 samapi 12 jam. Waktu yang baik untuk mengoleskan obat ini adalah di malam hari, setelah itu dicuci pada keesokan harinya.

Peringatan dan Perhatian

pantangan scabimite
blackrocktools.com

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan obat permethrin ini. Diantarnya adalah:

  • Jika muncul ruam pada kulit atau tanda-tanda lain yang menunujukan reaksi alergi, maka segere hentikan pemakaian obat ini.
  • Agar lebih aman, Untuk pemberian obat kepada bayi dibawah umur 2 bulan, wanita hamil dan ibu menyusui haruslah di konsultasikan dengan dokter.
  • Ekskresi Scabimite yang ada dalam ASI tidak diketahui secra pasti, oleh sebab itu ibu menyusui tidak dianjurkan menggunakan obat scabimite ini. Akan tetapi jika memang benar-benar dibutuhkan, sebaiknya pemberian obat ini dikasih jarak yang cukup antara menyusui dengan penggunaan obat.
  • Penyakit Scabies (gudik) ini biasanya disertai dengan pruritus, edema atupun eritema. Pengobatan dengan scabimite krim ini bisa jadi memperburuk kaadaan penyakit-penyakit tadi.
  • Pada saat pemakaian, hindari kontak dengan mata dan membran mukosa, jika terkena mata segera bilas dengan air bersih.
  • Untuk pasien yang memiliki riwayat asma dianjurkan untuk lebih berhati-hati dalam penggunaan obat scabimite ini
  • Dapat menggunakan sarung tangan untuk menghindari iritasi pada tangan.

Efek Samping 

Efek Samping Scabimite
twitter.com

Penyerapan pada kulit untuk obat jenis ini terbilang masih sangat kecil, oleh sebab itu pemberian obat ini dianggap aman untuk orang dewasa dan anak-anak yang berusia di atas 2 bulan.

Akan tetapi obat scabimite ini tetap mempunyai efek samping. Efek-efek samping ini sangat memungkinkan, namun tidak selalu terjadi. Ada juga beberapa efek samping yang lebih serius lagi. Berikut ini efek samping dari obat ini:

Pengobatan secara topikal bisa mengakibatkan kulit menjadi iritasi ringan, kulit terbakar, pruritus, eritema, kesemutan, mati rasa, ruam, serta menjadi lebih peka terhadap sinar matahari. Segera hentikan pemakaian obat ini jika terjadi hipersensitivitas.

Secara serius lagi, obat ini dapat menyebabkan mual, sakit kepala, kelemahan otot, sesak nafas, air liur berlebihan dan kejang. Konsultasikan dengan dokter jika terjadi efek samping sperti tadi terlebih lagi jika efek samping itu tidak hilang.

Dosis Scabimite

Scabimite
goodtoknow.co.uk

Dosis yang dapat diberikan ialah;

1. Scabies (gudik)

Untuk orang dewasa, cukup dengan mengoleskan tipis-tipis krim scabimite 5% ke seluruh permukaan kulit dari leher hingga ujung jari kaki. Kemudian setelah -14 jam segera cuci dengan air bersih. Biasanya untuk penggunaan orang dewasa rata-rata adalah 30 g krim scabimite.

2. Pubis Pediculosis

Untuk orang dewasa, penggunaan obat ini dipakai secukupnya saja. Dan dioleskan merata pada daerah kemaluan. Kemudian diamkan selama 10 menit dan setelah itu bilas dengan air bersih.

Demikian penjelasan singkat tentang obat scabimite, obat yang digunakan untuk penyakit scabies. Semoga dapat menambah wawasan bagi yang membaca. Terimakasih.

Leave a Comment