17 Tanda-Tanda Mau Melahirkan Dalam Waktu Dekat dan Pejelasannya

TANDA-TANDA MAU MELAHIRKAN – Kehamilan adalah sebuah berkah bagi wanita dan menjadi kodrat yang sudah terpenuhi. Meskipun melahirkan adalah proses yang cukup panjang dan sangat melelahkan, tapi setelah itu akan timbul rasa bahagia karena keluarga baru telah terlahir ke dunia.

Dalam melakukan proses persalinan diperlukan persiapan serta terus bersiaga dalam menghadapi persalinan. Ketika usia kehamilan sudah mendekati 9 bulan makan aka nada beberapa tanda fisik dan emosional yang muncul.

Tanda-tanda ini akan semakin terasa pada beberapa hari atau beberapa minggu sebelum persalinan. Tanda-tanda kehamilan ini tidak dapat dilihat oleh siapapun, hanya bisa dirasakan oleh ibu hamil. Ibu hamil pula yang akan menentukan serta merasakan apakah akan terjadi persalinan atau tidak.

Namun, ada baiknya untuk calon pengantin dan siapun juga untuk mengetahui apa saja tanda-tanda mau melahirkan. Saat kita mengethaui tanda-tanda mau melahirkan maka dapat lebih memahami hal apa saja yang harus dilakukan nanti.

Tanda-Tanda Mau Melahirkan

Tanda-Tanda Mau Melahirkan
dailymoslem.com

Fase melahirkan adalah fase paling mendebarkan sekaligus membahagiakan bagi wanita, maka sangat penting untuk mengetahuinya. Apalagi jika itu adalah kehamilan pertama. Meskipun yang memutuskan waktu yang tepat untuk melahirkan adalah ibu hamil.

Namun sangat penting untuk mengetahui kapan waktu yang paling tepat itu serta metode persalinan yang dipilih. Pada saat trisemester ketiga, ibu hamil wajib untuk menggali informasi sebanyak mungkin perihal kesehatan janin dan persiapan persalinan.

Berikut ini adalah tanda-tanda mau melahirkan;

1. Tidur Tidak Merasa Nyaman

Berhati-hatilah bagi wanita hamil ketika mengalami kesulitan tidur dalam kurun waktu yang cukup panjang. Sulit tidur ini menjadi tanda-tanda mau melahirkan dan tanda sebuah kontraksi yang bersifat halus.

Kontraksi ini menunjukan bahwa ibu hamil akan mengalami pecah ketuban dalam waktu dekat secara mendadak, jika sudah mulai terasa gejala ini maka segeralah konsultasikan ke dokter.

2. Nafsu Makan Meningkat Secara Mendadak

Menginjak usia 9 bulan kehamilan maka akan secara otomatis nafsu makan akan meningkat. Hal ini akan terjadi secara berulang-ulang.jika hal ini terus terjadi dalam beberapa hari maka itu adalah tanda-tanda mau melahirkan.

Kontraksi akan terjadi dalam jangka waktu yang cukup dekat, kontraksi pada rahim akan terasa nyeri ketika terjadi gejala ini.

3. Tubuh Menggigil Bukan Karena Demam

Segeralah datangi rumah sakit atau persalinan jika tubuh ibu hamil menggigil tapi tidak disebabkan karena demam. Gejala menggigil ini adalah salah satu ciri dari kontraksi akan melahirkan, tubuh memberi sinyal pada kandungan bahwa sang jabang bayi akan segera keluar.

4. Air Ketuban Keluar Secara Tiba-tiba

Cairan yang keluar dalam jumlah banyak serta mengalir seperti air tanpa disadari oleh ibu hamil itu diakibatkan oleh pecahnya air ketuban. Pecahnya air ketuban ini menjadi tanda bahwa bayi harus segera dilahirkan.

Jika tidak segera dilahirkan, maka bayi akan mengalami kematian akibat tidak mendapat oksigen yang memadai serta keracunan air ketubannya sendiri.

5. Pinggul dan Pinggang Terasa Pegal serta Nyeri

Sakit dan pegal-pegal pada bagian pinggul serta pinggang yang tidak hilang adalah tanda awal bahwa bayi akan segera dilahirkan, maka dari itu ibu hamil wajib waspada dan tetap menjaga persiapan menjelang proses persalinan.

Jika kontraksi ini terjadi maka segeralah menuju rumah sakit atau tempat persalinan, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika nyeri pada pinggang terus berlangsung.

6. Kondisi Hati yang Tidak Menentu

Ini adalah kondisi psikologis dari ibu hamil. Kondisi hati ibu hamil akan cenderung mudah berubah seperti mudah tersinggung dan sering uring-uringan. Kondisi ini menandakan bahwa ibu hamil telah mengalami kontraksi secara psikis bahwa bahwa sebentar lagi bayi akan segera dilahirkan.

7. Mual dan Muntah

Bayi dalam kandungan akan melakukan pergerakan aktif untuk mencari jalan keluar dari mulut rahim, apa yang dilakukan oleh bayi ini akan membuat ibu hamil terasa mual dan sakit kepala. Jika terus terjadi maka ibu hamil akan muntah. Ini juga menjadi salah satu tanda bahwa ibu hamil akan segera melahirkan.

8. Bagian Atas Perut Terasa Kosong

Kadang ibu hamil merasa panik jika bagian perut atas terasa kosong. Tapi tenang saja, ini adalah tanda-tanda mau melahirkan, ketika bagian atas perut terasa kosong namun bagian perut terasa penuh dan ada penekanan, itu tandanya kepala bayi sudah ada di pintu rahim.

Dalam beberapa jam maka air ketuban akan pecah, maka segeralah pergi ke dokter atau tempat persalinan karena dalam beberapa jam kemudian akan berlangsung proses persalinan.

9. Usus Besar Berkontraksi

Ketika sudah dekat masa melahirkan, bukan hanya rahim saja yang akan mengalami kontraksi, namun usus besar juga akan mengalami kontraksi. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan hormone prostaglandin pada tubuh, itu lah yang menyebabkan kenapa dinding usus terasa nyeri.

10. Pergerakan Janin Melambat dan Jarang Terjadi

Bayi akan melakukan kontraksi yang cukup unik sebelum terjadinya persalinan, kontaksi itu tidak disadari oleh ibu hamil. Kontraksi ini berupa gerakan dalam rahim akan sangat lambat. Namun pada saat itu sebenarnya bayi sedang mengatur posisi untuk keluar dari rahim.

Akibat dari kontraksi ini maka rahim ibu hamil akan terasa sangat nyeri. Ketika kontraksi ini terjadi, maka persiapkan segera kebutuhan persalinan.

11. Buang Air Terus Menerus

Pada hamil trisemester, maka ibu hamil akan merasa ingin buang air kecil terus menerus. Hal tersebut terjadi karena bayi dalam kandungan melakukan pergerakan serta dorongan yang menimbulkan penekanan pada bagian perut bawah atau kandung kemih.

Maka dari itu, ibu hamil akan merasa terus-menerus ingin buang air kecil. Kontraksi ini pertanda bahwa jabang bayi ingin segera dilahirkan dalam waktu dekat.

12. Keluar Flek Darah dan Cairan dari Vagina

Jangan kaget jika muncul flek darah dan cairan dari vagina, ini adalah tanda akan segera terjadi persalinan. Flek darah tersebut adalah indikasi adanya kontraksi dari rahim bahwa air ketuban akan pecah dalam beberapa jam kedepan.

13. Vagina Mengeluarkan Lendir

Waspadalah saat lender keluar dari vagina. Pada awalnya lender akan keluar sedikit demi sedikit namun akan banyak dalam waktu yang lama. Lendir ini tidak kental melainkan encer seperti air biasa. Ini adalah kontraksi rahim yang menjadi pertanda akan segera dilakukan persalinan.

14. Perus Terasa Kaku dan Keras

Pasa masa trisemester, perut ibu hamil akan mengeras dan kaku. Hal ini akan membuat ibu hamil tidak merasa nyaman ketika duduk atau tidur. Perus yang mengeras ini menandakan bahwa bayi mulai melakukan pergerakan kepala menuju mulut rahim.

Ini lah yang menjadi penyebab perus terasa keras, selain itu juga akan terasa mula. Waspadalah jika perus semakin mengeras karena ini adalah awal kontraksi dari bayi yang akan segera keluar.

`15. Sakit Pada Vagina

Pada usia kehamilan 9 bulan, maka mulut rahim akan mulai membuka dengan sendirinya. Otot-otot di sekitar leher rahim akan mengalami penekanan yang diakibatkan bayi yang mulai keluar, saat ini vagina akan terasa nyeri.

Jika hal ini terasa berulang-ulang maka langsung lakukan persalinan secepatnya, karena bayi sudah harus dilahirkan.

16. Sakit Pada Punggung

Punggung yang terasa sakit dalam beberapa hari menjadi tanda bahwa persalinan sudah sangat dekat. Punggung yang sakit sering diikuti oleh pecahnya air ketuban secara tiba-tiba dalam jumlah yang cukup banyak.

Jika sudah terjadi tanda-tanda ini maka segeralah datang ke rumah sakit atau tempat persalinan untuk segera melakukan lahiran bayi.

17. Perubahan Pada Serviks

Jaringan pada serviks menjadi lunak dan lebih elastis, jika sebelumnya pernah melahirkan, maka serviks akan lebih membesar sekitar 2 cm. Bagi yang pertama kali melahirkan, memerlukan waktu sampai serviks melebar.

Tips Menjelang Masa Persalinan

ummi-online.com

Pada umumnya persalinan terjadi pada usia kandungan sudah 9 bulan atau 40 minggu. Pada saat itu kondisi fisik bayi sudah benar-benar matang dan siap menjalani proses persalinan. Tapi tidak semua wanita melahirkan pada usia kandungan seperti diatas, ada beberapa bayi yang lahir premature atau lebih cepat dari usi normal.

Maka dari itu tidak ada salahnya untuk mempersiapkan segala kebutuhan apa saja yang diperlukan dalam menghadapi masa persalinan ini. Persiapkan kebutuhan yang benar-benar penting dan dibutuhkan sehingga mudah dibawa ketika pergi menuju tempat persalinan.

Berikut ini adalah tips menjelang masa persalinan.

  • Bawa pakaian dan perlengkapan mandi
  • Perlengkapan bayi.
  • Makanan ringan
  • Bantal dan selimut.
  • Majalah, buku atau barang apapun yang bisa digunakan sambil menunggu proses persalinan.
  • Jika ingin mengabadikan momen bersejarah seperti persalinan, maka bawalah kamera.

Siapkan alat-alat diatas ketika usia kehamilan menginjak 9 bulan, simpanlah di tempat yang mudah dijangkau dan jangan lupa dibawa ketika akan berangkat menuju rumah sakit atau tempat persalinan. Dengan mengetahui tanda-tanda mau melahirkan maka kita akan lebih siap dan matang menyambut kelahiran jabang bayi.

Leave a Comment