Mengenali Penyebab Telinga Gatal dan Cara Menghindarinya

Tahukah kamu telinga itu sangat berperan penting dalam kehidupan manusia sehari-hari? telinga merupakan organ yang berperan terhadap pendengaran kita untuk menangkap bunyi atau suara.

Apa jadinya jika kita tidak bisa menangkap suara? kita tidak bisa mendengar informasi atau berkomunikasi dengan orang lain.

Hal-hal yang Menyebabkan Telinga Gatal

Menjaga telinga sangatlah penting, jika mengalami sedikit gangguan saja, telinga bisa menimbulkan respon atau reaksi tertentu misalnya munculnya rasa gatal pada telinga.

Banyak orang yang menganggap telinga gatal merupakan hal biasa. Padahal ini merupakan tanda akan adanya penyakit yang lebih serius. Inilah hal yang menyebabkan telinga gatal diantaranya:

Infeksi Telinga (0titis Eksterna)

Otitis eksterna adalah infeksi yang terjadi pada saluran yang menghubungkan lubang antara telinga luar dengan gendang telinga. Umumnya kondisi ini sering di kenal sebagai swimmer’s ear karena sering terjadi ketika banyak waktu dihabiskan untuk berenang.

Kondisi ini bisa menyerang orang dewasa ataupun anak-anak. Jika dalam saluran telinga masih ada air yang tersisa bisa menjadi media perkembangbiakan bakteri.

Infeksi ini bisa menyebabkan terjadinya gatal, nyeri, telinga merah dan telinga bengkak. Luka garukan atau gesekan oleh pengguna handphone atau cotton bud mengakibatkan terjadinya infeksi yang mengakibatkan kerusakan lapisan luar telinga.

telinga gatal karena infeksi
perlengkapanbayibarulahir69.blogspot.co.id

Pada kasus tertentu, bakteri pseudomonas aeruginosa menyebabkan otitis eksterna bisa menyebar sampai ke jaringan di luar telinga, seperti wajah dan rahang, sehingga menjadi otitis eksterna ganas.

Kondisi ini dapat mengancam jiwa jika tidak segera ditangani karena dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan menyebar ke otak.

Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit yang menyerang kulit yang sudah kronis. penyakit ini menimbulkan gejala seperti ruam memerah, kulit menebal, terkelupas, dan bersisik.

Sel kulit biasanya berkembang lebih cepat bagi pengidap psoriasis, sehinga sel-sel kulit mati menumpuk dan menyebabkan kulit gatal dan kering. Biasanya penyakit psoriasis timbul pada lutut dan punggung bagian bawah, namun bisa juga timbul di telinga.

Kulit Kering

Telinga bisa mengalami kulit kering karena ketika telinga tidak memproduksi cukup lilin sebagai bahan pelumas. Kulit kering ini bisa menyebabkan rasa gatal dan mendapati kulit yang mengelupas dari dalam telinga.

Dermatitis Saluran Telinga

Dermatitis saluran telinga ini terjadi akibat peradangan pada kulit dalam telinga dan saluran telinga. Dermatitis saluran telinga biasanya di sebabkan alergi terhadap benda asing. Contohnya memakai produk kecantikan atau menggunakan perhiasan.

Penggunaan Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar yang digunakan untuk membantu pendengaran yang kurang ini juga bisa menimbulkan alergi terhadap telinga. Alat bantu dengar ini bisa menyebabkan air di dalam telinga terjebak tidak keluar.

Rhinitis

Peradangan pada lapisan rongga hidung yang dapat bersifat sementara ataupun terus-menerus sehingga bisa menyebabkan alergi ataupun tidak.

Rhinitis alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh mendeteksi dan mengusir benda asing atau sumber penyebab alergi dengan mengeluarkan histamin.

Keluhan yang sering dirasakan yaitu hidung berair, sering bersin dan gatal pada telinga.

Penumpukan Lilin Telinga

Tubuh kita bisa menghasilkan lilin telinga yang berfungsi melindungi telinga bagian dalam agar terhindar dari debu dan bakteri. Jika lilin ini masuk kedalam telinga yang disebabkan penggunaan cotton bud maka akan menutup jalan telinga sehingga akan timbul rasa gatal dan nyeri.

telinga gatal akibat cutton bud
konsultasisyariah.com

Cara Pencegahan Telinga Gatal

Penanganan telinga gatal akan disesuaikan dengan penyebab awal mulanya gatal pada telinga, alangkah baik jika kita bisa mencegah kondisi ini. Inilah beberapa cara pencegahan telinga gatal diantaranya adalah:

  • Jika telinga gatal yang disebabkan oleh penggunaan produk kecantikan, maka solusinya penggunaan produk kecantikan harus dihentikan.
  • Hindari memasukkan benda ke dalam telinga yang beresiko menimbulkan iritasi.
  • Secara rutin bersihkan telinga ke dokter THT atau pakailah obat tetes telinga yang dapat dibeli bebas seseuai anjuran.
  • Untuk menghindari gatal akibat alergi perhiasan ada baiknya gunakan perhiasan anti-alergenik.
  • Ketika berenang gunakan penutup telinga.