apa itu sianida

Apa Itu Sianida? Simak Penjelasannya!

APA ITU SIANIDA – Ramainya pemberitaan tentang seorang perempuan yang meninggal setelah meminum kopi, di salah satu restoran yang berada di Jakarta Pusat, membuat banyak orang yang mempertanyakan penyebab kematiannya. Dan menurut pemberitaan yang ada. Perempuan tersebut sudah dipastikan meninggal dikarenakan meminum kopi yang mengandung sianida. Lalu, apa itu sianida? Dan bagaimana sianida dapat membunuh?

Apa Itu Sianida?

apa itu sianida
https://hellosehat.com

Sebelum  memasuki pembahasan mengenai sianida yang sangat berbahaya. Terlebih dahulu, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu apa itu sebenarnya sianida. Sianida adalah pestisida dan insektisida.

Tetapi apabila digunakan sebagai racun, sianida termasuk dalam golongan racun yang mampu bekerja serta menyebar dengan cepat sehingga dapat berpotensi mematikan. Apabila sianida masuk ke dalam perut yang memiliki keasaman lambung yang cukup tinggi, sianida akan melakukan reaksi pada tingkat yang lebih tinggi.

Tidak banyak orang yang memiliki kemampuan untuk mencium bau dari sianida, dikarenakan pada umumnya sianida tidak senantiasa mengeluarkan bau. Sekalipun berbau, aromanya seperti kacang almond pahit. Sianida memiliki bentuk yang beragam. Mulai dari sianida sodium (NaCN) dan sianida potasium (KCN) yang memiliki bentuk kristal, serta berbentuk gas yang tidak berwarna contohnya hidrogen sianida (HCN) dan sianogen klorida (CNCI).

Ada banyak cara sianida bisa masuk ke dalam tubuh manusia, diantaranya yaitu mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan sianida, merokok. melalui udara, meminum minuman yang sudah tercampur sianida dan menyentuh tanah yang terkontaminasi sianida.

Gejala-gejala Terkena Sianida

gejala menderita keracunan sianida
http://www.bodrex.com

Apabila seseorang terkena sianida dalam skala kecil, orang tersebut akan mengalami beberapa gejala, sebagai berikut:

  • Mual
  • Sakit kepala
  • Pusing
  • Merasa gelisah
  • Pernapasan cepat
  • Denyut jantung cepat
  • Badan terasa lemah

Namun, tidak seluruh orang yang mempunyai gejala tersebut berarti mengalami keracunan sianida. Jika seseorang telah terkena sanida dalam jumlah atau skala besar. Ia bisa mengalami:

  • Denyut jantung melambat
  • Hilangnya kesadaran
  • Kejang
  • Kerusakan pada paru-paru
  • Tekanan darah rendah
  • Menderita gagal napas sampai menyebabkan kematian.

Reaksi Sianida Dalam Tubuh

reaksi sianida
http://www.tandapagar.com

Mungkin banyak dari Anda yang bertanya, mengapa sianida bisa berpotensi  besar membunuh seseorang jika sianida masuk ke dalam tubuh. Berikut ini penyebabnya:

  • Ketika sianida masuk ke dalam tubuh manusia, sianida akan mencegah sel-sel yang berada dalam tubuh untuk menggunakan oksigen. Sehingga sel-sel tersebut akan mati.
  • Organ-organ yang paling mengalami kerusakan ialah otak serta jantung karena dibandingkan dengan organ yang lainnya, kedua organ ini merupakan organ yang pada umumnya pengguna oksigen terbesar.
  • Seberapa besar pengaruh sianida dalam tubuh itu tergantung jumlah sianida yang masuk ke dalam tubuh manusia serta lamanya orang itu terkontaminasi racun. Dosis yang fatal jika masuk ke dalam tubuh yaitu 1,5 mg/kg tubuh manusia. Coba bayangkan apabila ada orang yang mengonsumsi lebih dari dosis tesebut.

Disamping itu, sianida dapat masuk ke dalam tubuh melalui makanan, sianida yang berbentuk gas pun tidak kalah berbahanya. Bahkan, paling bahaya dibandingkan dengan bentuk lainnya. Namun, gas terlalu berbahaya jika berada di ruangan yang terbuka, karena bisa menguap dan menyebar. Tetapi lain halnya apabila gas tersebut berada di dalam ruangan tertutup.

Sebenarnya sianida pun terdapat di dalam makanan yang pada umumnya sering dijumpai sehari-hari. Tetapi dalam skala yang rendah, contohnya tapioka, kacang lima, rebung, ubi kayu, biji apel. biji jeruk. biji aprikot, almond dan lubang yang terdapat di dalam buah. Selain itu, sianada pun terdapat di jamur, bakteri, beberapa jenis alga, asap rokok serta asap kendaraan.

Benda Sehari-hari yang Mungkin Dapat Menyebabkan Terpaparnya Racun Sianida

asap rokok mengandung sianida
ipapa.co.id

Berikut ini beberapa benda yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari yang mungkin saja membuat Anda terpapat racun Sianida:

  • Asap Rokok
    Asap yang berasal dari rokok merupakan sumber sianida paling umum. Sianida secara alami terdapat dalam tembakau. Darah seorang perokok kemungkinan mengandung sianida 2.5 kali lebih banyak daripada orang yang tidak merokok.
  • Berbagai Jenis Kimia
    Jenis-jenis kimia yang telah masuk ke dalam tubuh Anda akan dicerna oleh tubuh, dikonversi oleh tubuh menjadi sianida. Beberapa bahan kimia itu seperti cairan pengolah plastik dan penghapus kuteks yang kemungknan masih mengandung sianida.
  • Laetrile
    Suatu komponen yang memiliki kandungan amygladain (bahan kimia yang pada umumnya ditemukan di buah mentah, tumbuhan dan kacang-kacangan) yang sering digunakan untuk pengobatan kanker. Salah satu efek samping penggunaan laetrile yaitu racun sianida.
  • Tanaman yang memiliki kandungan sianida yaitu tanaman singkong dan aprikot. Namun, keracunan sianida hanya bisa terjadi jika Anda terpapar secara parah oleh tanaman-tanaman tersebut.
  • Sianida yang pada umumnya dipakai untuk industri electroplatting, proses pengolahan limbah, plastik sintetis, penelitian kimia dan fotografi.
  • Asap yang berasal yang dihasilkan dari pembakar alat-alat contohnya sutera, plastik dan karet yang membentuk asap yang memiliki kandungan sianida.

Walaupun sianida terdapat di dalam beberapa jenis makanan yang mungkin Anda jumpai sehari-hari, sebenarnya dapat dinyatakan cukup aman asalkan diolah dengan tepat. Pada umumnya, efek mematikan sianida bisa terjadi dikarenakan kecelakaan atau karena disengaja. Tidak jarang sianida digunakan menjadi alat untuk meneror sampai membunuh seseorang karena memiliki efek mematikan yang cukup cepat.

Sekian mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat. Artikel ini hanyalah informasi untuk menambah wawasan Anda tentang apa itu sianida. Untuk masalah pengobatan mengenai sianida bisa ditanyakan kepada doker yang lebih ahli, terima kasih.

Leave a Comment