Tes Darah, Apa Fungsi dan Jenisnya?

Apa itu tes darah? Tes darah adalah proses pengambilan sampel darah melalui tusukan pada jari atau pembuluh vena di bagian lengan dengan menggunakan media jarum yang kemudian akan diuji di laboratorium.

Tes darah mempunyai berbagai macam kegunaan, umumnya dilakukan untuk tujuan medis, misalnya untuk menilai kesehatan seseorang, mengkonfirmasi adanya bakteri atau virus, melihat baik tidaknya fungsi organ organ penting dalam tubuh, mengetahui kandungan mineral dalam tubuh, tes obat obatan terlarang, dll.

Selain itu, tes darah juga sering dilakukan sebelum nikah, atau yang lazim disebut tes darah pranikah.

Apa Fungsi Tes Darah?

tes darah itu adalah

 

Darah mengalir ke seluruh tubuh, dipompa oleh jantung dan bertindak sebagai pembawa nutrisi dan zat zat penting ke seluruh jaringan tubuh.

Ada banyak zat yang dibawa darah ke seluruh tubuh, sekitar 40% adalah sel darah, yang terdiri dari sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit. Darah juga membawa kembali zat zat sisa ke tempat pembuangan/ekskresi.

Karena peran pentingnya dan banyaknya faktor yang mempengaruhi kondisi aliran darah. Sangat penting bagi kita untuk mengetes kondisi darah kita..

Alasan lain mengapa tes darah dilakukan adalah untuk memantau aktivitas dan tingkat keparahan penyakit/kondisi seseorang.

Selain itu tes golongan darah juga umum dilakukan untuk mengetahui golongan darah seseorang sebelum transfusi darah.

Ada berbagai macam teknik pengambilan darah, yang paling umum dan familiar adalah teknik venipunktur, karena teknik ini paling sederhana dan tidak terlalu menyakitkan.

Teknik venipunktur adalah teknik yang mengambil darah melalui pembuluh darah kototr yang terdiri dari plasma dan sel darah dengan memakai jarum yang dimasukkan kedalam tabung.

Selain teknik venipunktur, teknik finger stick juga cukup sering digunakan dalam proses penambilan darah. Teknik ini menggunakan lanset (jarum yang sangat kecil) untuk mengambil sampel darah yang kemudian dimasukkan ke dalam tabung kapilar.

 

Jenis Jenis Darah

biaya tes darah

 

  • Pemeriksaan darah lengkap

    Tes ini adalah tes yang paling sering dan umum digunakan. Tes ini berfungsi untuk memeriksa keadaan kesehatan seseorang, atau untuk melihat penyakit dalam kondisi tertentu, seperti demam berdarah, tipus.

    Pemeriksaan ini sebenarnya tidak memberikan diagnosa definitif terhadap suatu penyakit, namun tetap efektif untuk memberi petunjuk dalam menentukan masalah kesehatan yang dialami seseorang.

    Tes darah lengkap akan mengukur jumlah dari masing masing jenis sel darah yang meliputi hemoglobin, trombosit (keping darah), leukosit (sel darah putih).

  • Tes Gula Darah Diabetes

    Terjadi karena tubuh tidak mampu memproduksi insulin yang cukup dan cara kerja insulin yang abnormal. Insulin sendiri adalah zat yang berfungsi untuk mengubah zau gula (glukosa) menjadi energi bagi tubuh.

    Tes Gula Darah Sendiri untuk mengukur jumlah insulin yang dihasilkan tubuh dan mendignosa seseorang terkena diabetes atau tidak.

    Seseorang dengan diabetes cenderung memiliki kadar gula darah tinggi. Oleh karena itu sangat penting bagi penderita diabetes untuk mengatur asupan, terutama yang mengandung zat gula tinggi.

    Selain itu, deteksi dini dengan tes gula darah sangat diperlukan untuk melakukan pencegahan.

  • Uji protein C – reaktif

    Tes ini berfungsi untuk mendeteksi adanya peradangan. Protein yang diproduksi oleh hati ini, jika lebih tinggi dari keadaan normal, berarti terjadi peradangan di dalam tubuh.

    Masih banyak jenis tes darah lainnya yang akan dibahas, mau tau lagi? atau pingin konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya? Kunjungi aja alodokter