Tulang Belikat Beserta Letak, Fungsi, dan Bentuk

TULANG BELIKAT – Selamat datang di portal sehatafiat, bagaimana kabarnya? semoga sehat selalu yah. Ok, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Tulang belikat beserta letak, fungsi, bentuk dan penyakit.

Tulang belikat ini keberadaannya bagi tubuh sangat penting sekali. Bayangkan tanpa adanya tulang belikat mungkin tubuh kita tidak akan bisa tegak. Baiklah tanpa berlama-lama lagi berikut ini adalah materinya.

Tulang Belikat Adalah

tulang belikat adalah
wandylee.blogspot.com

Tulang belikat atau nama lainnya adalah scapula adalah tulang yang ada di daerah bagian bahu kita. Bentuknya ialah pipih seperti segitiga dan terletak di bagian belakang tulang rusuk atas. Kegunaan dari scapula sendiri adalah sebagai penghubung antara tulang klavikula dengan tulang lengan atau tulang humerus.

Struktur Tulang Belikat

struktur tulang belikat
dosenbiologi.com

Ada beberapa bagian utama dari scapula yang bisa diidentifikasi yaitu Fascia (dua permukaan), Angulus (tiga sudut) dan margo (tiga sisi). Berikut penjelasan masing masing bagian tersebut.

Fascia

Fascia ini sendiri terdapat 2 permukaan yaitu:

1. Permukaan anterior

disebut juga fosa subs-kapularis Merupakan bagian fascia yang letaknya berdekatan dengan iga. Berfungsi sebagai tempat melekatnya otot subscapularis

2. Permukaan Posterior

Permukaan ini di dalamnya terdapat lagi bagian bagian yang disebut dengan spina atau belebas. Belebas sendiri terdapat beberapa jenis lagi diantaranya:

  • Proseus Akronium

Berfungsi untuk menutupi sendi bahu. belebas ini terdiri dari 2 bagian yaitu fossa suprapinosus dan fossa infraspinosus. Perbedaan utama tulang belikatnya manusia dan hewan khususnya pemakan daging adalah ujung scapula yang ditemukan acroniom.

  • Processus Coracoideus

Berupa tonjolan di bagian utama scapula. Berfungsi sebagai tempat melekatnya beberapa otot diantaranya adalah otot coracobrachialis

Fungsi Tulang Belikat

fungsi tulang belikat
apki.or.id

Tulang belikat sendiri dalam tubuh memiliki beberapa fungsi yaitu:

  1. Fungsi utamanya adalah sebagai penghubung antara otot antendon pada bagian lengan dan punggung
  2. Memberi kemudahan pergerakan organ gerak seperti tangan atau membantu melakukan pergerakan pada bagian tangan dan diisi juga dengan otot sehingga memiliki permukaan yang kuat
  3. Sebagai tempat melekatnya tenden yang ada di leher
  4. Sebagai tempat melekatnya tenden yang ada di dada
  5. Sebagai tempat melekatnya beberapa otot
  6. Memberi pergerakan pada bagian bahu dan tempatnya otot sehingga bisa memiliki permukaan yang solid

Pergerakan Tulang Belikat

pergerakan tulang belikat
fitri-smanda2.blogspot.com

Di setiap permukaan scapula tidak sama bentuknya khususnya di bagian tulang belakang yang menghasilkan dua pergerakan yaitu:

  • Acromiom

Beberapa ciri dari acromiom adalah bentuknya yang agak besar dan juga persegi panjang yang mana sebagai sambungan dari tulang belikat yang memiliki kaitan dengan artikulasi klavikula supaya bisa membentuk sendi acromioclavicular yang bisa membentuk ujung bahu.

  • Coracoid

pergerakan yang bisa melengkung baik ke arah atas maupun melengkung ke arah bawah.

Otot yang Melekat di Tulang belikat

otot yang menempel di tulang belikat
urutanqun.blogspot.com

Berikut beberapa jenis otot yang mana berada atau melekat di scapula diantaranya:

  1. Otot pectoralis minor : otot dada yang mampu menaikan otot scapula dan juga menekan bahu.
  2. Otot coracobrachialis : terletak di bagian atas dan medial lengan dan bentuknya lebih kecil dibandingkan dengan otot pectroralis minor dan juga otot biceps.
  3. Otot biceps brachii : Adalah otot yang besar yang biasanya dapat kita lihat di otot binaragawan.

Penyebab Sakit Tulang Belikat

penyebab sakit tulang belikat
jualobatnyeritulang.blogspot.com

Terkadang ada beberapa rasa sakit di tulang belikat dengan ditandai rasa sesak dan tertusuk. Ada kemungkinan beberapa sebab diantaranya yaitu:

  1. Trauma akan masa lalu
  2. Tulang belikat kemungkinan patah
  3. Adanya radang sendi
  4. Adanya cedera otok
  5. Kebanyakan stres
  6. Posisi tubuh jelek
  7. Gangguan tulang

Cara Mengatasi Sakit Tulang Belikat

cara mengatasi sakit tulang belikat
hellosehat.com

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit yang ada di scapula yaitu:

  1. Menggunakan kompres dengan suhu hangat ke bagian yang dirasa sakit
  2. Meminum obat penurun sakit
  3. Memberi waktu istirahat untuk tangan yang dirasa ada bagian yang sakit
  4. Memperbaiki postur tubuh.

Proses Pembentukkan Tulang Belikat

proses pembentukan tulang belikat
desidesw.blogspot.com

Bagian belakang dan juga tulang rusuk ini adalah 2 area permukaan yang bisa membentuk pondasi. Dari prosedur segitiga yang menakjubkan ini, dua fosa yang disebut tulang skapula terbentuk. Perbatasan melintasi area permukaan dorsal dengan instruksi tubuh miring ke arah lateral dan juga sedikit ke atas. Oposisi yang terjadi dari batas hewan ke sisi glenoid posterior dilakukan oleh tulang belakang.

Pengaturan yang terbesar atau biasa disebut scapular ini adalah memisahkan skapula kembali dengan sisi glenoid. Dalam posisi skapular ini, sisik scapular dari mlintang dan juga syaraf supra-skapula sedangkan untuk tulang belakang itu sendiri untuk area permukaan dorsal terbagi menjadi 2 komponen fosa supraspinata dan fosa infraspinous.

Kedua fosa ini saling terkait satu sama lain dengan penempatan skapula ini yang pada area permukaan dorsal memiliki sisi atas dan juga tepi yang sangat ripped redup untuk memastikannya berfungsi dengan baik untuk pemasangan trapezium selain deltoid dari Masing-masing berasal.

Demikianlah informasi tentang Tulang Belikat Beserta Letak, Fungsi, Bentuk dan Penyebab sakit. Semoga bermanfaat, terima kasih.