suhu tubuh bayi

Kenali Suhu Normal Bayi dan Bagaimana Cara Mengukurnya

MENGENAL SUHU NORMAL BAYI – Hampir dari semua orang pernah mengalami demam, baik demam ringan maupun berat atau mengalami kedinginan yang amat sangat. Semua itu sangat berhubungan dengan suhu tubuh, keadaan seperti itu merupakan keadaan yang lazim ditemui dalam kehidupan.

Untuk mengatasi ketidaknyamanan terhadap tubuh, kita harus melakukan berbagai cara mulai dari yang sederhana sampai dilakukan berbagai macam cara yang akhirnya memutuskan untuk berkonsultasi ke dokter. Menanggulangi hal ini kita harus membekali diri dengan segudang pengetahuan agar tidak panik dalam menghadapinya.

Mengenali suhu tubuh sangatlah penting, karena merupakan salah satu tanda fungsi vital tubuh kita yang bisa mendeteksi fungsi sistem tubuh, apakah bekerja dengan normal atau sakit.

Kenali Suhu Normal Bayi

suhu tubuh bayi
hellosehat.com

Pada kenyataannya demam bukanlah merupakan penyakit, melainkan hanya gejala penyakit. Demam akan muncul ketika sistem imun bekerja melawan suatu penyakit dan infeksi seperti virus ataupun bakteri. Meskipun demikian, beberapa kondisi ketika suhu tubuh naik pada bayi harus selalu diwaspadai.

Bagi orang tua sangatlah penting mengetahui suhu normal bayi, supaya cepat melakukan tindakan ketika suhu pada si buah hati Anda mengalami demam dan bersegeralah pergi ke dokter untuk berkonsultasi.

Suhu Normal

Beberapa penyebab demam terhadap si buah hati adalah, ketika tertular pilek atau terjadi infeksi virus. Ada juga penyebab lain seperti infeksi telinga, saluran kemih, dan radang paru (pneumonia), atau bisa juga karena infeksi lain yang lebih serius seperti miningitis.

Selain itu, suhu tubuh bayi akan naik jika berpakaian terlalu tebal, terlalu banyak berada di daerah panas, atau sebagai reaksi terhadap vaksinasi yang telah dilakukan. Biasanya ketika bayi demam ia menunjukkan gejala hangat di bagian dahi, perut, dan punggung. Pipi tampak kemerahan dan terlihat berkeringat.

Suhu normal bayi diukur per-rektal yaitu kisaran 36,6°C – 37°C. Suhu per-rektal di atas  38°C sudah dianggap demam.

Bagi para orang tua sangat dianjurkan untuk mewaspadai demam katika mencapai suhu 38°C terutama saat bayi berusia di bawah 3 bulan. Demam 39°C ke atas pada bayi usia 3 – 6 bulan, lalu segeralah melakukan konsultasi kepada dokter anak.

Tidak hanya itu, Anda juga harus berkonsultasi ke dokter anak apabila demam pada bayi disertai dengan gejala lain seperti kejang demam, ruam, sulit minum, dan bernapas. Anda juga harus waspada ketika bayi mengalami demam yang disertai gejala dehidrasi mulut kering, ubun-ubun cekung ke dalam, menangis tanpa mengeluarkan air mata, atau volume ketika buang air kecil sangat sedikit.

Cara Mengukur Suhu Bayi

suhu tubuh bayi
hellosehat.com

Pada umumnya menyentuh dahi pada bayi biasa dilakukan dengan tujuan agar kita mengetahui suhu normal bayi. Hal seperti itu memang merupakan gejala umum demam. Walaupun belum tentu kenaikan suhu tersebut termasuk dalam kondisi demam.

Untuk menentukan kepastian apakah bayi mengalami demam atau tidak Anda perlu menggunakan suatu alat bantu yang berupa termometer. Dalam mengukur suhu bayi dan anak sangat disarankan untuk memakai termometer digital, karena termometer raksa dianggap terlalu berisiko apabila pecah dan bisa mengakibatkan keracunan.

Terdapat beberapa jenis termometer yang bisa Anda gunakan seperti termometer yang biasanya ditempelkan di ketika, mulut, telinga, dan pada bagian lainnya. Meskipun demikian, termometer rektal yang biasa digunakan pada dubur itu dianggap paling akurat dan penggunaannya mudah.

Ketika ingin memakai termoter yang digunakan pada dubur sangat disarankan untuk memilih desain yang sesuai dengan keperluan tersebut. Biasanya yang memiliki ujung fleksibel dan pegangan lebar guna menghindari termometer agar tidak masuk terlalu dalam.

Saat menggunakannya pastikan terlebih dahulu bahwa termometer tersebut sudah dalam keadaan bersih. Jika kotor Anda bisa mencuci terlebih dahulu dengan menggunakan air sabun atau lap yang dibasahi alkohol, dan yang terakhir pastikan posisi bayi dalam keadaan tengkurap.

Sebelum melakukannya, oleskan terlebih dahulu petroleum jelly pada ujung termometer, lalu masukkan termometer sekitar ke dalaman 2 cm. Biarkan beberapa saat sampai mengeluarkan bunyi yang bertanda bahwa proses pengukuran suhu telah selesai, kemudian tariklah termometer dan lihat hasilnya.

Memahami Suhu Tubuh Normal Manusia

suhu tubuh bayi
hellosehat.com

Mengenai masalah suhu mungkin beberapa orang di antara kita belum mengetahui dengan jelas, kebanyakan orang beranggapan bahwa suhu tubuh normal itu 37°C. Anggapan seperti itu tidaklah benar sepenuhnya, karena suhu normal pada manusia bisa berubah-ubah (bervariasi) berdasarkan pengelompokan usia. Untuk mengetahui simak penjelasan di bawah ini.

  • Suhu normal bayi: 36,1°C – 37,7°C.
  • Suhu normal anak: 36,3°C – 37,7°C.
  • Suhu normal Dewasa: 36,5°C – 37,5°C.

Suhu tubuh normal bisa berubah-ubah sepanjang hari, suhu tubuh terendah biasanya ketika pagi hari, kemudian meningkat hingga 0,6°C pada sore hari. Selain itu suhu tubuh juga dipengaruhi oleh aktivitas sehari-hari.

Untuk berjaga-jaga inilah beberapa tips yang dapat Anda praktekkan untuk menurunkan suhu pada badan kita, setidaknya untuk menghindari dampak negatif akibat tingginya suhu badan, di antaranya:

  • Aturlah udara ruangan sehingga alirannya lancar.
  • Perbanyak minum cairan baik air putih, jus buah atau jus sayur.
  • Istirahat dengan menghindari aktifitas fisik yang berat.
  • Kompres dengan handuk yang dibasahi air hangat.
  • Perbanyak makan buah-buahan yang banyak mengandung air.

Demikian tips sederhana yang bisa Anda coba di rumah, catatan apabila tak kunjung ada perubahan segeralah berkonsultasi ke dokter yang ahli dalam bidang tersebut.

Leave a Comment