Luka Anda Sulit Sembuh? Mungkin Gangguan Trombosit Adalah Penyebabnya

TROMBOSIT ADALAH sel darah tidak berinti yang berasal dari sitoplasma megakariosit. Ukurannya lebih kecil jika dibandingkan dengan leukosit dan eritrosit.

Trombosit tidak berinti, bentuknya kecil dan tidak teratur. Jumlah trombosit dalam 1 milimeter kubik darah kurang lebih sekitar 200 ribu sampai 400 ribu set trombosit.

Secara ultrastruktur trombosit dapat dibagi atas zona perifer, zona sol gel dan zona organella. Zona perifer terdiri atas glikokalik, suatu membran ekstra yang terletak di bagian paling luar, di dalamnya terdapat membran plasma dan lebih dalam lagi terdapat sistem kanal terbuka.

Zona sel gel terdiri atas mikrotubulus, mikrofilamen, sistem tubulus padat (berisi nukleotida adenin dan kalsium). Selain itu juga terdapat trombostenin, suatu protein penting untuk fungsi kontraktil.

Zona organella terdiri atas granula padat, mitokondria, granula α dan organella (lisosom dan retikulum endoplasmik). Granula padat berisi dan melepaskan nukleotida adenin, serotonin, katekolamin dan faktor trombosit.

Sedangkan granula α berisi dan melepaskan fibrinogen, PDGF (platelet-derived growth factor), enzim lisosom.

Terdapat 7 faktor trombosit (platelet factor) yang telah diidentifikasi dan diketahui ciri-cirinya. Dua diantaranya dianggap penting yakni PF3 dan PF4. (6,11,13)

Trombosit berperan dalam pembekuan darah jika kita mengalami luka. Trombosit mudah pecah jika keluar dari pembuluh darah dan jika terkena beban keras.

Jika Anda pernah menglami luka pada kulit sampai darah keluar, kemudian lama kelamaan darah tersebut berhenti keluar dan mengering. Proses berhentinya darah yang keluar karena peran dari trombosit.

Untuk menambah wawasan Anda tentang trombosit, maka kali ini kami akan membahas mengenai struktur trombosit, jumlah trombosit, fungsi trombosit, dan pembatasan fungsi trombosit.

Struktur Trombosit

struktur trombosit adalah
wikimedia.org

Trombosit adalah bagian dari beberapa sel-sel besar dalam sumsum tulang yang berbentuk cakram bulat, oval, bikoveks, tidak berinti, dan hidup sekitar 10 hari.

Jumlah Trombosit

jumlah trombosit adalah
pinterpandai.com

Jumlah trombosit adalah sekitar 150 dan 400 x 10 pangkat 9 per kuter (150.000-400.000/mililiter), sekitar 30-40% terkonsentrasi di dalam limpa dan sisanya bersirkulasi dalam darah.

Fungsi Trombosit

rungsi trombosit adalah
pinterpandai.com

Trombosit berperan penting dalam proses pembekuan darah. Trombosit dalam keadaan normal bersirkulasi ke seluruh tubuh melalui aliran darah.

Namun, dalam beberapa detik setelah kerusakan suatu pembuluh, trombosit tertarik ke daerah tersebut sebagai respons terhadap kolagen yang terpajan di lapisan subendotel pembuluh.

Trombosit melekat ke permukaan yang rusak dan mengeluarkan beberapa zat (serotonim dan histamin) yang menyebabkan terjadinya vosokonstriksi pembuluh.

Fungsi lain dari trombosit adalah untuk mengubah bentuk dan kualitas setelah berikatan dengan pembuluh yanng cedera.

Trombosit akan menjadi lenket dan menggumpal bersama membentuk sumbat trombosit yang secara efektif menambah daerah yang luka.

Pembatasan Fungsi Trombosit

fungsi trombosit adalah untuk membatasi diri
ytimg.com

Penimbunan trombosit yang berlebihan dapat menyebabkan penurunan aliran darah ke jaringan atau sumbatan menjadi sangat besar, sehingga lepas dari tempat semula dan mengalir ke hilir sebagai suatu embolus dan menyumbat aliran ke hilir.

Guna mencegah pembentukan suatu emboli, maka trombosit-trombosit tersebut mengeluarkan bahan-bahan yang membatasi luas penggumpalan mereka sendiri.

Bahan utama yang dikeluarkan oleh trombosit untuk membatasi pembekuan adalah prostaglandin tromboksan A2 dan prostasklin I2.

Tromboskan A2 merangsang penguraian trombosit dan menyebabkan vasokonstriksi lebih lanjut pada pembuluh darah.

Sedangkan prostasiklin I2 merangsang agregrasi trombosit dan pelembaran pembuluh, sehingga semakin meningkatkan respon trombosit.

Trombosit Tinggi

trombosit tinggi
ytimg.com

Masyarakat pada umumnya hanya mengenal kondisi trombosit rendah saja, atau trombositopenia yang dapat membahayakan tubuh karena bisa mengakibatkan pendarahan pada tubuh.

Akan tetapi, kondisi kadar trombosit naik atau disebut juga dengan trombositosis merupakan kondisi yang cukup berbahaya bagi tubuh karena kadar trombosit pada tubuh melebihi 450.000.

Penyakit ini merupakan kelainan yang bisa diderita olah siapapun baik, anak kecil , remaja, dewasa, laki-laiki, ataupun perempuan.

Penyebab Trombosit Tinggi

Penyebab Trombosit Tinggi
sciencemag.org

Penyebab tombosit tinggi dibagi menjadi dua jenis, yaitu sebab primer dan sebab sekunder :

1. Trombositosis Primer atau Trombosit Esensial adalah kadar trombosit dalam darah meningkat dengan sendirinya tanpa ada sebab apapun. Kenaikan trombosit ini diprediksi karena adanya kelainan pada sumsum tunglang dan DNA sebagai pemberi perintah.

Kondisi seperti ini menggambarkan bahwa sumsum tulang memproduksi sel-sel yang membentuk trombosit (megakariosit) dengan kadar yang berlebihan.

2. Trobositosis sekunder atau trombosit reaktif adalah kondisi dimana kadar trombosit meningkat karena ada sebab-sebab yang mengakibatkannya.

Beberapa kasus yang menyebabkan tombosit meningkat seperti pendarahan akut, infeksi akut, kehilangan darah akut, reaksi alergi, hemolisis, peradangan akut, pengangkatan limpa, gangguan ginjal, leukemia, kanker, dan beberapa jenis obat-obatan seperti Epinefrin termasuk adrenalin dan epipen, Bicristine, dan Tretionin.

Batas Normal Trombosit

batas normal trombosit
wisegeek.com

Trombosit dikatakan normal apabila jumlah trombosit dalam tubuh manusia adalah sekitar 150.000-450.000 sel per mikroliter darah.

Cara Mengobati Trombosit Primer (trombositosis esensial)

menyembuhkan trombosit primer
policymantra.com

Pengobatan untuk pasien yang mengalami trombositosis esensial dilakukan dengan menekan produksi trombosit yang dilakukan oleh sumsum tulang.

Pengobatan ini bisa dilakukan dengan memberikan beberapa jenis obat seperti anagrelide, hidroksiure, serta interferon alfa 2b. Akan tetapi penggunaan obat-obat tersebut harus memerlukan perhatian yang khusus.

Selain melakukan penyembuhan dengan mengkonsumsi obat, penderita kelainan trombositosis esensial juga bisa secara rutin mendonorkan darahnya untuk pasien yang membutuhkan.

Cara Mengobati Trombosit Sekunder (trombositosis reaktif)

Pengobatan yang dilakukan untuk mengobati kelainan tormbosit adalah dengan memperhatikan terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab kelainan ini.

Jika kenaikan trombosit dikarena cedera atau operasi, maka jumlah trombosit akan normal dengan sendirinya.

Apabila kenaikan trombosit disebabkan oleh infeksi kronis atau penyakit lainnya, maka jumlah trombosit akan tetap tinggi sampai kondisi mendasar yang menyebabkan kenaikan trombosit diatasi.

Jika dalam diri Anda mengalami kondisi trombosit tinggi, melakukan gaya hidup sehat adalah pilihan yang tepat untuk mendapatkan kesembuhan.  Hal ini juga bisa mengurangi komplikasi pada tumbuh Anda.

Mungkin demikian informasi terkait Trombosit yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat dan bisa membantu kesembuhan Anda (bagi Ada yang mengalaminya), terimakasih.