testis

Penyebab Testis Besar Sebelah

Testis besar sebelah – Perbedaan ukuran testis pada pria adalah salah satu kekhawatiran besar yang dialami para pria dewasa khususnya yang sedang dalam usia produktif.

Kekhawatiran yang terjadi memang sangat beralasan, mengingat testis atau umumnya dikenal dengan buah Zakar berfungsi sebagai penghasil hormon serta sperma bagi pria. Hal ini tentunya akan berdampak pada gangguan kesuburan pria.

Namun, bentuk dan ukuran testis pada dasarnya tidak bisa diukur hanya dengan melakukan perbandingan antara kedua testis. Sebab di dalam struktur anatomi tubuh manusia, pada dasarnya terdapat beberapa variasi bentuk yang dimana hal tersebut adalah wajar secara medis.

Bentuk variasi diantaranya seperti ukuran testis yang berbeda satu dengan yang lainnya pada pria, atau ukuran payudara yang tidak sama pada wanita. Selama perbedaan ini tidak terlalu signifikan maka kondisi tersebut masih bisa dikatakan normal.

Untuk mengetahui normal atau tidaknya ukuran testis, sebaiknya lakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter yang ahli di bidang ini untuk memastikan kondisi testis tersebut.

Testis Besar Sebelah Akibat Varikokel

testis besar sebelah
collegehumor.com

Varikokel adalah penyakit berupa varises yang muncul pada kantung zakar. Varikokel terjadi akibat pembulu darah vena kantong zakar(skrotum) mengalami pelebaran sehingga mendarahi testis. Proses kerja aliran darah vena ini diatur oleh satu katup satu arah yang akan mencegah darah kembali.

Katup yang tidak berfungsi normal akan menyebabkan penyumbatan yang akan menghasilakan pembengkakan vena yang akhirnya membentuk Varikokel.

Prosedur Pemeriksaan Testis Besar Sebelah

Pemeriksaan akan dilakukan dalam keadaan pasien sedang berdiri. Caranya dengan memperhatikan secara visual bentuk kantung zakar. Selanjutnya zakar diraba. Pemeriksaan juga terkadang dilakukan dengan meminta pasien untuk mengedan.

Jika terdapat Varikokel, maka akan terlihat perubahan bentuk kantung zakar yang terlihat membesar khususnya apabila Varikokel telah membesar. Namun, apabila tidak terlihat perubahan bentuk, maka dapat dilakukan pengecekan lebih dalam dengan meraba kantung zakar.

Apabila terdapat Varikokel, akan ditemukan pembengkakan seperti kumpulan cacing pada sebuah kantung yang berada diatas testis. Namun pada prakteknya, tidaklah mudah menemukan Varikokel pada kantung zakar meskipun telah terdapat tanda-tanda yang mendukung.

Oleh karena itu diperlukan bantuan alat medis yang dapat mendeteksi apabila terjadi peningkatan aliran darah dalam pembulu darah testis. Apabila anda merasakan ada hal yang aneh pada testis anda sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter yang ahli untuk memastikan jenis kelainan yang diderita.

Penyebab Lain dari Perubahan Ukuran Testis

penyebab testis besar sebelah
flickr.com

Selain Varikokel, Beberapa penyebab lain dari perubahan testis adalah:

Testis Besar Sebelah Karena Trauma Fisik

Seorang pria umumnya senang melakukan aktifitas-aktifitas di luar ruangan dan berbagai aktifitas-aktifitas olahraga. Dari kegiatan-kegiatan tersebut terkadang organ vital pria mengalami benturan yang mengakibatkan trauma pada testis secara fisik.

Trauma fisik yang diakibatkan dari aktifitas memiliki kemungkinan dapat mengganggu produksi sperma sebab testis tersebut bisa saja mengalami kerusakan. Oleh karena itu sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter apabila hal ini terjadi pada anda.

Testis Besar Sebelah Karena Kurang Tidur

Kebiasaan begadang atau kurang tidur juga bisa dapat mempengaruhi ukuran testis. Hal ini disebabkan oleh kadar testosteron mengalami penurunan yang akan diikuti dengan berkurangnya produksi sperma.

Faktor Usia

Bertambahnya usia juga merupakan salah satu faktor menyusutnya ukuran testis. Penyebabnya adalah berkurangnya produksi hormon yang disebabkan oleh pertambahan usia. Hal ini lah yang menyebabkan ukuran testis berbeda yang satu dengan yang lain.

Infeksi dan Pelebaran Pembulu Darah Testis

Ukuran testis yang berubah juga terkadang terjadi akibat adanya infeksi pada organ vital pria. Untuk lebih jelasnya sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter.

Testis Besar Sebelah Akibat Penyakit Hernia 

Hernia atau umumnya dikenal dengan nama usus turun juga berdampak pada terjadinya perubahan ukuran kantung zakar. Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab terjadinya perubahan ukuran testis. Ukuran testis yang berbeda satu sama lain sebaiknya tidak dianggap remeh.

Apabila anda mendapatkan kelainan ini, segera lakukan pemeriksaan ke ahlinya untuk mendapatkan penjelasan pasti mengenai kelainan yang anda derita.

Leave a Comment