Cara Melakukan Senam Kegel Yang Benar Untuk Pria dan Wanita

SENAM KEGEL – Siapa sih yang gak kepingin rumah tangganya harmonis. Nah kali ini ada salah satu tips gimana biar hubungan suami istri makin lengket. Caranya yaitu lewat Senam. Pasti banyak yang langsung bertanya-tanya, kok senam sih? emang senam apaan? oke, biar gak makin penasaran simak yuk pembahasannya berikut ini.

Apa Itu Senam Kegel?

pengertian Senam Kegel

Senam kegel adalah senam yang digerakan buat melatih otot-otot panggul bagian bawah. Senam ini bisa membuat kencang otot-otot di bawah rahim, usus besar, kantong kemih serta daerah organ reproduksi kita

Senam kegel ini begitu penting sekali buat kebugaran badan kita, sebab efeknya berguna terhadap daerah badan adegan bawah, senam ini juga bisa melatih otot-otot terhadap badan adegan bawah sehingga tak memperbanyak masalah pada panggul serta bikin kinerjanya menjadi lebih baik lagi.

Senam Kegel Untuk Hubungan Seks

Senam Kegel Untuk Hubungan Seks
rilekdulu.com

Mungkin tak banyak yang tahu dengan istilah pelvis? Pelvis ialah nama lain dari panggul yang tersususn oleh 4 buah tulang os coxae (kanan serta kiri) serta os coccygis dan os sacrum. Di area pelvis terkandung rongga panggul yang dibagi menjadi rongga panggul atas serta rongga panggul bawah

Kerapkali kita temui banyak perempuan yang merasakan sakit di area panggulnya ketika sedang berhubungan intim dengan pasangannya. Hal ini jangan dianggap sepele, dapat jadi rasa sakit yang muncul di area panggul timbul karena mungkin ada kelainan terhadap panggul mereka .

Saat ini telah banyak solusi yang dberikan oleh para ahli kesehatan dalam mengatasi problem mengenai rasa sakit yang muncul di area panggul perempuan ketika berhubungan badan . Salah satunya ialah dengan senam kegel

Senam kegel adalah salah satu jenis senam yang sering dilakukan oleh beberapa perempuan buat menguatkan otot panggul. Gerakan-gerakan senam kegel cukup sederhana.

Cuma mengayun-ayunkan area bawah badan perempuan karena ini membantu organ-organ dalam panggul aktif bergerak. Organ-organ area dalam panggul itu antara lain rahim, usus, serta kantung kemih.

Buat menguji apa panggul Anda cukup baik-baik saja atau tidak, cukuplah mudah

Jika Anda sedang buang air kecil, cobalah Anda untuk menahannya sebentar. Bila air seni tetap keluar saat Anda menahannya, berarti otot panggul Anda tak baik. Serta jika sebaliknya bila air seni tak keluar di saat Anda sedang menahan kencing, tersebutkan otot panggul Anda tak ada masalah.

Pelvis juga memiliki peranan yang amat serius buat kehidupan seks perempuan. Hubungan seks akan menjadi makinmenyenangkan bila perempuan tersebut memiliki otot panggul yang kuat. Pasangan laki laki akan menjadi lebih puas ketika mereka mengalami cengkraman yang amat kuat ketika penis berhasil dipenetrasikan masuk ke vagina

Gerakan senam kegel nyatanya membawa peranan dalam kepuasan seks terlebih lagi terhadap perempuan. Otot panggul serta otot vagina yang telah terlatih melalui gerakan senam kegel ini menjadi lebih kuat denyutan serta cengkramannya saat berhubungan badan.

Jika otot panggul serta vagina telah menjadi kuat, sang perempuan dapat dengan mudah lakukan kontraksi ketika berhubungan intim dengan pasangannya, dengan tidak sesegera mungkin menunggu sang perempuan berorgasme terlebih dulu.

Dengan demikian, laki laki serta perempuan yang kerap melakukan gerakan senam kegel ini akan lebih sempurna ketika sedang berhubungan seks

Agar lebih jelas lagi, berikut dibawah ini adalah beberapa manfaat atau kegunaan dari senam kegel tersebut:

Manfaat Senam Kegel

Manfaat Senam Kegel
bukalapak.com

Perlu diketahui senam kegel tidak hanya berguna buat perempuan tapi juga buat laki laki. Wlaupun kebanyakan kaum perempuan yang kerap melakukannya, namun jika anda seorang pria, anda juga bisa mencobanya

Manfaat Senam Kegel Untuk Perempuan

Manfaat Senam Kegel Untuk Perempuan
merdeka.com

1. Merapatkan Miss V
Kendurnya miss V kadang bikin kita tak percaya diri di hadapan suami, masalah ini merupakan Perihal yang wajar, terlebih setelah melahirkan. Problem mengendurnya miss V ini jelas saja tak dapat anda hindari, namun anda jangan khawatir, Sebab anda bisa menemukan solusinya dengan acap kali melakukan senam kegel

Senam kegel bisa membuat miss V kembali rapat, sebab gerakan-gerakan yang dilakukan di senam kegel, bisa melatih otot miss V untuk lebih elastis serta fleksibel kembali

2. Mengatasi Kesusahan Buang Air Kecil
Karena mungkin suatu masalah tertentu, kadang bikin kita kesusahan dalam buang air kecil, Kebanyakan Perihal ini ditandai dengan ada rasa desakan saat buang air kecil. Nah, Dengan sering melakukan senam kegel, masalah ini bisa diatasi dan akan membaik

3. Memperlancar Sistem Persalinan
Rajin melakukan senam ini juga bisa membantu memperlancar persalinan yang akan anda laksanakan. Sebab dengan acap kali melakukan senam kegel, Perihal ini tentunya memberikan efek pada terbentuknya otot panggul yang elastis, sehingga sangat berguna buat membuka jalan lahir serta mencegah terjadinya episiotomi

Kegunaan Senam Kegel Untuk Pria

Kegunaan Senam Kegel Untuk Pria
akibanation.com

1. Mengatasi Sulit Buang Air Kecil
Dengan Rutin melakukan senam ini bisa membantu mengatasi kesusahan buang air kecil, Perihal ini tak cuma berlaku buat wanita, akan tetapi buat laki laki juga. Oleh sebab itu jika anda merasakan sulit buat buang air kecil. Anda bisa mencoba melakukanlatihan senam kegel ini tiap hari

2. Meningkatkan Kekuatan Ereksi
Senam kegel jika Rutin dilakukan juga bisa membantu ereksi laki laki menjadi lebih bertenaga, Sebab dengan acap kalimelakukan senam kegel bisa menaikkan sirkulasi darah menuju Mr.P yang juga memberikan imbas pada naiknya kekuatan ereksi.

3. Mencegah Serta Mengatasi Ejakulai Dini
Ejakulasi Dini merupakan Masalah ini yang kerap menghantui seluruh laki laki. Akan tetapi, Tidak perlu khawatir, sebab dengan rajin melakukan senam kegel, terbukti bisa membantu mencegah adanya ejakulasi dini, dan senam kegel adalah salah satu solusi terbaiknya

Ejakulasi dini biasanya dikarenakan oleh melemahnya otot-otot di daerah Mr.P inilah yang nanti menyebabkan ketahanan dalam menemukan rangsangan menjadi terganggu. Tapi dengan sering melakukan senam kegel, masalah ini tak akan terjadi. Sebab senam kegel bisa membnatu melatih otot-otot panggul adegan bawah untuk jadi lebih fleksibel serta kuat, dan ini juga bisa memberikan efek pada naiknya kekuatan ereksi seorang pria.

4. Merawat Kesehatan Prostat
Salah satu Cara buat merawat kebugaran prostat adalah dengan rajin melakukan senam ini. Senam kegel bisa membantu melatih otot-otot yang ada disekitar prostat, dan tentunya sekaligus membantu merawat kesehatan prostat agar kinerjanya tak terganggu.

5. Mencegah Serta Mengatasi Kencing Yang Tak Tuntas
Masalah kencing tak tuntas jelas jelas sungguh amat merisihkan sekali. Perihal ini terjadi, sebab melemahnya otot-otot yang ada di sekitar daerah susukan buang air, sehingga menjadikan jalannya air kencing jadi tak lancar.

Dengan Senam kegel ini tentunya bisa membantu melatih kekuatan serta fleksibelitas otot-otot di sekitar saluran buang air kecil, sehingga dengan rutin melakuakn senam kegel bisa membantu mencegah serta mengatasi masalah kencing yang tak tuntas

Setelah tahu manfaat dari senam kegel, lantas Seperti apa gerakan senam kegel tersebut ?

Berikut ini penjelasan secara lengkap tentang sepertia apa cara melakukan senam kegel ini baik itu buat laki laki ataupun perempuan beserta tumpuan gerakan serta gambarnya :

Gerakan Senam Kegel Buat Laki Laki

Gerakan Senam Kegel Buat Laki Laki
aladokter.com

Untuk gerakan senam kegel, yang harus anda lakukan ialah tahu dulu otot mana yang mau dilatih. Tips terbaik buat mencari tahu lokasi otot itu (otot PC/ pubococcygeus ) ialah ketika buang air kecil.

Saat buang air kecil, Anda dapat meletakkan dua jari di belakang testikel. Ketika kencing coba hentikanlah sistem buang air kecil anda, kemudian lanjutkan lagi. Di saat memberhentikan aliran air kecing, dua jari Anda tentunya dapat mengalami kontraksi otot PC yang dimaksud.

Setelah tau lokasi ototnya, kemudian sekarang saatnya buat latihan. Berikut cara melaksanakan senam kegel buat para pria:

1. Squeeze And Release
Latihan dapat diawalai dengan simple squeeze. Anda cukup mengencangkan otot tersebut kira-kira 1-2 detik, lalu lepas. Lakukan kapan saja kira-kira 20 kali dalam sehari.

2. Lakukan Lebih Cepat
Setelah dinilai cukup paham dengan latihan pertama tadi, kemudian tantanglah diri Anda buat melaksanakan latihan dengan lebih cepat lagi. Anda cuma butuh melenturkan serta mengistirahatkan otot itu menggunakan tempo yang lebih cepat lagi sehingga kesannya layaknya‘berdenyut’. Lakukan dalam 5 kali putaran tiap minggunya samapai Anda dapat mencobanya hingga 20 putaran tiap harinya.

3. Tarik Ke Atas Latihan Yang Berikutnya Ialah Mengencangkan Serta Menarik
Buat melakukannya, coba bayangkan aa senar atau kawat yang membentang mulai dari area tengah tubuh sampai ujung kepala.

Saat Anda mengencangkan serta menahan otot basis panggul, pikirkan jika senar itu sedang ditarik masuk ke dalam otot PC tersebut, sekelumit yang Anda bisa. Tahan posisi tersebut selama beberapa detik sebelum menjedanya.

4. Ereksi
Senam kegel ini bisa Anda lakukakan saat sedang ereksi. Anda cuma butuh menggantungkan kain atau handuk di atas penis, Kemudian goyang-goyangkan itu naik-turun kira-kira 5 hingga 10 kali.

5. Sambil Berhubungan Seks
Terhadap laki laki ataupun perempuan jelas jelas tak direkomendasikan melakukannya ketika buang air kecil sebab itu dapat bikin kandung kemih ‘tidak bersih’ dari urin sepenuhnya.

Namun buat pria, senam ini dapat dilaksanakan juga saat berhubungan intm dengan pasangan. Begitu Mr. P telah masuk ke dalam Mrs. V pasangan, tersebutkan langsung kontraksikan otot PC. Kemudian, mintalah pasangan buat melaksanakan Perihal yang sama terhadap otot PC-nya.

6. Seperti Menahan Buang Angin
Cara senam kegel untyk laki laki satu ini diibaratkan layaknya saat Anda sedang menahan diri buat tidak kentu. Cara ini perlu kontraksi dari otot bokong. Saat Anda dirasa otot anus kencang serta mengangkat, tersebutkan itu berarti Anda telah benar dalam melaksanakannya.

Manfaatkan cermin sebagai alat bantu, coba perhatikan seperti apa pergerakan penis Anda secara vertikal (tanpa menggerakkan badan). Gunakan prinsip lift ketika melakukannya.

Bokong dianalogikan lift, sedangkansasaran latihan ini ialah membawa lift tersebut naik selama 5 detik ke titik tertinggi, kemudian bawa turun lagi buat mengistirahatkannya.

Karena ada banyak ragam dari cara senam kegeluntuk laki laki ini, Anda dapat mencoba cara yang lain juga tiap harinya. Namun ada hal yang cukup penting yang perlu diingat, di antaranya ialah:

Selalu gunakan otot dasar panggul saja, dan bukan lainnya, layaknya perut atau pantat. Supaya tak salah, perhatiin dengan benar otot mana yang benar-benar berkontraksi.

7. Jangan Sekali-Kali Menahan Nafas Atau Menyilangkan Kaki Salama Melakukan Senam Kegel
Lakukan dengan konsisten tiap hari di waktu dan jam yang sama. Tidak seperti latihan lainnya layaknya sit up, plank, serta lainnya, senam kegel dapat dilaksanakan sambil dengan gosok gigi, bercukur, duduk, nonton TV, bahkan saat menyetir mobil.

Dan terlebih lagi, kadang tidak seorang pun bahkan bakal tak sadar kalau dia sedang melakukannya

Cara melakukan Senam Kegel untuk Wanita

Cara melakukan Senam Kegel untuk Wanita
lanjutterus.com

Belum lengkap rasanya jika membahas cara melakukannya bagi pria, tetapi wanita tidak. Wanita pun harus tau seperti apa saja gerakan yang perlu dilakukan untuk senam kegel agar kesehatan reproduksi wanita tetap terjaga.

1. Tentukan Otot yang Hendak Dilatih
Yang pertam kali dilakukan ialah coba tentukan terlebih dahulu otot mana yang hendak dilatih. Caranya ialah ketika buang air kecil di toilet, coba hentikan di stop sejenak, jika air seni berhenti secara langsung, Anda akan langsung tau titik otot mana yang bisa dilatih.

2. Latihan Mengencangkan Otot
Posisi untuk melakukannya ialah dengan berbaring dan otot yang mau dilatih bisa segera dikencangkan layaknya ketika menyetop buang air kecil tadi. Lakukan itu kira-kira 3 detik dan selantjutnya lepaskan alias istirahatkan selama 3 detik juga.

Jika telah selesai, Anda bisa menaikan tingkatkan durasinya selama 1 detik samapai menjadi 4 detik dan jika sudah berhasil, coba tambah terus durasinya hingga akhirnya bisa melakukannya selama 10 detik. Lakukan itu sebanyak 10 hingga 15 kali pada setiap sesinya dan minimal melakukannya ilah 3 kali dalam sehari. Hasilnya nantinya akan optimal jika dilakukan secara rajin dan terus menerus.

3. The Quick Hit
Ketika melakukan gerakan senam kegel, Anda juga bisa mencoba gerakan quick hit. Yang menjadi perhatian sebelumnya ialah bahwa pada gerakan senam ini, dibutuhkan melakukan kontraksi otot secara cepat dan tanpa diberi jeda. Anda dapat melakukannya dengan cepat bahkan lebih baik lagi dilakukan secepat yang Anda mampu.

4. The Relaxer
Salah seorang penulis The Sex & Pleasure Book bernama Carol Queen, phd pun memberikan trik dan tips untuk ‘meremas’ otot PC saat melakukan senam kegel. Coba lakukan sekencang dan sebisa Anda kemudian tahan kira-kira 2 detik dan istirahatkan kembali. Gabungkan juga menggunakan teknik pernapasan yaitu dengan menarik nafas sedalam-dalamnya sambil proses pengencangan. Lanjutkan dengan mengeluarkan nafas panjang saat beristirahat.

5. Latihan Kombinasi Kegel
Secara umum Senam kegel dapat dikombinasikan dengan gerakan-gerakan lain. Jika anda mau, sewaktu melakukan pose yoga bridge, coba juga senam kegel, terlebih lagi pada saat mengangkat pinggul.

Pengkombinasiaan senam kegel dalam posisi yoga begitu berguna dan bahkan bisa dengan gerakan clamshell. Maksudnya senam kegel itu dilakukan ketika salah satu lutut tengah diangkat ke atas. Cuma, tidak boleh asal dalam mengombinasikan senam kegel dengan gerakan atau cara yoga terlebih lagi bagi para pemula.

Demikianlah tadi penjelasan tentang senam kagel. Ternyata senam kagel itu banyak memberikan manfaat bagi pria ataupun wanita, dan untuk gerakannyapun tidak seribet dan sesulit seperti gerakan senam yang ada.

Semoga Artikel ini bisa membantu sobat semua untuk menjadi lebih peduli lagi terhadap kesahatan. Dan jangan lupa bagikan artikel ini jika dinilai bermanfaat. Terimakasih

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment