Telinga Kanan Berdenging dan Penyembuhannya

TELINGA KANAN BERDENGING – Halo apa kabar para pembaca sekalian? semoga saja selalu sehat ya. Untuk kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai telinga kanan berdenging.

Anda pasti pernah mengalami telinga berdenging. Beberapa orang mempeyai bahwa telinga berdenging ini merupakan salah satu pertanda akan terjadi sesuatu hal. Padahal secara medis, telinga berdenging merupakan salah satu kondisi yang disebut sebagai tinnitus.

Tinnitus terjadi apabila terdengar suara-suara tak normal yang berasal dari dalam telinga, dan terdengar seperti  berdengung, suara siulan ataupun suara bising mesin. Denging ini bisa bertahan lama, tetapi biasanya akan hilang dalam beberapa detik saja.

Untuk orang-orang tertentu, tinnitus bahkan dianggap benar-benar mengganggu konsentrasi, sehingga dapat menyebabkan masalah pada tidur hingga depresi.

Tinnitus akan terdengar semakin jelas ketika Anda berada di dalam tempat yang hening, atau ketika hendak tidur. Di samping itu, penderitanya akan lebih sensitif terhadap volume suara walaupun normal sekalipun bagi banyak orang. Kondisi ini dinamakan hyperacusis.

Apabila suara ini hanya bisa didengar oleh Anda, maka itu artinya Anda mengalami tinnitus atau telinga kanan berdenging subjektif. Kondisi semacam ini bisa dipicu oleh masalah pada telinga luar, tengah, ataupun dalam.

Disamping itu, terjadi masalah pada saraf pendengaran atau bagian otak yang berfungsi dalam pendengaran. Tetapi apabila suara-suara tersebut dapat didengar oleh dokter ketika pemeriksaan, maka itu artinya Anda mengalami tinnitus objektif.

Tinnitus dapat pula dipicu oleh masalah pembuluh darah, kondisi tulang telinga dalam hingga kontraksi pada otak. Sedikitnya ada dua penyebab dari tinnitus. Yaitu penyebab ringan dan penyebab yang serius. Dapat dijelaskan sebagai berikut:

Penyebab Ringan Telinga Kanan Berdenging

sumber: pinterest.com

Penyebab ringan ini tidak berasal dari penyakit yang serius. Diantara penyebabnya yaitu:

Karena Mendengarkan Suara yang Terlalu Keras

Terlalu sering mendengar suara terlalu keras dapat menyebabkan telinga kanan berdenging Ini juga berlaku bagi teringa kiri

Pada beberapa kasus, bahkan tinnitus dapat terjadi secara permanen apabila penderita mendengar suara yang keras dalam jangka waktu yang lama.

Banyak Kotoran Telinga

Banyaknya kotoran yang ada di dalam telinga akan menyebabkan iritasi hingga hilangnya pendengaran pada gendang telinga.

Kekurangan Zat Besi

Kekurangan zat besi juga dapat mengakibatkan telinga kanan berdenging

Efek Samping dari Obat-obatan

Penggunaan obat-obatan seperti antibiotik, kina, dan aspirin dapat pula membuat seseorang mengalami tinnitus dan berpotensi telinga kanan berdenging.

Gerakan Tubuh

Sebagai contoh, ketika Anda bangkit dari posisi tidur atau duduk, ataupun menggerakkan kepala. Gerakan inilah yang nantinya akan menyebabkan terjadinya perubahan tekanan pada saraf, otot, dan pembuluh darah di sekitar telinga yang dapat memicu terjadinya tinnitus.

Infeksi Telinga

Apabila infeksi ini sudah disembuhkan, biasanya tinnitus dapat sembuh dengan sendirinya.

Cemas atau Stres

Kecemasan dan stres juga ditengarai sebagai salah satu dari faktor penyebab terjadinya tinnitus.

Penurunan pada Daya Pendengaran

Hal ini biasanya terjadi pada seseorang yang sudah lanjut usia. Setelah usia seseorang lebih dari 60 tahun, maka pendengarannya akan melemah, dan telinga terkadang akan berdenging.

Penyebab Serius Telinga Kanan Berdenging

sumber: netdoctor.co.uk

Diantara penyebab serius telinga kanan berdenging ialah:

Aterosklerosis

Atau penyempitan pada pembuluh darah akibat penumpukan kolesterol. Seiring bertambahnya usia, seseorang akanmmpai kolesterol yang tinggi apabila tidak melakukan pencegahan di masa mudanya.

Oleh karena hal tersebut, maka pembuluh darah utama yang terletak di dekat telinga bagian tengah dan dalam akan mulai kehilangan elastisitasnya. Aliran darah menjadi lebih kuat sehingga telinga yang sangat peka dengan getaran akan mendengar aliran tersebut sebagai dengingan.

Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi dapat mengakibatkan telinga kanan berdenging, karena hipertensi merupakan suatu pengaliran darah yang tidak normal. Ketika ketidaknormalan ini masuk ke area telinga, maka telinga yang sangat peka akan menangkap sinyal tersebut menjadi suara dengingan.

Penyakit Meniere

Penyakit Meniere terjadi karena tekanan pada koklea, yaitu suatu struktur yang terdapat di telinga bagian dalam. Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang menjadi pusing atau vertigo, kehilangan pendengaran, hingga tinnitus.

Terdapat Tumor di Bagian Kepala

Adanya tumotr yang tumbuh pada kepala, dapat menyebabkan telinhga kanan maupun kiri berdenging, hal ini terkjadi karena pembuluh darah di kepala atau leher terjadi ketidak normalan karena tertekan oleh tumor tersebut.

Penyembuhan pada Telinga Kanan Berdenging

sumber: kenalitinnitus.com

Untuk mengetahui maslahnya lebih mendalam dan mendetail, Anda dapat mengkonsultasikan kondisi telinga berdenging anda kepada dokter THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan). Dokter nantinya akan akan melakukan pemeriksaan menggunakan otoskop untuk memeriksa telinga.

Di samping itu, dapat pula dilakukan tes pendengaran (audiometri) guna melihat kemungkinan adanya gangguan pendengaran. Biasanya dokter akan menggunakan alat otoacoustic emissions (microphone yang dimasukkan ke dalam telinga).

Hal ytersebut bergunak dalam pemeriksaan pada anak, dan pure tone audiometry (menggunakan headphone) untuk pemeriksaan pada orang yang sudah dewasa. Untuk tes lanjutan dapat pula digunakan scan pada otak.

Nah Demikianlah penjelasan mengenai telinga kanan berdenging. Sempga bermanfaat. Kami hanya memaparkannya sesuai dengan analisa dari dunia kedokteran. Karena kami tidak mempelajari dan tidak mempercayai predikisi atau ramalan primbon dari orang zaman dahulu secara turun temurun.