tanda dan gejala appendicitis

Ciri-ciri Penyakit Usus Buntu yang Harus Diwaspadai

USUS BUNTU – Penyakit usus buntu adalah salah satu peradangan atau pembengkakan terhadap pada apendiks atau usus buntu. Lalu usus buntu adalah salah satu organ yang berbentuk pada kantong kecil dan tipis yang berukuran 5 sampai 10 cm yang terhubung pada usus besar.

Pada waktu itu, alasan kenapa kita memiliki usus buntu masih belum diketahui. Ternyata itu pun tidak memengaruhi kondisi kesehatan. Akan tetapi penyakit usus buntu ini merupakan salah satu apendisitis yang berpotensi memicu komplikasi yang serius.

Apendisitis merupakan salah satu penyakit umum yang bisa menyerang kepada siapa saja atau orang lain. Akan tetapi, untuk kalangan muda yang mempunyai usia sekitar 10 sampai 30 tahun merupakan salah satu kelompok orang yang sangat sering mengalami kondisi seperti ini.

Ciri-ciri Usus Buntu

usus buntu
dedaunan.com

Sakit Perut Kanan Bawah

Sakit perut adalah salah satu gejala usus buntu yang paling utama, terkadang sakit perut ini awalnya hanya dirasakan pada daerah sekitar pusar lalu akan bisa berpindah ke perut kanan bawah.

Salah satu sakit perut Anda akan merasakan lebih sakit ketika merasakan saat berjalan, saat batuk, menggerakkan perut, bersin, bisa juga ketika mengalami guncangan, karena saat naik kendaran di jalan jelek.

Sakit Perut Cepat Memburuk

usus buntu
hellosehat.com

Sakit perut yang sangat cepat memburuk adalah salah satu yang terasa nyeri pada perut hanya disebabkan karena radang usus buntu dan mempunyai ciri-ciri yang khas yaitu sakit akan cepat menjadi buruk,

Apabila Anda tidak pernah merasakan rasa sakit seperti ini dengan sebelumnya. Apabila ketika sakit itu datang, maka akan lebih sakit lagi dalam hitungan jam setelahnya.

Mual, Muntah, Tidak Nafsu Makan

Ketika merasakan rasa muntah, tidak nafsu makan ini adalah salah satu yang merupakan gejala yang sering saya temui di kalangan masyarakat. Hanya tidak nafsu makan, rasa mual atau bisa juga hanya muntah ringan saja

Terkadang ini adalah salah satu yang terjadi pada awal bahkan pada sebelumnya adanya rasa sakit di perut. Muntah akan lebih intens ketika sakit perut datang dan gejala semakin tidak membaik.

Sembelit atau Diare

Apabila untuk ciri-ciri yang biasanya ada masalah pada pencernaan lainnya, ini adalah salah satu yang tidak begitu parah dan bisa mungkin akan terjadi setelah merasakan sakit perut.

Akan tapi jika Anda mengalami diare yang cukup ringan, terutama Apabila ada banyak lendir yang di dalam feses, dan juga disertai dengan sakit perut kanan bawah, maka kalau saya sarankan segera untuk periksa ke dokter untuk memastikan adanya radang usus buntu atau tidak.

Perut Kembung

Perut kembung adalah salah satu yang terdapat pada gejala pelengkap, untuk perut suatu saat akan terasa kembung, terkadang agak susah membuang angin, apabila Anda bisa merasa bahwa tidak ada masalah lain yang bisa menyebabkannya seperti minum-minuman yang bersoda

Ini salah satu yang terlalu banyak makan sayur atau dan lain sebagainya. Jika ketika perut Anda terasa kembung, di satu sisi akan mengalami sakit perut kanan bawah atau demam, maka bisa saja itu merupakan gejala usus buntu yang tidak di duga.

Nyeri Lepas Tekan

Nyeri lepas tekan adalah salah satu dari sekian banyak tanda-tanda usus buntu yang bisa kita lihat dengan menggunakan alat khusus untuk pemeriksaan.

Karena salah satu maksud dari ini adalah yang lepas tekan jika kita menekan perut agak terasa sakit, akan tetapi ketika tekanan itu akan lepas, maka sketika akan terasa lebih sakit.

Apabila kita dapati tanda seperti ini maka lebih baik dari dokter untuk sebut nyeri lepas tekan (+). Sebaiknya ini dilakukan oleh dokter saja, tidak dilakukan sendiri karena dikhawatirkan akan memperberat kondisi.

Gejala-gejala Penyakit Usus Buntu

penyakit usus buntu
Familinia.com

Untuk gejala yang paling utama adalah yang terdapat pada penyakit usus buntu yaitu sakit perut. Oleh karena itu, tidak semua jenis sakit perut yang bisa berujung pada apendisitis.

Karena sakit perut merupakan salah satu yang mengindikasikan penyakit ini terkadang berawal di perut di sebelah tengah. Pada sisi yang sangat yang memiliki sakit itu akan datang dan pergi.

Ada beberapa jam kemudian, rasa sakit suatu saat akan berpindah ke perut kanan bawah di sebelah tempat usus buntu yang berada sebelum akhirnya bertambah parah dan terus menerus terasa sakit.

Rasa sakit ini akan bisa bertambah parah apabila ini terjadi penekanan yang terdapat pada bagian perut tersebut. Begitu juga pada saat Anda batuk atau berjalan. Dan ada beberapa gejala lain yang bisa menyebabkan sakit perut itu misalkan seperti.

  • Kehilangan nafsu makan
  • Perut akan terasa kembung
  • Tidak akan bisa untuk membuang gas
  • Merasakan mual dan muntah
  • kostipasi dan diare
  • Merasakan demam

Penyebab Penyakit Usus Buntu

penyakit usus buntu
aktualita.co

Penyebab penyakit usus buntu ini belum ada diketahui dengan pasti, sehingga pencegahannya pada saat ini masih belum juga diketahui. Maupun begitu ada beberapa bagian besar apendisitis yang bisa diperkirakan hanya terjadi akibat tersumbatnya ‘pintu masuk’ menuju usus buntu oleh:

  • Pertama tinja.
  • kedua Kelenjar getah bening yang waktu membengkak dalam dinding usus. Karena Pembengkakan ini terkadang bisa berkembang sesudah terjadi infeksi saluran pernapasan atas.

Dalam penyumbatan tersebut bisa jadi akan menyebabkan terjadinya inflamasi dan pembengkakan. Tekanan akibat pembengkakan akan memicu pecahnya usus buntu.

Leave a Comment